You are on page 1of 31

Kegiatan 2

Penyusunan Teks Tantangan secara Berkelompok

Anggota

Rachmat
Nurvita Tri M Nadiva Mutiara L Erdian Ekzanda D Senggani Fatah S
Kurniawan

2

Penyusunan Teks Tantangan secara Berkelompok
Pada Kegiatan 2 ini kamu diharapkan dapat menyusun
teks tantangan secara berkelompok. Tiap-tiap
kelompok teridiri atas 3—5 siswa. Di samping itu,
kamu juga harus bisa menangkap makna, menelaah
dan merevisi, serta meringkas teks tantangan.

3

Daftar Isi Teks dan Unsur 7- Kebahasaan 10 10. Kata Sulit dan Fungsi 13 Sosial Meringkas Teks 14 Tantangan 4 .

15- Desain Penyusunan 22 Menyusunan Teks 23- Tantangan 26 Selamat Menikmati 5 .

1 Teks Tantangan “Bikin Tambah Macet. Kebijakan Mobil Murah Digugat ke MA” Beserta Unsur Kebahasaanya .

Keterangan Garis Bawah : Kalimat Pernyataan Warna Hijau : Kalimat Sanggahan Warna Jingga : Kalimat Penolakan 7 .

com. Kebijakan Mobil Murah Digugat ke MA Struktur Kalimat Isu Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian tentang Kebijakan Mobil Murah.” Ucap Sunggul. Warga menilai kebijakan itu tidak tepat sasaran dan ng bertentangan dengan perundang-undangan yang ada. “Peraturan Menteri Perindustrian tentang Kebijakan Mobil Murah. Jakarta Timur Sumiarto. mobil ini juga dirancang ramah lingkungan. pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi yang membeli mobil yang ramah lingkungan. Mobil ini juga.00 WIB. kami menolak untuk dilaksanakan baik itu di perdesaan atau pun di perkotaan.” kata kuasa hukum penggugat Sunggul Hamonangan Sirait pada saat berbincang dengan detik. Keduanya selain memberikan . kita tentu tahu bagaimana kondisi kota-kota besar di Indonesia saat ini yang lekat dengan macet dan polusi tentunya. yaitu warga Ceger. Supaya bisa berjalan dengan baik. Argumen Peraturan Menteri Perindustrian tentang kebijakan mobil murah digugat warga Jakarta Menenta ke Mahkamah Agung (MA). Bikin Tambah Macet. Jakarta Timur. akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan. rencananya. Di samping murah. Jumat (17/1/2014). Cipayung. “Kami akan mendaftarkan gugatan kami ke MA hari ini pukul 10. Guntur 8 Siregar dan warga Utan Kayu. Dengan berlakunya kebijakan Mobil Murah ini justru akan memperburuk kondisi tersebut. Duduk sebagai penggugat.

” ucap Sunggul. UU HAM. Pasal 1 ayat 1 menyatakan ‘pengembangan produksi kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau selanjutnya disebut PPKB adalah program pengembangan produksi kendaraan bermotor dengan pemberian fasilitas berupa keringanan pajak pertambahan nilai atas barang mewah (PPnBM)’. Bikin Tambah Macet. UU No 11/2005. Penggugat kurang sependapat karena peraturan itu melanggar UUD 1945. Menentang Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tidak sah dan tidak ( lanjutan ) berlaku. UU Kesehatan. Simpulan “Akibat aturan tersebut. 9 . semakin banyak mobil pribadi di Jakarta sehingga semakin menambah polusi udara dan kemacetan. Kebijakan Mobil Murah Digugat ke MA Struktur Kalimat Argumen “Kami memohon MA menyatakan Pasal 1 angka 1 dan Pasal 2 ayat 1 huruf e. Sedangkan pasal 2 ayat 1 huruf e tertulis ‘PPKB ditujukan untuk industri kendaraan bermotor yang memenuhi ketentuan berdasarkan harga jual KBH2 setinggi-tingginya Rp95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat agen pemegang merek’.” cetus Sunggul. UU Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN dan UU Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN dan UU tentang Pembentukan Peraturan Perundangan.

Add a full screen image 2 Kata Sulit dan Fungsi Sosial .

dan sebagainya digugat (P2. tujuan. pemilikan. atau Pemerintah harus membuat kebijakan K1) maksud sebagai garis pedoman untuk lain yang lebih kuat untuk mengurangi 1. pajak (P1. K2) dikembangkan dioperasionalkan di Indonesia beberapa tahun ke depan. K4) tambahan penghasilan (uang. sasaran (P2. Insentif menunjukkan kalau suatu 3. pernyataan cita-cita. Kata Kata Sulit Kata-Kata Kalimat No. Makna Kata Sulit kebijakan (P1. n (P1. harga beli   barang. barang. K1) orang yang diadukan perkaranya Menuai pro kontra. dan sebagainya) yang diberikan untuk negara ikut mendukung meningkatkan gairah kerja teknologi ramah lingkungan. K2) pihak yang dijadikan target Banyak pihak mengatakan bahwa 11 . biasanya berupa uang Kementrian Keuangan dan Sekretariat yang harus dibayar oleh penduduk Negara tengah mengkaji pemberian sebagai sumbangan wajib kepada negara insentif pajak mobil murah dan ramah 4. dioperasionalka pelaksanaan rencana yang telah Mobil ramah lingkungan akan 2. manajemen dalam usaha mencapai kemacetan yang terus melanda kota- sasaran. mobil ramah 5. K4) pungutan wajib. garis haluan kota besar. atau pemerintah sehubungan dengan lingkungan pendapatan. prinsip. lingkungan akan digugat secara hukum. insentif (P1.

terbayar Pemerintah mengembangkan transportasi 12. sah (P6. K1) sarana untuk melancarkan Sudah merupakan tugas pemerintah untuk 13. undang. 22 Tahun 10. 9. pasal (P6. (YLKI) berniat mengajukan gugatan aturan mobil murah dan ramah lingkungan kuasa hukum (P3. artikel (dalam Pasal 112 ayat (3) Undang-Undang No. pelaksanaan fungsi menyediakan fasilitas transportasi yang layak bagi warganya. peraturan) yang berlaku terjangkau (P7. K1) kliennya untuk melakukan tindakan terkait kebijakan mobil murah. pengacara yang diberi kuasa oleh Kuasa hukum mengajukan gugatan terkait 8. K1) dilakukan menurut hukum (undang. fasilitas (P7. K1) tercapai. K1) pengajuan kasus ke meja hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia 7.Mobil murah telah sah dan dapat diproduksi. 12 . ramah lingkungan dengan harga terjangkau. K1) orang yang menggugat Hakim melayani penggugat di pengadilan. 11. Kata Kata Sulit gugatan (P3. K1) bagian dari bab. hukum atas nama kliennya   penggugat (P3. undang-undang) 2009 berisi tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

K2) orang atau perusahaan Masyarakat dihimbau agar tidak perantara yang meng-usahakan membeli mobil murah di agen 15. agen (P7. sudah memulai bisnis mobil 16. dan sebagainya) pada barang murah ini sebelum pabrikan yang dihasilkan sebagai tanda Jepang. produsen. K2) atau yang telah ditentukan murah dan ramah lingkungan 14. masih dalam proses menjadi Peraturan Pemerintah. tanda yang dikenakan oleh Ada beberapa merek Cina yang K2) pengusaha (pabrik. pengenal   13 . atas nama pengusaha   merek (P7. penjualan bagi perusahaan lain yang tidak resmi. Kata Kata Sulit ketentuan sesuatu yang sudah tentu Ketentuan mengenai mobil (P7.

Untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa dengan kebijakan mobil murah akan semakin menambah mobi pribadi yang dapat menambah kemacetan.Untuk mengetahui dampak negatif jika Menentang diberlakukan kebijakan mobil murah   Simpulan 1.   Argumen 1. Fungsi Sosial Struktur Fungsi Sosial Isu 1. 14 .Untuk menginformasikan kepada pembaca hanya mobil ramah lingkungan yang diberlakukan kebijakan mobil murah. 2.Untuk menginformasikan kepada pembaca pemerintah akan memberlakukan kebijakan mobil murah.

Add a full screen image 3 Meringkas Teks .

Guntur Siregar dan warga Utan Kayu. Keduanya selain memberikan kuasa hukum kepada Sunggul. Pemerintah juga akan memberikan insentif pajak bagi yang membeli mobil yang ramah lingkungan. juga memberikan kepada Freddy Alex Damanik. Jakarta Timur Sumiarto. Silas Dutu dan Sidik. yaitu warga Ceger. UU No 11/2005. Cipayung. UU HAM. Kebijakan Mobil Murah Digugat ke MA Struktur Fungsi Sosial Isu Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian tentang Kebijakan Mobil Murah. Warga Jakarta sangat keberatan karena peraturan itu melanggar UUD 1945. Duduk sebagai penggugat. Argumen Peraturan Menteri Perindustrian tentang kebijakan mobil murah digugat warga Jakarta ke Mahkamah Menentang Agung (MA) karena menilai kebijakan itu tidak tepat sasaran dan bertentangan dengan perundang- undangan yang ada. 16 . UU Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN dan UU Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN dan UU tentang Pembentukan Peraturan Perundangan. Mobil ini rencananya akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan. Warga memohon kepada MA menyatakan Pasal 1 angka 1 dan Pasal 2 ayat 1 huruf e. Simpulan Akibat aturan tersebut. Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tidak sah dan tidak berlaku. Jakarta Timur. Selain harganya yang murah mobil ini juga memiliki kelebihan yang lain yaitu ramah lingkungan. Warga menilai kebijakan tersebut dapat memperparah kondisi indonesia yang lekat dengan macet dan dapat menambah polusi udara di indonesia. semakin banyak mobil pribadi di Jakarta sehingga semakin menambah polusi udara dan kemacetan. Punya Banyak Masalah. UU Kesehatan.

1 Desain Penyusunan Berbasis Proyek .

Nama Kelompok Kelompok 6 2. Ketua dan Anggota Ketua : Erdian Ekzanda D Anggota : Nurvita Tri M.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek N Jenis Informasi Keterangan o. Cara Pengumpulan Mencari di Buku Paket dan Internet Bahan 18 . Nadiva Mutiara L Rachmat Kurniawan Senggani Fatah Sedayu 4. Judul/Topik Proyek Penyusunan Teks Tantangan secara Berkelompok 5. Kelas IX-G 3. 1. Jenis Tugas Tugas kelompok 6. Sumber Bahan Buku Paket 7.

penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks tantangan. Wujud Hasil Analisis Teks Tantangan Dengan Urutan (Orientasi.dan Interpretasi) dan Penggunaan Unsur Kebahasaan yang tepat 10. b. Penggabungan paragraf menjadi teks tantangan yang padu. e. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 8. 9.insiden. Jadwal Pelaksanaan Pertemuan Pertama : Pembagian Tugas Pertemuan Kedua : Pengolahan Data 19 . Cara Pelaporan Laporan dan Presentasi 11. penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks. penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks tantangan. Cara Analisis Bahan Pengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa: a. c. d.

insiden. Penggabungan paragraf menjadi teks tantangan yang padu. penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks tantangan.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 8.dan Interpretasi) dan Penggunaan Unsur Kebahasaan yang tepat 10. Cara Pelaporan Laporan dan Presentasi 11. d. penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks tantangan. Jadwal Pelaksanaan Pertemuan Pertama : Pembagian Tugas Pertemuan Kedua : Pengolahan Data 20 . b. Wujud Hasil Analisis Teks Tantangan Dengan Urutan (Orientasi. Cara Analisis Bahan Pengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa: a. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang. penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks. e. 9. c.

membeli. dioperasikan. perdesaan. pedesaan.dirancang. akan Mobil.     Mobil. insentif pajak bagi yang membeli mobil yang ramah lingkungan. insentif pajak. Mengeluarkan. 2.     Pemerintah. Kebijakan tentang Kebijakan Mobil Murah. Data Pengolahan data Struktur Teks 1. rencananya.  21 . pemerintah akan memberikan mobil. Mobil Murah. ramah lingkungan. mobil ini juga   lingkungan. dioperasionalkan di wilayah   wilayah. 4.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek No. dirancang ramah lingkungan. Pemerintah telah mengeluarkan Isu   Peraturan Menteri Peraturan Menteri Perindustrian   Perindustrian.ramah Di samping murah. Supaya bisa berjalan dengan baik.   Mobil ini juga. memberikan. 3. Pemerintah.

Hamonangan Sirait pada saat pukul 10. g   Jakarta.com. kata. Hukum.” kata   Kami. kebijakan.   3. Jumat 4. mendaftarkan. Makamah Agung   2. (17/1/2014). warga Jakarta ke Mahkamah Agung (MA). Siregar dan warga Utan Kayu. yaitu. Jakarta Timur. hari ini.00 WIB. kuasa hukum penggugat Sunggul   gugatan kami.00 WIB. MA. Peraturan Menteri Peraturan Menteri Perindustrian tentang Argumen   Perindustrian. sasaran dan bertentangan dengan   tidak tepat sasaran.   bertentangan perundang. “Kami akan mendaftarkan gugatan kami     ke MA hari ini pukul 10. Jakarta . kebijakan mobil murah digugat warga Menentan   mobil murah. menilai. Cipayung. perundang-undangan yang ada. digugat.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 1. pemggugat. undangan.   Warga menilai kebijakan itu tidak tepat   Warga. Guntur 22 Siregar. kuasa berbincang dengan detik. Guntur Ceger.         Duduk sebagai penggugat. yaitu warga Penggugat. kebijakan.

    Sanggul. nilai. hemat energi. memberikan. tidak berlaku. harga bermotor dengan pemberian fasilitas   terjangkau. pertambahan. Kami. kuasa Keduanya selain memberikan kuasa hukum Argumen   hukum.   ayat 1 huruf e. menyatakan. atas barang mewah (PPnBM)’.   Silas Dutu.program. pemberian. 7. Pasal 1. tidak berlaku.   fasilitas. Peraturan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor   Menteri Perindustrian. juga memberikan kepada Menentang   kepada Freddy Alex Damanik.” ucap Sunggul. berupa. memohom.         6. Pasal 1 ayat 1 menyatakan ‘pengembangan     produksi kendaraan bermotor roda empat   Pasal 1 ayat 1. Freddy Alex Damanik. 33/M-IND/PER/7/2013 tidak sah dan tidak   33/M-IND/PER/7/2013 . Sanggul. nomor. MA. Silas Dutu dan Sidik. 23 pajak. “Kami memohon MA menyatakan Pasal 1   menyatakan. yang hemat energi dan harga terjangkau   pengembangan. sah. . kepada.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 5. kepada Sunggul. Pasal 2 angka 1 dan Pasal 2 ayat 1 huruf e. Sidik. ucap.pengembangan. selanjutnya disebut PPKB adalah program   kendaraan bermotor roda pengembangan produksi kendaraan   empat. Keduanya. keringanan. produksi. berupa keringanan pajak pertambahan nilai PPKB.produksi.dengan.

  Rp95 juta. setinggi-tingginya. ‘PPKB ditujukan untuk industri kendaraan Menentang   kendaraan bermotor.       Penggugat menilai peraturan itu   Penggugat. UU Kesehatan.Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 8.   tentang. UUD 11/2005. UU HAM. harga. bermotor yang memenuhi ketentuan   memenuhi. berdasarkan harga jual KBH2 setinggi-   berdasarkan. jual. Pembentukan Peraturan Perundangan. ditujukan. UU. berish. merk. Pasal 2 ayat 1 huruf e. melanggar UUD 1945. Sedangkan pasal 2 ayat 1 huruf e tertulis Argumen   PPKB. pusat. agen. tertulis. Pembentukan 24 . industri. UU No Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan   11/2005. kantor pusat agen pemegang merek’. KKN. UU   1945. UU No   peraturan. kantor. ketentuan. menilai. berdasarkan. melanggar. UU Bebas dari KKN dan UU tentang   penyelenggaraan Negara. bebas.    9. UU kesehatan. tingginya Rp95 juta berdasarkan lokasi   KBH2. pemegang. UU HAM.     lokasi.

menambah. mobil. pribadi. “Akibat aturan tersebut. udara. aturan. Akibat. sehingga semakin menambah polusi.” kemacetan. semakin.   25 .Desain Penyusunan Teks Tantangan Berbasis Proyek 1. semakin Simpula banyak. polusi udara dan kemacetan. cetus Sunggul. banyak mobil pribadi di Jakarta n Jakarta.

Add a full screen image 2 Menyusun Teks Tantangan .

(Isu) 27 . Menyusun Teks Tantangan Perdagangan Organ Tubuh Manusia Salah satu opsi medis untuk penderita penyakit berat adalah dengan melakukan transplantasi/pemindahan organ tubuh. polisi menemukan adanya 30 orang korban dalam tindakan ini. ketiga dokter tersebut juga mendapat berbagai kecaman dari masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan terlibat dalam black market atau pasar gelap. Selain mendapat sanksi hukum. Harga organ tubuh yang dibutuhkan oleh penderita penyakit berat atau korban kecelakaan sangat bervariasi. Awal Februari lalu. dari jutaan rupiah hingga milyaran rupiah. Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut. 3 dokter RSCM tertangkap basah melakukan penjualan organ tubuh manusia secara ilegal. Sangat terbatasnya jumlah pendonor legal dan mahalnya harga organ tubuh tertentu membuat sebagian orang mencari alternatif lain. Hal ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai peluang usaha.

. Pendonor bisa saja muncul dari orang yang sudah meninggal bahkan masih hidup. pendonor adalah orang yang secara kemampuan ekonomi tergolong orang tidak mampu dan menjual organ tubuhnya untuk mendapatkan uang. Transplantasi tersebut bertujuan untuk mengantikan organ yang rusak atau tidak berfungsi pada resipien (penerima donor) dengan organ yang masih berfungsi dari pemberi donor. dikhawatirkan akan adanya perdagangan manusia (human trafficking) yang sarat dengan tindak kejahatan. di masa hidupnya. Selain itu. Permasalahan muncul ketika yang ingin mendonorkan adalah orang yang masih hidup. Argumentasi-argumentasi dari hukum negara hingga hukum agama dimajukan untuk menentang kemungkinan adanya donor organ oleh orang yang masih hidup ini. 28 . Sangat mungkin. Orang yang sudah meninggal biasanya terlebih dahulu. Secara definitif. Secara etika biomedis (bioethical  atau bioetika) hal tersebut tidak dapat dibenarkan. transplantasi organ adalah pemindahan sebagian atau seluruh organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain atau dari suatu tempat ke tempat yang lain pada tubuh yang sama. Lanjutan . Permasalahan transplantasi organ tubuh manusia merupakan salah satu masalah yang paling mengundang perdebatan dalam dunia medis.. meninggalkan wasiat kepada keluarga agar bagian- bagian tertentu dari tubuhnya didonorkan.

pendonoran organ tubuh memerlukan persetujuan dari dua pihak (pendonor dan penerima donor) dan pendonor harus mengetahui dampak yang akan ditimbulkan setelah proses pendonoran. perbudakan dalam kerja domestik. atau menempatkan seseorang dalam situasi sebagai tenaga kerja paksa seperti prostitusi paksa. penipuan dan memperdaya.. Human trafficking sudah lama ditentang oleh dunia internasional. penyelundupan atau menjual manusia baik di dalam negeri ataupun antar negara melalui mekanisme paksaaan. belitan utang atau praktek-praktek perbudakan lainnya. ancaman. para pendonor dibiarkan begitu saja. Namun. Kedua.. (Argumen Menentang) 29 . pada kasus pendonoran organ tubuh ilegal biasanya setelah mendonorkan organ tubuh mereka. para pendonor organ tubuh harus melalui masa pemulihan dengan pantauan dokter. penculikan. Lanjutan . Terlebih biasanya mereka mendonorkan organ tubuh mereka karena paksaan. Perdagangan manusia (Human Trafficking) didefinisikan sebagai semua tindakan yang melibatkan pemindahan. berikut argumen-argumen yang menentang human trafficking: Pertama. Akan tetapi. menurut hukum. pada kasus human trafficking biasanya pendonor tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya setelah melakukan pendonoran.

(Simpulan) 30 . Lanjutan . Dengan begitu. dapat disimpulkan bahwa kasus human trafficking adalah kasus kriminalitas yang sudah seharusnya dibasmi pemerintah... Pemerintah harus terus mengawasi perkembangan kasus ini agar tidak ada lagi korban selanjutnya.

Terima Kasih! Ada AQUA Pertanyaan ? .