You are on page 1of 24

RUMAH TANGGA SEHAT

DENGAN PERILAKU HIDUP
BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Dinas
Kesehatan
Kota
Tangerang

PHBS di Rumah Tangga
adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah
tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan
perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif
dalam gerakan kesehatan di masyarakat

2

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT • PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. .

MANFAAT PHBS DI RUMAH TANGGA Bagi Rumah Tangga Setiap anggota keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit. pendidikan dan modal usaha untuk peningkatan pendapatan keluarga 4 . Anak tumbuh sehat dan cerdas Produktivitas kerja anggota keluarga meningkat Pengeluaran biaya rumah tangga dapat difokuskan untuk pemenuhan gizi keluarga.

MANFAAT PHBS DI RUMAH TANGGA Bagi masyarakat Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu. ambulans desa dan lain-lain 5 . kelompok pemakai air. tabungan ibu bersalin(tabulin). arisan jamban.

Apa itu Rumah Tangga Ber-PHBS? Rumah Tangga Ber-PHBS adalah rumah tangga yang memenuhi 6 .

Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan (NAKES) • Persalinan ditolong oleh bidan/dokter dan tenaga medis lainnya • Kenapa ditolong nakes? – Ahli: keselamatan ibu dan bayi terjamin – Apabila ada kelainan cepat diketahui – Peralatannya aman. 1. bersih & steril • Kenali tanda-tanda persalinan & segera hubungi nakes • Kenali tanda-tanda bahaya persalinan 7 .

Memberi Bayi ASI Eksklusif • ASI eksklusif: bayi usia 0-6 bulan hanya diberi ASI saja • Keunggulan ASI: – Mengandung zat gizi. ortu. membantu memperbaiki refleks menghisap • Kapan diberikan ASI: – Sesegera mungkin. paling lambat 30 menit setelah melahirkan – Sesering mungkin sampai ASI keluar – Pemberian ASI sampai 2 tahun • Keberhasilan ASI: dukungan suami. 2. mertua dll • Ibu bekerja tetap bisa memberikan ASI eksklusif 8 . zat kekebalan. melindungi dari alergi.

PENYIMPANAN ASI & CARA MEMBERIKAN ASI YANG DISIMPAN • Di tempat sejuk: tahan 6-8 jam  SEGERA • Di dalam termos es batu: tahan 24 jam • Di lemari es: tahan 3 x 24 jam ASI dalam gelas tertutup dihangatkan dengan cara merendam dalam mangkok berisi air hangat. tunggu sampai ASI terasa hangat • Di freezer: tahan 2 minggu 9 .

3. garis pertumbuhan menurun/datar. garis pertumbuhan pindah ke pita warna yang lebih muda 10 . Menimbang bayi dan balita setiap bulan • Tujuan: memantau pertumbuhan & perkembangan balita setiap bulan • Mulai usia 1 bulan s/d 5 tahun di POSYANDU • Dicatat di buku KIA & KMS – Naik. bila: garis pertumbuhan naik mengikuti salah satu warna pita pada KMS dan garis pertumbuhan pindah ke pita warna di atasnya – Turun.

Marasmus 3.Marasmus-Kwashiorkor 11 .Kwashiorkor 2.Tanda-tanda balita gizi kurang Berat badan tidak naik 3 bulan berturut- turut Badan kurus Mudah sakit Tampak lesu & lemah Mudah menangis dan rewel 3 Macam Gizi Buruk pada Balita: 1.

kolera. kecacingan. mencuci pakaian dll agar tidak terkena penyakit (mis. membersihkan lantai. mencuci alat dapur. berkumur-kumur. debu. masak. lumpur Tidak berasa Tidak berbau Air terlihat bersih belum tentu bebas kuman. disentri. sehingga harus dimasak sampai mendidih (100 o C ) 12 . 4. Menggunakan Air Bersih Air bersih digunakan untuk minum. keracunan) Syarat Air Bersih Tidak berwarna /bening/jernih Tidak keruh bebas dari pasir. Diare. penyakit mata & kulit. mandi.

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun • Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman • Kapan harus cuci tangan: – Setiap kali tangan kita kotor mis: memegang uang – Setelah buang air besar (BAB) – Setelah menceboki bayi atau anak – Sebelum makan dan menyuapi anak – Sebelum memegang makanan – Sebelum menyusui anak 13 . 5.

sehat & tidak berbau  Tidak mencemari sumber air  Tidak mengundang lalat 14 . Menggunakan Jamban Sehat JAMBAN SEHAT adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran yang terdiri dari tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa/tanpa leher angsa (cemplung) Jenis jamban: 1. Jamban tangki septik/leher angsa Mengapa perlu jamban?  Menjaga lingkungan bersih. Jamban cemplung (harus ada penutup) 2. 6.

Syarat Jamban Sehat: Tidak mencemari sumber air minum (jarak 10 meter antara sumber air dan lubang penampungan) Tidak berbau Kotoran tidak dapat dijamah serangga dan tikus Tidak mencemari tanah sekitarnya Mudah dibersihkan dan aman digunakan Dilengkapi dinding dan atap pelindung Penerangan dan ventilasi cukup Lantai kedap air dan luas ruangan memadai Tersedia air. sabun dan alat pembersih 15 .

vas bunga. Mengubur Plus Menghindari Gigitan Nyamuk) 16 . 7. alas pot kembang. Memberantas Jentik di Rumah Rumah bebas jentik adalah rumah tangga yang setelah diperiksa jentik secara berkala tidak terdapat jentik nyamuk Pemeriksaan Jentik Berkala adalah pemeriksaan tempat2 perkembangbiakan nyamuk yang ada di dalam rumah seperti WC. tatakan kulkas dll dan di luar rumah seperti talang air. lubang pohon. pagar bambu dll Lakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dengan cara 3 M Plus (Menguras. Menutup.

Chikungunya dan Kaki Gajah .Jumlah nyamuk terkendali sehingga penularan penyakit dengan perantara nyamuk dapat dicegah atau dikurangi . Malaria.Manfaat Rumah Bebas Jentik .Lingkungan rumah menjadi bersih dan sehat 17 .Kemungkinan terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Cara Pemeriksaan Jentik Berkala: • Mengunjungi tiap rumah tangga untuk memeriksa tempat yang sering menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan memberikan penyuluhan tentang PSN • Menggunakan senter untuk melihat keberadaan jentik • Jika ditemukan. anggota keluarga diminta menyaksikan/melihat jentik dan langsung dilanjutkan dengan PSN • Memberikan penjelasan manfaat dan anjuran PSN • Mencatat hasil pemeriksaan jentik pada Kartu Jentik Rumah dan formulir pelaporan ke Puskesmas 18 .

menurunkan berat badan. tidak mengenyangkan tapi dapat menunda lapar. mencegah diabetes. Makan Sayur dan Buah Setiap Hari Setiap anggota rumah tangga mengkonsumsi 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya Manfaat makan sayur & buah: Mengandung vitamin dan mineral • Mengandung serat tinggi  berfungsi memelihara usus. 8. membuat awet muda 19 . melancarkan buang air besar. membantu proses pembersihan racun.

C 20 .Cara mengolah sayur dan buah agar tidak rusak atau menguranngi kandungan gizinya?  Memakan dalam keadaan mentah atau dikukus Ingat: Merebus dengan air akan melarutkan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah Pemanasan tinggi akan menguraikan beberapa vitamin seperti vit.

berenang. membawa belanjaan Olah raga: push-up. mencuci mobil. Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari Aktivitas fisik: melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik. bermain bola. lari ringan. senam. mencuci pakaian. dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar setiap hari (selama 30 menit) Jenis aktivitas fisik: Kegiatan sehari-hari: jalan kaki. fitnes angkat beban/berat 21 . mengepel lantai. berkebun. kerja di taman. naik turun tangga. bermain tenis. yoga. 9. mental.

kencing manis dll • Berat badan terkendali • Otot lebih lentur dan tulang lebih kuat • Bentuk tubuh menjadi bagus • Lebih percaya diri • Lebih bertenaga dan bugar 22 . stroke. Keuntungan Aktivitas Fisik • Terhindar dari penyakit jantung. kanker. tekanan darah tinggi. osteoporosis.

merusak jantung dan aliran darah Tar : kerusakan sel paru-paru dan kanker Carbon monoksida (CO): berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen sel-sel tubuh akan mati Perokok : aktif dan pasif Cara berhenti merokok: berhenti seketika menunda. Tidak merokok di dalam rumah 1 batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya Dampak zat paling berbahaya dalam rokok: Nikotin  ketagihan. mengurangi 23 . 10.