You are on page 1of 9

Menyusui

SESI 31 : GIZI KESEHATAN DAN KESUBURAN WANITA

DIT. BINA GIZI MASYARAKAT
DEPKES RI

BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI . 31/1 SUMBER ENERGI PADA ASI 500 Kalori 700 Kalori perhari DIT.

BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI .Pengaruh gizi ibu pada produksi31/2 ASI Lemak Lemak Lemak Laktosa Laktosa Laktosa Gizi Baik Kurang Gizi Kurang Gizi Sedang Berat DIT.

31/3 CONTOH KEBUTUHAN MAKANAN TAMBAHAN TIAP HARI PADA IBU MENYUSUI 60 g beras (1/2 gelas belimbing) 240 kalori 50 g ikan (1 potong) 95 kalori 25 g tempe (1 potong kecil) 40 kalori 100 g sayuran (1 mangkok penuh) 50 kalori 100 g pisang (1 buah) 50 kalori 5 ml minyak (1 sendok makan) 45 kalori DIT. BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI .

sehat Beri bayi ASI perah dengan cangkir Bila gangguan mental Cari pembantu untuk merawat ibu dan bayi Ketika ibu membaik Bantu ibu untuk meningkatkan ASInya atau relaktasi DIT. MEMBANTU IBU YANG SEDANG SAKIT 31/4 UNTUK MENYUSUI Tiap ibu sakit Tanyakan “apakah ibu mempunyai bayi yang sedang menyusu?” ng ibu untuk terus menyusui Bila dirawat di RS Ibu tinggal di RS dengan bayinya Bila demam Beri banyak minum Bila merasa tidak berminat/tidak Bantu ibu untuk memerah ASInya. BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI .

BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI . 31/5 DIT.

31/6 MENYUSUI UNTUK MENUNDA KEHAMILAN BARU Selama tidak haid: Sampai bayi usia 6 − Menyusui penuh bulan Pelindung yang baik − Menyusui tidak dijadwal termasuk malam hari Bayi usia 6-12 bulan − Menyusui tidak Melindungi sebagian dijadwal serta diberi MP-ASI DIT. BINA GIZI MASYARAKAT Bila sudah haid: DEPKES RI .

BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI . jika :  Tidak menstruasi  Sudah haid lagi Dan Atau  Bayi kurang dari 6  Bayi lebih dari 6 bulan bulan Dan Atau  Bayi sepenuhnya  Sudah mendapat disusui makanan tambahan (MP-ASI DIT. Metode Amenore Laktasi (MAL) 31/7 Tidak perlu metode KB Gunakan metode KB lainnya. jika : lainnya.

BINA GIZI MASYARAKAT DEPKES RI . 31/8 DIT.