You are on page 1of 26

NAMA : HARDI FERDIANSYAH

NIM : 13.21.11.00.07
DOSEN PEMBIMBING : RENI ANDAYANI,
ST. MT

Latar Belakang
 Air bersih (fresh water) merupakan
kebutuhan yang utama bagi manusia
di setiap negara.
 Palembang yang merupakan kota
daerah aliran sungai masih banyak
masyarakatnya belum menikmati
fasilitas air bersih karena lokasi yang
jauh dari jaringan pipa PDAM dan
berada di lahan gambut yang airnya
mengandung kadar asam yang cukup
tinggi sehingga tidak layak
dikonsumsi khususnya di daerah
Sematang Borang.
 Perumahan Griya Deyhan Abadi
adalah perumahan yang terletak
wilayah kecamatan Sematang
Peta Lokasi Proyek Pemasangan Borang dan merupakan perumahan
Jaringan Pipa Perumahan Griya Deyhan baru yang belum memperoleh akses
Abadi
Sumber: Google Earth 2016 air bersih dikarenakan belum
memiliki jaringan pipa PDAM.

Bagaimana cara pemasangan jaringan pipa distribusi di Perumahan Griya Deyhan Abadi? 2.Perumusan Masalah 1.Apa permasalahan yang ditemukan pada saat pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih dan pembuatan peta jaringan di Perumahan Griya Deyhan Abadi? .Bagaimana proses pembuatan peta jaringan dan input data perpipaan Perumahan Griya Deyhan Abadi? 3.

 Mengetahui proses pembuatan peta jaringan dan input data perpipaan Perumahan Griya Deyhan Abadi.Tujuan Penulisan  Mengetahui cara pemasangan jaringan pipa distribusi di Perumahan Griya Deyhan Abadi.  Mengetahui permasalahan yang ditemukan pada saat pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih dan pembuatan peta jaringan di Perumahan Griya Deyhan Abadi. .

Membandingkan antara teori-teori yang terdapat dibangku kuliah dalam hal proses pengolahan air dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.Manfaat Penulisan 1. . 3. Mahasiswa dapat mengetahui dan mempelajari sistem kerja yang digunakan pada PDAM Tirta Musi dalam memberikan pelayanan air bersih. Untuk memenuhi ketentuan kurikulum program pendidikan di Universitas Tridinanti Palembang 2.

Ruang Lingkup Penulisan  Pekerjaan Pemasangan Pipa  Pekerjaan Pembuatan Peta Jaringan Pipa Dan Input Data .

H.Sumber Setia Sarana Jenis/ Type Proyek : Pemasangan Pipa Distribusi Air Bersih Masa Pelaksanaan : 40 Hari Kerja Nilai Proyek : Rp.Ir.- . 389. Pemilik Proyek : PDAM Tirta Musi Palembang Pengawas : PDAM Bagian Perencanaan Seksi Pengawasan Pelaksana : CV.M.936. GAMBARAN UMUM PROYEK Nama Proyek : Pemasangan Jaringan Pipa Perumahan Griya Deyhan Abadi Palembang Lokasi Proyek : Jl.Idris Musa Kecamatan Sematang Borang.652.

Data-Data Teknis Proyek Jumlah Bangunan : 187 Rumah Luas Lahan : ± 29.000 m² .

Manager Kas Analisa Jaringan & GIS Anggota Tim 1.Ass.STRUKTUR KEANGGOTAAN TIM SWAKELOLA PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG Penanggung Jawab Direksi PDAM Tirta Musi Palembang Ketua Manager Pengendalian Kehilangan Air Bendahara Administrator Ass.Manager Unit Pelayanan 2.Manager Dokumentasi .Manager Bagian 3.Manager Ass.

Bangunan pengolah adalah bangunan tempat pengolahan air baku di proses seperti koagulasi. Pipa cabang adalah pipa yang berfungsi untuk mendistribusikan air dari pipa induk ke tempat-tempat pelayanan. . 3. Resevoir adalah bangunan yang berfungsi menampung sementara air bersih dari pengolahan sebelum di distribusikan ke konsumen. sekolah. pabrik.DASAR TEORI 1. Pipa parsil adalah saluran / Instalasi pipa yang mensuplai air ke rumah-rumah. Pipa service adalah pipa yang membagikan air dari Skema Jaringan Sistem Penyediaan Air Bersih pipa cabang ke konsumen atau sambungan rumah. 8. 7. flokuasi. 4. 2. kantor. Pipa Transmisi ( Pipa air baku / raw water pipa) adalah pipa yang berfungsi mengalirkan air baku dari sumber air menuju bangunan pengolahan. 6. Intake adalah bangunan penangkap / pengambil air kontinuitas sumbernya baik dari sumber air permukaan (Sungai. danau. sedimentasi dan filtrasi sehingga menjadi air bersih sebelum dialirkan ke reservoir. sumur dan bendungan ) maupun air bawah tanah (mata air). Pipa induk adalah pipa yang mengalirkan air bersih dari bangunan reservoir kemudian dialirkan dengan sistem gravitasi atau pemompaan menuju pipa cabang. 5. ataupun kran umum.

 Arcview GIS 3. .3.DASAR TEORI PROGRAM APLIKASI  Microsoft ActiveSync. aplikasi ini digunakan untuk proses input data berbasis server yang berisi tentang segala informasi jaringan perpipaan yang ada (eksisting) sehingga semua data dapat terdokumentasikan dengan baik. aplikasi ini digunakan untuk mengubah (convert) type file hasil GPS menjadi bentuk shapefile (. aplikasi ini digunakan untuk mengolah data hasil dari GPS menjadi peta jaringan perpipaan PDAM sehingga dapat memudahkan dalam proses analisa jaringan maupun dalam proses mobilisasi kegiatan-kegiatan rutinitas PDAM itu sendiri.  Visual Basic. aplikasi ini digunakan untuk memindahkan data hasil dari GPS handheld ke perangkat komputer.shp) agar bisa dibuka pada program Arcview GIS 3.3.  GPS Pathfinder Office.

Mobilitas Peralatan dan Material 3.PEMBAHASAN PELAKSANAAN PEMASANGAN PIPA DISTRIBUSI  Metode Pelaksanaan  Pekerjaan Persiapan 1. Lalu Lintas Proyek 2. Pengukuran .

Pemasangan Meteran 6. Pekerjaan Urugan Pasir 3. Pemasangan Aksesoris 5.PEMBAHASAN PELAKSANAAN PEMASANGAN PIPA DISTRIBUSI  Pekerjaan Konstruksi 1. Pemasangan Pipa 4. Pengetesan Pipa 7. Pekerjaan Galian Tanah 2. Pekerjaan Urugan Tanah Kembali .

3.Shp) menggunakan program GPS Pathfinder Office. Proses pemindahan data dari GPS ke perangkat komputer menggunakan program Microsoft ActiveSync. Proses Tracking dan Waypoint pada jaringan pipa beserta aksesoris pipa menggunakan GPS Handle Trimble. 2. 5. 3. Proses pemindahan data ke dalam Peta Master yang telah ada pada program Arcview 3. . 4. Proses input data pipa dan aksesoris ke dalam program Visual Basic PDAM Tirta Musi Palembang. Proses convert data GPS menjadi bentuk ShapeFiles (.PEMBAHASAN PELAKSANAAN PEMETAAN JARINGAN PERPIPAAN DAN INPUT DATA APLIKASI 1.

Bekas galian pemasangan pipa tidak langsung diperbaiki seperti keadaan semula sehingga mengganggu lalu lintas warga yang melewati jalan bekas galian pipa tersebut. 3.PERMASALAHAN PADA SAAT KERJA PRAKTEK 1. Proses pengadaan material di lapangan yang kadang terlambat sehingga memperlambat waktu pengerjaan proyek. 2. . Keterbatasan jumlah alat yang digunakan seperti alat sambung pipa HDPE dan GPS yang hanya ada satu unit sehingga proses pengerjaan proyek menjadi lebih lama.

proses pengetesan pipa. pekerjaan pemasangan pipa dan aksesoris. serta pengukuran. pengangkutan alat-alat dan material. Tahapan-tahapan pemasangan pipa distribusi air bersih yaitu pekerjaan persiapan diantaranya lalu lintas proyek. Kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan konstuksi yang dimulai dari pekerjaan galian tanah.Kesimpulan 1. pekerjaan urugan pasir. . dan pekerjaan urugan tanah kembali (finishing).

pengolahan data pada program Arcview 3. Dalam proses input data untuk pemetaan jaringan perpipaan membutuhkan beberapa tahapan mulai dari convert data dari GPS ke perangkat komputer. .3. hingga tahapan yang terakhir yaitu proses input data ke dalam program Visual Basic GIS PDAM.2. Untuk proses pemetaan peta jaringan. alat yang digunakan berupa GPS Handle Trimble yang bisa merekam posisi koordinat dari pipa dan aksesoris pipa lainnya.

Setiap elemen yang terlibat di dalam proyek harus selalu memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).Saran 1. terkhususnya Schedule pengadaan material di lapangan sehingga tidak terjadi keterlambatan waktu pelaksanaan pengerjaan proyek. Aspek K3 harus selalu melekat dalam perencanaan maupun pelaksanaan pekerjaan agar para pekerja aman dalam bekerja dan tidak menimbulkan bahaya bagi warga yang berada di sekitar proyek. 2. . Perlu adanya perencanaan mendetail mengenai hal-hal yang nantinya akan dihadapi di lapangan.

Perlunya pengecekan kalibrasi alat GPS yang ada pada PDAM secara berkala untuk menjaga keakuratan data koordinat yang dihasilkan.3. Untuk proses pemetaan jaringan perpipaan sebaiknya alat GPS yang digunakan lebih dari satu unit agar proses digitasi koordinat tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. . 4.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

LAMPIRAN .

LAMPIRAN Foto Pemasangan Aksesoris Tee All Flange Foto Penggunaan Alat Sambung Pipa HDPE .

LAMPIRAN Foto Penyemenan Street Box dan Jalan (Finishing) Foto Proses Tracking Pipa Menggunakan GPS .

LAMPIRAN Foto Aplikasi Input Data Pipa Foto Aplikasi Input Data Aksesoris Pipa .

LAMPIRAN Foto Dokumentasi Proses Input Data Pipa Foto Dokumentasi Proses Input Data Pipa .

3.LAMPIRAN Foto Tampilan Akhir Hasil Pemetaan Jaringan Perpipaan Menggunakan Program Arcview 3. .