You are on page 1of 9

SKENARIO 2

Seorang laki-laki 45 tahun, datang di
poliklinik Reumato dengan jalan pincang,
karena nyeri yang hebat pada sendi ibu
jari kaki dan tangan. Dialami penderita
saat bangun pagi tadi, menurut penderita
semalam ia masih sempat belanja di mall
bersama keluarga. Riwayat keluhan sudah
sering dialami penderita

KATA KUNCI  Laki-laki 45 tahun  Jalan pincang  Nyeri hebat pada sendi ibu jari kaki tangan  Dialami saat bangun pagi  Riwayat keluhan sudah sering dialami .

(Ilmu Penyakit Dalam Jil.85)  Suatu proses inflamasi yang terjadi karena deposisi asam urat pada jaringan disekitar sendi atau tofi.714) . (Ilmu Penyakit Dalam Hal. PERTANYAAN & JAWABAN 1.1 Eds. II Hal. Menjelaskan defenisi dari Gout Arthritis Jawab :  Penyakit yang ditimbulkan apabila ada metabolisme yang tidak beres atau menumpuk pada tubuh biasanya protein (urin) yang dapat menimbulkan asam urat.

2.  Sering terjadi pada usia 30-40 tahun  Terutama menyerang sendi tangan dan bagian metatarsophalangeal kaki. sedang pada wanita biasanya mendekati masa menopause. 150 & Ilmu Penyakit Dalam Hal.  Seringkali mengenai usia pertengahan pada penderita pria. II Hal.95% pria). 1246) . (Kapita Selekta Kedokteran Eds. Menyebutkan insidensi dari Gout Arthritis Jawab :  Gout Arthritis lebih banyak didapati pada pria daripada wanita (90% .

3. dorsum pedis dekat tendo achilles pada metatarsophalangeal digiti I atau ibu jari kaki. tapi dapat merusak tulang. lutut. Rasa nyeri ini akan berlangsung beberapa hari sampai 1 minggu. lalu menghilang. kemerahan dan nyeri hebat bila disentuh.Mengapa terasa nyeri pada sendi ibu jari kaki kanan ? Jawab: Pada Gout asam urat tidak akan mengakibatkan apa- apa. yang menimbulkan rasa sakit akibat terbentuk dan mengendapnya kristal monosodium urat. Pengendapannya dipengaruhi oleh suhu dan tekanan. sering terbentuk tofi pada daerah-daerah telinga. II) . (Ilmu Penyakit Dalam & Kapita Selekta Kedokteran Eds. siku. sendi lutut merupakan tempat terserang kedua pada penyakit ini. Bagian ini tampak membengkak. Lalu tofi itu sendiri tidak sakit.

II Hal.Menjelaskan gambaran klinis Gout Arthritis Jawab : Penderita Arthritis Gout ini sering kali mengalami serangan pada malam hari.4. (Kapita Selekta kedokteran Eds. Biasanya hari sebelum serangan penderita tampak segar bugar tanpa keluhan. Tiba-tiba pada tengah malam menjelang pagi terbangun oleh adanya rasa sakit yang hebat sekali. 151) .

Bila ditemukan gambaran kristal asam urat (berbentuk lidi) pada sediaan mikroskopik dari cairan tofi maka hal ini merupakan diagnostik pasti. (Kapita Selekta Kedokteran Eds. Laju Endap Darah sedikit meninggi. kadar asam urat dalam urin juga sering tinggi (500mg% liter/24 jam Urin).  Pemeriksaan cairan. Pemeriksaan kadar asam urat ini akan lebih tepat lagi bila dilakukan dengan cara enzimatik (penyimpangan kecil). II) . kadang-kadang didapati lekositas ringan.5.Menyebutkan pemeriksaan penunjang Jawab :  Pemeriksaan Laboratorium. topus juga penting. didapati kadar asam urat yang tinggi di dalam darah (>6mg%).

semua jenis OAINS dapat diberikan.6. OAINS. yang paling sering digunakan ialah Indometasin 3. Obat anti-inflamasi non-steroid .Menyebutkan pengobatan & penatalaksanaan pada Gout Arthritis Jawab :  Untuk pengobatan Gout Arthritis yang diberikan adalah : 1. Kortikosteroid 4. Kolkisin merupakan obat pilihan utama dalam pengobatan serangan arthritis Gout maupun pencegahannya dengan dosis yang lebih rendah 2. Analgesik 5.

Mencegah serangan Gout yang akan datang b. seperti Tiazid.Hindari obat-obatan yang mengakibatkan Hiperurisemia.Menekan serangan akut yang dapat terjadi 4. Penatalaksanaan : 1. dieuretik. aspirin 3.Penurunan kadar asam urat serum (Ilmu Penyakit Dalam) .Kolkisin secara teratur diindikasikan untuk a.Diet dianjurkan menurunkan berat badan pada pasien yang gemuk 2.