MASALAH PEMBANGUNAN

PERTANIAN DAN STRATEGI
PEMBANGUNAN PERTANIAN

KELOMPOK 6  Naila Salsabila 201410210311169  Hasyir Izar Garnadi 201410210311191  Sandro Wicaksono 201410210311208  Atika Kumalasari 201510210311019  Agam Bagas Avinanto 201510210311032  Nurul Hamidah 201510210311053 .

Pembangunan Pertanian Pembangunan pertanian dalam arti luas bukan hanya proses atau kegiatan menambah produksi pertanian. tetapi sekaligus dimaksudkan untuk mengembangkan potensi sumberdaya manusia baik secara ekonomi. Pembangunan pertanian dapat didefinisikan sebagai suatu proses perubahan sosial. maupun melalui perbaikan. pertumbuhan. politik. dan sebagainya demi mencapai pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat yang lebih baik. Implementasinya tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan status dan kesejahteraan petani semata. budaya. lembaga. norma. sosial. lingkungan. perilaku. dan perubahan. . sosial. melainkan sebuah proses yang menghasilkan perubahan sosial baik nilai.

Konversi lahan yang tidak terkendali Keberlanjutan sektor pertanian tanaman pangan tengah dihadapkan pada ancaman serius. Kurangnya pembangunan waduk dan jaringan irigasi baru serta rusaknya jaringan irigasi yang ada mengakibatkan daya dukung irigasi bagi pertanian sangat menurun . B. Infrastruktur Salah satu prasarana pertanian yang saat ini sangat memprihatinkan adalah jaringan irigasi. yakni luas lahan pertanian yang terus menyusut akibat konversi lahan pertanian produktif ke penggunaan non-pertanian yang terjadi secara masif .MASALAH PEMBANGUNAN PERTANIAN A.

alat dan mesin pertanian hingga ke tingkat usahatani. karena mereka yang berpendidikan rendah pada umumnya adalah petani yang tinggal di daerah pedesaan . D. Regulasi (Peraturan) Pengembangan sektor pertanian yang bersandar pada pengelolaan sumberdaya alam saat ini dihadapkan dengan berbagai macam regulasi yang terkait dengan lingkungan E.C. pupuk. pakan. Sumberdaya manusia Dari sisi sumberdaya manusia. pestisida atau obat-obatan. serta belum berkembangnya kelembagaan pelayanan penyedia sarana produksi. masih rendahnya kualitas sumberdaya manusia pertanian merupakan kendala yang serius dalam pembangunan pertanian. Sarana Produksi Permasalahan yang dihadapi adalah belum cukup tersedianya benih atau bibit unggul bermutu.

Permodalan Permodalan petani merupakan faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan usahatani. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dengan mengembangkan skema kredit dengan subsidi suku bunga sehingga suku bunga beban petani lebih rendah .F.

2. Penguatan jaringan pasar produk pertanian. 6. 7. 4. 3. Penguatan kelembagaan petani. Peningkatan infrastruktur dan sarana pertanian.STRATEGI PEMBANGUNAN PERTANIAN Tujuh strategi utama penguatan pembangunan pertanian adalah sebagai berikut: 1. . 5. Pengembangan dan penguatan bioindustri dan bioenergi. Peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan lahan. Pengembangan dan perluasan logistik benih atau bibit. Pengembangan dan penguatan pembiayaan pertanian.

g. Penguatan dan peningkatan kapasitas SDM pertanian. Pelayanan informasi publik. Pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi. Pengelolaan perencanaan. c. Pengelolaan sistem pengawasan. b. Selain tujuh strategi utama. e. d. Penataan dan penguatan organisasi. f. . Peningkatan dukungan inovasi dan teknologi. terdapat tujuh strategi pendukung sebagai berikut: a.

kaerifan lokal serta ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan lingkungan. b) Mantapnya ketahanan pangan secara mandiri Mantapnya ketahanan pangan secara mandiri berarti terpenuhinya pasokan pangan dan terjaminnya akses pangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat dengan mengandalkan produksi dalam negeri dan kemampuan daya beli masyarakat. .VISI PEMBANGUNAN PERTANIAN JANGKA PANJANG a) Terwujudnya sistem pertanian industrial yang berdaya asing Sistem pertanian industrial dicirikan oleh usaha pertanian bernilai tambah tinggi dan terintegrasi dalam satu rantai pasok (supply chain) berdasarkan relasi kemitraan sinergis dan adil dengan bertumpu pada sumberdaya nasional.

c) Terciptanya kesempatan kerja penuh bagi masyarakat pertanian Dalam jangka panjang diharapkan seluruh angkatan kerja pertanian mendapatkan pekerjaan penuh sehingga pengangguran terbuka maupun terselubung tidak lagi terjadi secara permanen. sehingga produktivitas angkatan kerja pertanian meningkat secara nyata yang selanjutnya pendapatan masyarakat tanipun meningkat secara nyata. d) Terhapusnya masyarakat pertanian dari kemiskinan dan tercapainya pendapatan petani US$2500/kapita per tahun Berkurangnya jumlah masyarakat tani miskin dan meningkatnya pendapatan petani merupakan prasyarat terwujudnya kesejahteraan masyarakat tani yang menjadi sasaran akhir pembangunan pertanian .

dan perubahan. maupun melalui perbaikan. budaya. lingkungan. . sosial.KESIMPULAN Pembangunan pertanian dapat didefinisikan sebagai suatu proses perubahan sosial. Implementasinya tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan status dan kesejahteraan petani semata. tetapi sekaligus dimaksudkan untuk mengembangkan potensi sumberdaya manusia baik secara ekonomi. pertumbuhan. politik.

TERIMA KASIH .