You are on page 1of 13

Analisis Keanekaragaman Flora dan Fauna Pada

Ekosistem Persawahan Di desa Laut Dendang
Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”.

Oleh : Kelompok 4
 
SAHRIAL PASARIBU ( 3152131019)
DEWI DAMAYANTI
( 3152131003)

akses ke kota yang Estate demikian dekat telah • Barat berbatasan dengan desa Sampali menjadikan rakyat di desa ini begitu mudah . Dengan Kabupaten Deli Serdang Provinsi jumlah penduduk yang Sumatera Utara. DESKRPISI • a. Dan • Utara berbatasan dengan desa Sampali desa laut dendang ini memiliki ketinggian +30 m • Timur berbatasan dengan desa Bandar Setia (dpl) sangat berpotensi untuk menjadi desa yang • Selatan berbatasan dengan Medan otonom. Desa laut dendang memiliki batas wilayah sebagai mencapai 14.dan berikut : luas sekitar 170 ha.797 jiwa. Letak WILAYAHAH b. Luas • Desa laut dendang merupakan salah Desa Laut Dendang satu desa yang berada di Kecamatan memiliki karakter Percut Sei Tuan dan terletak di wilayah masyarakat kota.

PEMBAHASAN YANG HARUS TERCAPAI  EKOSISTEM DAN FAKTOR PENDUKUNGNYA  KEADAAN EKOSISTEM PERSAWAHAN LAUT DENDANG JENIS-JENIS FLORA DAN FAUNA FLORA-FAUNA YANG PALING DOMINAN .

bahkan dan merupakan cara menyeluruh yang sempurna antara karena tanah segenap unsur dipersiapkan lebih lingkungan dahulu. Bersawah dikatakan juga merupakan cara ABIOTIK suatu tatanan bertani yang lebih DAN BIOTIK kesatuan baik daripada cara secara utuh yang lain.oleh hubungan timbal balik EKOSITEM Sawah adalah DAN antara pertanian yang makhluk hidup FAKT0R dilaksanakan di PENDUKUNG dengan tanah yang basah lingkungannya. atau dengan Ekosistem bisa pengairan. yaitu dengan .

JENIS- .

seperti tanah yang lempung . ketersediaan air yang mampu menggenangi lahan tempat penanaman sangat penting.tropis. a. Padi (Oryza sativa) Padi (Oryza sativa L) tumbuh baik di daerah tropis maupun sub. Oleh karena air menggenang terus- menerus maka tanah sawah harus memiliki kemampuan menahan air yang tinggi. Untuk padi sawah.

b. Kelapa (Coconut nucifera) Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m namun hal tersebut tidak bisa dipungkiri pohon kelapa ini tumbuh disekitar persawahan. namun kini telah . Tumbuhan ini berasal dari pesisir Samudera Hindia.

dan ambang: mengapung) merupakan nama umum bagi paku air dari genus Salvinia. seperti kolam. Kiambang (Salvinia molesta) Kiambang (dari ki: pohon. C. sawah . Tumbuhan ini biasa ditemukan mengapung di air menggenang. tumbuhan.

di daerah berawa. d. Genjer (Limnocharis flava) Genjer tumbuh umumnya di mana pun ada tidak terlalu dalam air tawar stagnan. Kadang-kadang menyerang sawah di mana ia dapat menjadi .

Kangkung dikenal baik oleh masyarakat kita sebagai . Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk. e.spesies dari tanaman sejenis ini adalah Ipomeae batatas atau ubi jalar.) Kangkung merupakan tanaman tahunan yang hidup di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman ini termasuk dalam family Convolvulaceae atau kangkung- kangkungan dengan batang bergetah dan berlubang didalamnya.

Setiap kali bertelur. serangga betina dapat menghasilkan 100–200 butir telur. Telur-telur tersebut diletakkan pada daun tanaman padi . a. Walang Sangit  Walang sangit merupakan serangga hama tanaman padi.

. Ulat bulu hitam (Dasychira Inclusa) Ulat bulu yang ditemukan berasal dari genus dengan nama latin Dasychira Inclusa. b.

  c . menyebabkan adanya bibit yang hilang per tanaman . Keong Mas (Pomacea canaliculata)  Keong mas merusak tanaman dengan cara memarut jaringan tanaman dan memakannya.