You are on page 1of 19

RUMAH SEHAT

Tempat berlindung,
bernaung, dan tempat
untuk beristirahat,
sehingga
menumbuhkan
kehidupan yang
sempurna baik fisik,
rohani, maupun sosial.

KRITERIA RUMAH SEHAT Memenuhi Memenuhi kebutuhan kebutuhan dasar dasar fisik psikologis Harus dapat Melindungi dari menghindarkan kemungkinan terjadinya kecelakaan penularan penyakit .

Kebutuhan Dasar Fisik Mempertahankan Temperatur Ventilasi sempurna Terjamin pencahayaannya Terlindung dari m 2 Luas yang cukup gangguan bising .

Kebutuhan Dasar Psikologis Cukup aman dan nyaman bagi masing-masing penghuni Ruang duduk dapat dipakai sebagai ruang makan keluarga Lingkungan masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi yang relatif sama .

Penataan meja dan kursi yang pas W.C. (Water Closet) dan kamar mandi harus ada perlu ditanami tanaman hias atau tanaman bunga .

Harus Dapat Menghindarkan Terjadinya Penularan Penyakit Terbebas dari serangga Memiliki tempat Tidak ada pembuangan kebocoran pipa sampah Pembuangan air limbah dan tinja memenuhi syarat kesehatan .

Melindungi Dari Kemungkinan Kecelakaan Bangunan yang kokoh Terhindar dari bahaya kebakaran Tangga yang tidak curam dan tidak licin Terhindar dari gas beracun Alat listrik terlindungi .

membuang tinja bayi dan balita ke jamban. Rumah ventilasi. membersihkan rumah Penghuni dan halaman. sarana tempat pembuangan sampah membuka jendela kamar tidur. jendela ruang keluarga dan ruang tamu. . membuang sampah pada tempat sampah. sarana pembuangan asap dapur dan pencahayaan Kelompok Sarana sarana air bersih. sarana pembuangan kotoran.INDIKATOR PENILAIAN RUMAH SEHAT langit-langit. membuka Kelompok Perilaku jendela ruang keluarga. Sanitasi saluran pembuangan air limbah. jendela kamar Kelompok Komponen tidur. lantai. dinding.

dan timah hitam tidak d. melebihi 120 mg/m3 . Pertukaran udara (air exchange rate) = melebihi 300 mg/kg. 5 kaki kubik per menit per penghuni b.10 ppm/24 jam jam. Konsentrasi gas formaldehid tidak mikroorganisme patogen.5 fiber/m3/4 0. Parameter Yang Digunakan Untuk Menentukan Bahan Bangunan Rumah Sehat Kualitas Udara Syarat a. Kelembapan udara berkisar antara 40% dapat membahayakan sampai 70% kesehatan. Konsentrasi gas CO tidak melebihi 100 dapat memungkinkan tumbuh ppm/8 jam dan berkembangnya f. Tidak terbuat dari bahan yang sampai 30° C dapat melepas zat-zat yang b. Konsentrasi gas SO2 tidak melebihi tidak melebihi 0. seperti asbes bebas c. Suhu udara nyaman berkisar 18° a. Tidak terbuat dari bahan yang e.

ruang dapur. ruang tidur. Langit-langit yang mudah dibersihan ataupun tidak langsung dan tidak rawan kecelakaan dapat menerangi seluruh d. berfungsi sebagai ruang tamu. ruang makan. Lantai yang kedap air dan mudah dibersihkan Dapat berupa pencahayaan b. air. . Komponen dan penataan ruang Pencahayaan rumah Syarat a. Dinding yang mudah dibersihkan. kedap alami dan atau buatan. Intensitas 10 m atau lebih harus dilengkapi dengan minimal pencahayaan penangkal petir dalam ruangan adalah 60 e. ruang mandi. adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang secara langsung c. ruang keluarga. Bubungan rumah yang memiliki tinggi ruangan. Ruang di dalam rumah harus ditata agar lux dan tidak menyilaukan. dan ruang bermain anak.

Sebagai lubang bersih dan atau air masuknya cahaya minum sesuai dari luar seperti perundang- cahaya matahari undangan yang berlaku. Kualitas air harus keluarnya udara Didalam rumah tidak memenuhi kotor dari dalam boleh ada tikus yang persyaratan keluar bersarang kesehatan air b. . ruangan dan b. Binatang Penular Ventilasi Penyakit Air a. Tersedia sarana air masuk udara yang bersih dengan bersih dan segar kapasitas minimal dari luar ke dalam 60 liter/hari/orang. Sebagai lubang a.

tidak Luas ruang tidur menimbulkan bau. harus dikelola agar kecuali anak di bawah tidak menimbulkan umur 5 tahun bau. minimal 9 meter. Limbah cair yang makanan yang berasal dari rumah aman tidak mencemari sumber air. dua orang tidur dalam b. . Kepadatan hunian Limbah ruang tidur Tersedianya sarana penyimpanan a. dan dan tidak Atap tidak dianjurkan mencemari digunakan lebih dari permukaan tanah. pencemaran terhadap permukaan tanah. Limbah padat satu ruang tidur. serta air tanah.

SARANA SANITASI RUMAH Sarana air bersih dan air minum Saluran Pembuangan Air Limbah Tempat Sampah Jamban/kakus .

Menurut Sanropie (1989). Banyaknya Ruangan Di Dalam Rumah .

Rumah ini dikategorikan rumah sehat karena memenuhi indikator penilaian rumah sehat. Tampak dari depan rumah terdapat beberapa tanaman walaupun tidak memiliki halaman yang cukup luas . Contoh Kasus Gambar rumah sehat di bantaran rel kereta api daerah Surabaya.

Kamar mandi tersebut juga terlihat bersih. Kamar Mandi Salah satu indikator rumah sehat terdapat sarana sanitasi rumah sehat yaitu jamban/kakus dan adanya sarana air bersih. Ruangan di dalam rumah Ruang Tidur Di dalam ruang tidur ini terdapat fentilasi yang digunakan untuk sirkulasi udara sehingga udara dapat bergerak dan akan selalu masuk udara yang segar. . Penataan ruang tidurnya juga baik dan rapi.

Penataannya juga rapi dan terlihat bersih. Ruang Tamu Terlihat pemilik rumah melakukan penataan meja dan kursi yang pas pada ruang tamu tersebut. . Ruang Keluarga Ruangan ini disusun sederhana namun tetap nyaman untuk keluarga berkumpul.

Ruang Makan Di tempat ruang makan ini juga termasuk indikator rumah sehat. Diatasnya terdapat fentilasi agar udara bisa keluar masuk lewat fentilasi tersebut. lantai nya pun juga bersih walapun tempatnya tidak cukup besar Ruang Dapur Ruangan ini tidak begitu luas dan cukup sederhana. . Sudah terlihat disitu tempat duduk dan meja serta penutup makan yang sehat .