MEMAHAMI DAN

MEMBANGUN CARA
BERFIKIR WIRAUSAHA

OLEH :

SITI MAIDARNIS

1401125

menyusun cara baru dalam berproduksi. PENGERTIAN WIRAUSAHAWAN Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) mendefinisikan wirausahawan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru. menyusun operasi untuk pengadaan produk baru. . serta memasarkannya. mengatur permodalan operasinya.

MODEL PROSES KEWIRAUSAHAAN .

• Doers Membuat keputusan dan melaksanakannya • Determination Melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian • Dedication Mempunyai dedikasi tinggi dalam berusaha . KONSEP 10 D BYGRAVE Bygrave menggambarkan wirausaha dengan konsep 10 D yaitu: • Dream Mempunyai visi terhadap masa depan dan mampu mewujudkannya • Decisiveness Tidak bekerja lambat. membuat keputusan berdasar perhitungan yang tepat.

• Distribute Wirausahawan mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada karyawan kunci yang merupakan faktor penting bagi kesuksesan bisnisnya (Ratni. 2012). . Uang lebih berarti sebagai ukuran kesuksesannya.• Dedication Mempunyai dedikasi tinggi dalam berusaha • Devotion Mencintai pekerjaan yang dimiliki • Details Memperhatiakn faktor-faktor kritis secara rinci • Destiny Bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yanghendak dicapai • Dollars Menjadi kaya bukanlah motivator utama bagi seorang wirausahawan. mereka akan diberi penghargaan. Mereka menganggap jika mereka sukses.

SIFAT YANG PERLU DIMILIKI OLEH WIRAUSAHA 1. 3. barang tidak laku dan sebagainya. 2. Berorientasi pada tugas dan hasil Berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise. tanpa malu dilihat teman. tidak gampang tersinggung dan naik pitam. . memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Namun semua tantangan ini harus dihadapi dengan penuh perhitungan. Kita akan mampu bekerja keras. emosionalnya stabil. harga turun naik. dan kritis. enerjik. seperti persaingan. obyektif. asal yang kita kerjakan adalah halal. Pengambilan Resiko Wirausaha penuh resiko dan tantangan. Karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak tergantung pada orang lain. Percaya Diri Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rokhaninya.

Kreativitas Menurut Conny Setiawan (1984:8). agar jelas langkah-langkah yang kan dilaksanakan. Orisinil tidak berarti baru sama sekali. . ada ide yang orisinil. tapi dapat merupakan bagian-bagian produk saja. Kepemimpinan Pemimpin yang baik harus mau menerima kritik dari bawahan. seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang. kreativitas diartikan sebaga kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. tetapi produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen- komponen yang sudah ada. 5. 7. sehingga melahirkan sesuatu yang baru. Keorisinilan Yang dimaksud orisinal di sini ialah I tidak hanya mengekor pada orang lain. Produk baru artinya tidak perlu seluruhnya baru. ia harus bersifat responsive. 6. ada kemampuan untuk melaksanakan sesuatu.4. Berorientasi ke masa depan Untuk menghadapi pandangan jauh ke depan. tetapi memiliki pendapat sendiri.

KOMPETENSI WIRAUSAHA Menurut Fithri dan Amanda (2012 : 280) kompetensi diartikan sebagai pengetahuan. . keterampilan dan kemampuan individu yang langsung berpengaruh pada kinerja.