ANALISIS DOKUMEN

:
SKL, KI, KD, SILABUS, DAN
PEDOMAN MATA PELAJARAN

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan SD
2016

Menjelaskan SKL (sikap.Mengidentifikasi KD di SD 4.Mengidentifikasi KI di SSD 3. KI. pengetahuan. dan SKL di SD 5. peserta diharapkan dapat: 1.Mengidentifikasi silabus mata pelajaran dan kaitannya dengan SKL di SD 6.Menjelaskan pedoman mata pelajaran dan kaitannya dengan SKL di SD . keterampilan) di SD 2.Menjelaskan hubungan antara KD. TUJUAN Setelah mengikuti sesi ini.

SKL (sikap. CAKUPAN MATERI Materi sesi ini mencakup: 1. Silabus mata pelajaran jenjang SD . KD jenjang SD 4. KI jenjang SD 3. keterampilan) jenjang SD 2. pengetahuan.

KI. AKTIVITAS PELATIHAN Untuk mencapai tujuan-tujuan sesi ini. Silabus. Silabus. dan Pedoman Mata Pelajaran 2. peserta perlu: 1. Diskusi dan Tanya Jawab (15 menit) 3. Memperhatikan tayangan materi pengantar tentang Analisis Dokumen: SKL. Pedoman Mata Pelajaran. Menganalisis SKL. KI. menggunakan Lembar Kerja (Kode: LK 2. Mengomunikasikan hasil analisis dokumen SKL.1. dan umpan balik (60 menit) . KD.a) (90 menit) 4. Silabus. KD. KI. KD.

1. 2. Dokumen SKL dapat dibaca dalam materi pelatihan ini dan secara rinci dapat dibaca dalam Permendikbud No. temukan butir-butir SKL jenjang SD dan isilah Tabel 2. Secara berkelompok. TUGAS 1 1.a (kolom 1). Jelaskan butir-butir kualifikasi kemampuan SKL apakah sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik jenjang SD .54 Tahun 2013.

Jelaskan butir-butir KI apakah sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik jenjang SD . TUGAS 2 1. 58 Tahun 2014. Secara berkelompok. 2.a (kolom 2) Dokumen KI dapat dibaca dalam materi pelatihan ini dan secara rinci dapat dibaca dalam Permendikbud No. temukan butir- butir KI jenjang SD dan isilah Tabel 2.1.

temukan butir-butir KD jenjang SD dan isilah Tabel 2. TUGAS 3 1. Secara berkelompok. Jelaskan butir-butir KD apakah sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik jenjang SD .a (kolom 3) Dokumen KD dapat dibaca dalam Permendikbud No … 2016 2.1.

Jelaskan butir-butir materi pembelajaran apakah sesuai dengan kompetensi dasar yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik jenjang SD . TUGAS 4 1.1. temukan butir-butir komponen- komponen silabus jenjang SD dan isilah Tabel 2.a (kolom 4 dan 5). Secara berkelompok. Silabus dapat dibaca dalam Permendikbud No … 2016 2.

Jelaskan karakteristik mata pelajaran apakah memiliki keterkaitan dengan SKL jenjang SD . temukan karakteristik mata pelajaran dalam dokumen mata pelajaran jenjang SD! Pedoman mata pelajaran dapat dibaca dalam Permendikbud No … 2016 2. TUGAS 5 1. Secara berkelompok.

. dan n prosedural dalam ilmu pengetahuan. dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. SAJIAN MATERI UNTUK KONFIRMASI Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dimensi Kualifikasi Kemampuan Sikap Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman. teknologi. dan budaya dengan wawasan kemanusiaan. dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. percaya diri. Keterampila Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan n kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis. Pengetahua Memiliki pengetahuan faktual. seni. kenegaraan. kebangsaan. konseptual. berilmu. berakhlak mulia.

santun. dan santun. Menerima dan 1. disiplin. dan keluarga. guru guru guru dan tetangganya . disiplin. perilaku jujur. dan keluarga. jujur. teman. Menerima dan menjalankan ajaran menjalankan ajaran menjalankan agama yang agama yang ajaran agama dianutnya dianutnya yang dianutnya 2. peduli. Memiliki perilaku 2. dan percaya diri dalam percaya diri dalam percaya diri dalam berinteraksi dengan berinteraksi dengan berinteraksi dengan keluarga. tanggung jawab. teman. Menunjukkan jujur. tanggung jawab. disiplin. teman. tanggung jawab. peduli. peduli. Menerima dan 1. Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kelas I Kelas II Kelas III 1. dan santun. Memiliki perilaku 2.

karya yang estetis. Menyajikan 4. Memahami pengetahuan faktual pengetahuan faktual pengetahuan faktual dengan cara dengan cara dengan cara mengamati mengamati mengamati [mendengar. dan kegiatannya. makhluk dirinya. dan kegiatannya. melihat. [mendengar. Lanjutan Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kelas I Kelas II Kelas III 3. Memahami 3. melihat. [mendengar. . makhluk dirinya. makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya. membaca] dan membaca] dan membaca] dan menanya berdasarkan menanya berdasarkan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang rasa ingin tahu tentang rasa ingin tahu tentang dirinya. dan benda-benda yang benda-benda yang benda-benda yang dijumpainya di rumah dijumpainya di rumah dijumpainya di rumah dan di sekolah dan di sekolah dan di sekolah 4. dalam jelas dan logis. Menyajikan 4. dalam jelas dan logis. karya yang estetis. melihat. Memahami 3. dalam karya yang estetis. Menyajikan pengetahuan faktual pengetahuan faktual pengetahuan faktual dalam bahasa yang dalam bahasa yang dalam bahasa yang jelas dan logis.

dan percaya diri dalam santun. dan santun. jawab. teman. tanggung perilaku jujur. Menunjukkan jujur. Menerima dan 1. disiplin. Lanjutan Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kelas IV Kelas V Kelas VI 1Menerima dan 1. disiplin. peduli. tanggung jawab. peduli. Menerima dan menjalankan ajaran menjalankan ajaran menjalankan ajaran agama yang dianutnya agama yang dianutnya agama yang dianutnya 2. tanggung jawab. teman. guru dan tetangganya dan tetangganya . disiplin.Menunjukkan perilaku 2. guru keluarga. teman. peduli. perilaku jujur. Menunjukkan 2. santun. dan berinteraksi dengan percaya diri dalam percaya diri dalam keluarga. guru berinteraksi dengan berinteraksi dengan dan tetangganya keluarga.

dan benda-benda yang benda-benda yang benda-benda yang dijumpainya di rumah dijumpainya di rumah dijumpainya di rumah dan di sekolah dan di sekolah dan di sekolah 4. makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya. dan kegiatannya. Menyajikan 4. melihat. melihat. dan kegiatannya. karya yang estetis. dalam jelas dan logis. Memahami 3. Lanjutan Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kompetensi Inti Kelas IV Kelas V Kelas VI 3. Menyajikan pengetahuan faktual pengetahuan faktual pengetahuan faktual dalam bahasa yang dalam bahasa yang dalam bahasa yang jelas dan logis. Memahami pengetahuan faktual pengetahuan faktual pengetahuan faktual dengan cara dengan cara dengan cara mengamati mengamati mengamati [mendengar. [mendengar. dalam karya yang estetis. dalam jelas dan logis. makhluk dirinya. melihat. Menyajikan 4. Memahami 3. membaca] dan membaca] dan membaca] dan menanya berdasarkan menanya berdasarkan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang rasa ingin tahu tentang rasa ingin tahu tentang dirinya. karya yang estetis. . makhluk dirinya. [mendengar.

Pendidikan Pancasila . Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Pendidikan Agama dan Budi . Ilmu ditumbuhkan Pengetahuan Sosial. Matematika. dan Prakarya . .Sikap spiritual dan sosial Ilmu Pengetahuan Alam. langsung Pendidikan Jasmani Olahraga .Pengetahuan dan Kesehatan.Keterampilan . Keterampilan Bahasa Indonesia. Seni Budaya. Sikap sosial dan Kewarganegaraan . Pengetahuan . Bahasa melalui pembelajaran secara tidak Inggris. Sikap spiritual Pekerti.

1… . .. Contoh Format Silabus Pelajaran :…………. - . Kelas :………….1…. Alokasi waktu :…………. - 4. Kompetensi Materi Kegiatan Pembelajaran Dasar Pembelajaran 3.

Terima kasih .