You are on page 1of 23

S O S I A L I S A S I

PMK NO.59 TAHUN 2014
TENTANG STANDAR TARIF PELAYANAN
KESEHATAN DALAM
PENYELENGGARAAN PROGRAM
JAMINAN KESEHATAN
Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
(FKTP)
BPJS KESEHATAN CABANG KOTABUMI
Kotabumi, 21 Agustus 2015

AGENDA

Pendahuluan
Tarif Pelayanan Kesehatan
Pada FKTP
Pelayanan Kebidanan dan
Neonatal

PENDAHULUAN • PMK Nomor 59 Tahun 2014 ditetapkan untuk mengganti PMK Nomor 69 Tahun 2013 yang membahas tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan yang perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sehingga perlu disempurnakan .

Tarif Pelayanan Kesehatan Primer Kapita si FKTP Non- kapita si .

non. kondom pertama operatif) untuk pelayanan KB) . Lingkup Pelayanan KAPITASI Pelayanan obat dan Tindakan bahan Pemeriksa Pemeriksa medis medis an Pelayanan an. habis Administra penunjang Promotif pengobata spesialisti pakai si diagnostik dan n dan k (operatif (termasuk Pelayanan laboratori Preventif konsultasi maupun pil dan um tingkat medis non.

Lingkup Pelayanan NON-KAPITASI Pelayanan ambulan Pelayanan obat rujuk balik Pemeriksaan penunjang pelayanan rujuk balik Pelayanan skrining kesehatan Rawat inap tingkat pertama Jasa pelayanan kebidanan dan neonatal Pelayanan KB Kompensasi daerah tidak ada FKTP memenuhi syarat Pelayanan darah Pelayanan gawat darurat di FKTP yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan .

1 kali Puskesmas kunjungan ibu nifas PONED ketiga (KF3) • Pelayanan pra rujukan pada komplikasi . 1 kali • Pelayanan kunjungan tindakan pasca neonatus ketiga persalinan di (KN3). PONED mi KN2). Pelayanan Kebidanan dan Neonatal • Pemeriksaan • Persalinan • Pelayanan KB ANC sesuai pervaginam • Pemasangan / standar diberikan normal minimal 4 kali pencabutan pemeriksaan • Persalinan IUD/implan • Pemeriksaan pervaginam • Pelayanan PNC/neonatus dengan suntik KB sesuai standar tindakan • Pelayanan dilaksanakan 2 kali emergensi kunjungan ibu nifas komplikasi KB dasar di • Pelayanan KB dan neonatus Puskesmas pertama dan kedua MOP/vasekto (KF1-KN1 dan KF2.

Pengukuran tinggi badan dan berat badan Trimester II 2. Pengukuran lingkar lengan atas 4. Skrining status dan ATTENTIO pemberian imunisasi N ANC berupa Pemeriksaan tetanus toksoid pemeriksaan Laboratorium rutin 7. darah) wajib tambah darah dan dilakukan oleh pemberi asam folat pelayanan yang memiliki alat 8.Pelayanan ANC (antenatal care) Trimester I Pemeriksaan ANC sesuai dengan standar berupa: 1 kali 1. Temu wicara pemeriksaan . Pemeriksaan tekanan 4 kali 1 kali darah 3. Pemeriksaan denyut AL jantung janin dan posisi janin 6. Pemberian tablet (kadar Hb dan gol. Pemeriksaan tinggi Trimester III MINIM fundus uteri 2 kali 5.

Persalinan dengan tindakan emergensi dasar meliputi penatalaksanaan untuk mengatasi : • Kegawatdaruratan medik • Perdarahan pada PUSKES kehamilan muda (abortus) MAS • preeklamsia PONED • eklamsia • Persalinan macet (distosia) .

Pelayan an Neonat Pelayan al an Ibu Nifas .

Pelayanan KB pasca suhu persalinan 2. Konseling dan uteri edukasi perawatan 3. Pemeriksaan tekanan 5. Pemberian vitamin A darah. respirasi dan 6. hari keempat sampai dengan hari ke-28 pasca persalinan (KF2) dan hari ke-29 sampai dengan hari ke-42 pasca persalinan (KF3) . Pemeriksaan lokhia dan kesehatan pengeluaran pervaginam 8. Pemeriksaan payudara ibu nifas dan dukungan pemberian Pelayanan ibu nifas diberikan sekurang- ASI Eksklusif kurangnya 3 kali dengan distribusi waktu 6 jam sampai dengan hari ketiga pasca persalinan (KF1). Penanganan risiko lainnya tinggi dan komplikasi 4. nadi.PELAYANAN IBU NIFAS 1. Pemeriksaan tinggi fundus 7.

Perawatan tali pusat Pelayanan neonatal diberikan sekurang- kurangnya 3 kali dengan distribusi waktu 6 jam sampai dengan 48 jam pasca persalinan (KN1). Memastikan pemberian bahaya dan vitamin K1. hari ketiga sampai dengan hari ketujuh pasca persalinan (KN2). hari kedelapan sampai dengan hari ke-28 pasca persalinan (KN3) . Pelayanan neonatus 4. Konseling terkait dengan menggunakan dengan pemberian form Manajemen Terpadu ASI Eksklusif Bayi Muda (MTBM) 5.PELAYANAN NEONATAL 1. salep mata pencegahan infeksi antibiotik dan imunisasi hepatitis B0 3. Deteksi dini tanda 2.

Pelayanan tindakan paska persalinan meliputi penatalaksanaan untuk mengatasi : • Kegawatdaruratan medik • Perdarahan paska persalinan • preeklamsia PUSKES • eklamsia MAS • Infeksi nifas PONED .

pemulihan sistem respirasi. Pelayanan pra rujukan meliputi : • Tindakan untuk menjamin kelancaran jalan nafas. dan sirkulasi • Tindakan menghentikan sumber perdarahan dan infeksi • Tindakan mengganti cairan tubuh yang hilang • Tindakan untuk mengatasi Pelayanan rasa nyeri atau gelisah pra rujukan • Tindakan pemberian dilaksanakan di FKTP obat/medikamentosa sesuai indikasi .

HASIL PELAYANAN KEBIDANAN. NEONATAL DAN KB DICATAT PADA KARTU IBU DAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK (BUKU KIA) .

MOP/Vasektomi 350.000 .000 tindakan emergensi dasar 4 Pemeriksaan PNC/Neonatus (per 25.000 . TARIF PELAYANAN KEBIDANAN (update tarif berdasarkan PMK No.59 Tahun 2014) NO JENIS PELAYANAN TARIF 1 Pemeriksaan ANC (4 kali 200.000 3 Persalinan pervaginam dengan 750.000 komplikasi kebidanan dan neonatal 7 Pelayanan KB: .000 .000 persalinan 6 Pelayanan pra rujukan pada 125.Penanganan komplikasi KB 125.000 pemeriksaan) 5 Pelayanan tindakan paska 175.IUD/Implant 100.Suntik 15.000 pemeriksaan) 2 Persalinan pervaginam normal 600.000 .

WHAT’S THE PROBLEM? APA PERMASALAHANNYA ??? .

1. Terdapat perubahan tanggal pelayanan pada berkas klaim 24 Juli 2014 24 Agustus Dicoret/ditipe 2014 -x Tidak disetujui .

Pkm.X mengajukan kembali klaim persalinan an. Juni X mengajukan klaim persalinan an. Ny. Klaim diajukan berulang / DOUBLE CLAIMS Klaim Klaim diajukan diajukan dan kembali bulan dibayar Contoh : bulan Agustus Pkm. Ny.A dengan tanggal persalinan yang sama dan diajukan sebagai klaim susulan .2.A pada bulan Juni 2014 (tanggal persalinan 15 Maret 2014) dan sudah dibayarkan oleh BPJS Kesehatan tanggal 20 Juni 2014 Bulan Agustus 2014.

3. Klaim persalinan diajukan setelah dilakukan pelayanan PNC ? PNC tanggal 21 Mei 2014 Persalinan tanggal 12 Juli 2014 .

Berkas Pra rujukan tidak melampirkan umpan balik dari faskes tujuan rujukan 7.5. Berkas PNC setiap pasien sama/fotokopi dan diubah tanggal pelayanan 6. Klaim tidak dientrikan di aplikasi P-CARE . Tidak melampirkan bukti pelayanan yang ditandatangani peserta 10.

11. Jumlah tagihan dari aplikasi P-Care tidak sesuai dengan rekapitulasi pelayanan 13. Pelayanan yang sudah dientri di aplikasi P-Care tidak sesuai dengan berkas klaim (berbeda tanggal pelayanan) 12. Pengubahan tgl pelayanan persalinan yang disusulkan karena tertinggal ketika pengklaiman .

Terima kasih .