You are on page 1of 12

I M P L E M E N TA S I M E T O D E A D A P T I V E N E U R A L

FUZZY INFERENCE SYSTEM TERHADAP
P E N E N T U A N K U A L I TA S S E N A R G I TA R

Disusun oleh:
Nama : Anglir Hidayat
Npm : 1306700013

L AT A R B E L A K A N G Era globalisasi yang menyangkut teknologi pada saat ini semakin meningkat bahkan dalam dunia alat musik banyak penilitian yang menggunakan sistem teknologi yang menghubungkan antara pekerjaan manusia dengan berbagai alat musik yang dideteksi untuk mengetahui kriteria kualitas alat musik tersebut. .

DEFINISI ANFIS ANFIS merupakan metode yang memiliki kemampuan dalam menirukan sistem pengambilan keputusan seperti halnya pada otak manusia (melalui pengamatan visual). .

Belum dimanfaatkannya teknologi informasi dalam menentukan kualitas senar gitar. maka penyusun akan menguraikan pokok- pokok permasalahan yang dikaji dalam Laporan Tugas Akhir Ini.ID E N T IF IK ASI M A SA L A H Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijelaskan. Kualitas senar gitar masih ditentukan berdasarkan penialain pemakai. 2. 3. 4. Di berbagai kota penilaian kualitas senar gitar berbeda- beda. . yaitu sebagai berikut : 1. Tidak ada standar nasional mengenai senar gitar.

3. Untuk mengetahui kualitas senar merk tertentu layak atau tidak untuk digunakan . Mengimplementasikan system untuk menentukan kualitas senar gitar dengan metode adaptive neural fuzzy interference system. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Tujuan Penelitian 1. Tujuan dari penilitian ini adalah sebagai berikut: 2.

Memberi kemudahan dalam pemilihin kualitas senar gitar dengan cara membandingkan antara senar satu dengan senar yang lainnya. 3. Membantu mempermudah pembeli untuk memilih senar gitar yang berkualitas baik. Untuk mengurangi kesalahan dalam pemebelian atau pemilihan senar gitar . MANFAAT PENELITIAN Manfaat dari peneliti ini adalah sebagai berikut: 1. 2.

. Aplikasi sistem ini hanya bisa digunakan untuk alat musik yang menggunakan senar. 2.BATASAN MASALAH Batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah: 1. Aplikasi ini menggunakan metode adaptive neural fuzzy inference system. Aplikasi ini dirancang dengan berbasis matlab 3.

M E T O D E LO G I P E N E L I T I A N 1. Field Research / Penelitian Langsung Melakukan penelitian langsung ke pengrajin gitar dan menganalisa system yang digunakan serta data – data yang dibutuhkan dalam merancang system informasi tersebut. Library Research (Studi Pustaka) Mengadakan penelitian dengan mencari sumber data tersebut guna mengumpulkan data yang bersifat teoritis yang berkaitan dengan penilitian dan penyusunan tugas akhir. Menguji program yang telah dirancang dan melakukan perbaikan jika masih ditemukan kesalahan. Merancang aplikasi program system informasi 4. . 3. 2.

lalu data di uji dan ditentukan kualitasnya. A N A L I S A G LO B A L Dalam perancangan diagram kontek diatas: 1. user dapat menginputkan data uji. . sistem memberikan laporan data kualitas layak atau tidak layak. 2.

2. 4. . 3. Bab III Analisa dan Perancangan Sistem. Bab IV Implementasi dan pengujian. Bab II Landasan Teori. 5.S I S T E M AT I K A P E N U L I S A N TUGAS AKHIR 1. Bab V Kesimpulan dan Saran. Bab I Pendahuluan.

JADWAL PENELITIAN .

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .