You are on page 1of 25

PENGANTAR DAN

FILSAFAT BIOKIMIA
TINA DEWI ROSAHDI

Biokimia I - Pengantar dan
Filsafat

What is
Biochemistry ?

Program Studi Kimia UIN SGD

Biokimiawan mempertanyakan: • Bagaimana struktur kimia dari materi hidup? • Bagaimana interaksi dari materi hidup sehingga dapat membentuk supramolekul. Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Biokimia adalah ilmu yang mempelajari struktur. penuaan. jaringan multisel dan organisma? • Bagaimana materi hidup dapat mengambil energi dari lingkungan? • Bagaimana organisma dapat menyimpan dan meneruskan informasi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan reproduksi? • Perubahan kimia apa yang menyertai reproduksi. dan fungsi materi hidup pada tingkat molekul. organisasi. kematian sel atau organisma? • Bagaimana reaksi kimia dikendalikan di dalam sel? Program Studi Kimia UIN SGD . sel.

Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Ruang Lingkup Biokimia • Studi tentang susunan kimia sel • Sifat senyawa serta reaksi kimia yang terjadi dalam sel (metabolisme) • Senyawa-senyawa yang menunjang aktivitas organisme hidup • Energi yang diperlukan atau dihasilkan Struktur senyawa Dalam Aspek organisme BIOKIMIA hidup Reaksi antara senyawa Program Studi Kimia UIN SGD .

Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Where Does Biochemistry Come From? Percobaan Wohler (1828) Program Studi Kimia UIN SGD .

Biokimia I .Pengantar dan Tujuan Ilmu Biokimia Filsafat Memahami bentuk dan fungsi biologis dari sudut pandang kimia. Mengetahui bagaimana kumpulan zat tak hidup bercampur. Program Studi Kimia UIN SGD . bereaksi. dan berinteraksi menghasilkan zat yang disebut hidup.

Pengantar dan Biokimia Sebagai Disiplin Ilmu Filsafat Mandiri Biokimia membatasi kajian pada: • Struktur biomolekul dan reaksi yang dijalaninya. Program Studi Kimia UIN SGD . • Prinsip dari proses-proses kehidupan yang dapat dipahami melalui hukum-hukum kimia. • Elusidasi jalur metabolisme dan pengendaliannya. Biokimia I . • Enzim dan mekanisme biokatalisis.

Pengantar dan Filsafat Kajian Biokimia Struktur dan Fungsi Biomolekul Informasi Metabolisme Genetika Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat Biokimia Sebagai Interdisiplin Ilmu Kedokteran Kimia Organik Nutrisi Genetik BIOKIMIA Mikrobiologi Biofisik Fisilogi Biologi Sel Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

dan biokimia adalah jantung dari perkembangan ini. sintesis asam nukleat. . Ilustrasi: . vitamin dan koenzim.Gertrude Elion dan Goerge Hitchings dari USA memperoleh hadiah Nobel di tahun 1988 dibidang Kedokteran dan fisiologi kerena penemuan senyawa analog asam nukleat untuk obat leukemia. Penemuan di atas dapat dilakukan setelah adanya akumulasi pengetahuan biokimia tentang struktur dan fungsi protein. Program Studi Kimia UIN SGD . mekanisme kerja enzim. reseptor dan pengendalian metabolisme dan biokimia komparatif. Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Perkembangan Biokimia Kontribusi pada perkembangan ilmu biologi modern : Ilmu biologi telah mengalami perkembangan yang revolusioner.James Black mendapat hadiah Nobel di tahun 1988 dibidang yang sama untuk penemuan obat yang dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Program Studi Kimia UIN SGD .Pengantar dan Filsafat Biokimia Sebagai Ilmu kimia Untuk memahami peran biokimia pada biologi. maka diperlukan pemahaman mengenai: Unsur-unsur kimia penyusun biomolekul. Biokimia I . Peran biomolekul dalam reaksi metabolisme termasuk stoikiometri dan mekanisme reaksinya. Struktur dan fungsi dari ratusan senyawa biomolekul.

Mekanisme Kimia Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Tiga Hal Yang Dibutuhkan Sel 1. Molekul Sederhana 3. Energi 2.

Pengantar dan Filsafat Unsur-Unsur Kimia Penyusun Materi Hidup Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat Biomolekul Adalah Senyawa Karbon Dengan Gugus Fungsi a) Atom karbon mempunyai karakteristik tetrahedral dengan keempat ikatan tunggal. c) Ikatan rangkap lebih pendek dan tidak bisa berotasi bebas. Biokimia I . Geometri ikatan Karbon Jenis ikatan Karbon Program Studi Kimia UIN SGD . b) Ikatan tunggal karbon- karbon berotasi bebas.

Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Gugus Fungsi Umum Program Studi Kimia UIN SGD .

Pengantar dan Filsafat Beberapa gugus fungsi umum dalam biomolekul tunggal Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat Multifungsi Monomer Makromolekul Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat Molekul Di Dalam Sel Program Studi Kimia UIN SGD . Hirarki Organisasi Biokimia I .

Asetat. N2 Program Studi Kimia UIN SGD . mitokondria. kloroplas Supramolekul Enzim kompleks. karbamilfosfat Piruvat. Hirarki Organisasi Biokimia I . sistem kontraktil Makromolekul Asam Protein Polisakarida Lipid nukleat Asam lemak. Senyawa antara Asam -keto malat malonat Sumber senyawa kimia di sekeliling CO2. ribosom. H2O.Pengantar dan Filsafat Molekul Sel Di Dalam Sel Organel Inti sel. Molekul pembentuk Mononukleotida Asam amino Monosakarida gliserol Ribosa.

Pengantar dan Fungsi Substansi Kimia Penyusun Filsafat Makhluk Hidup • Karbohidrat:sumber energi. berperan dalam proses biosintesis protein. sumber energi. pembentuk membran sel. senyawa koenzim. Biokimia I . • Asam nukleat: faktor genetik (DNA). • Protein: enzim. Program Studi Kimia UIN SGD . komponen dalam struktur membran sel dan dinding sel. molekul pembawa (penyimpan) energi. hormon. • Lipid: pembentuk struktur membran sel. energi cadangan dalam bentuk molekul glikogen. hormon. bentuk racun. alat transport bahan makanan (hemoglobin). antibodi.

Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Molekul Sederhana untuk Biosintesis Program Studi Kimia UIN SGD .

Biokimia I .Pengantar dan Filsafat Biokimia Sebagai Ilmu Biologi Ciri fundamental yang membedakan materi hidup dan tak hidup: Adanya proses pembaruan Dapat mengambil energi dari lingkungan Dapat melakukan replikasi Program Studi Kimia UIN SGD .

Pengantar dan Filsafat Manfaat Biochemistry Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat • Obat Leukimia • Obat HIV • Obat Asma Program Studi Kimia UIN SGD . Biokimia I .

Pengantar dan Filsafat Pertama- tama.. Biokimia I .katakan pada dirimu apa yang akan kau raih. Lalu lakukan apa yang perlu kau Program Studi Kimia UIN SGD .