BAB III LEMBAGA SOSIAL

Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam masyarakat

Fungsi Lembaga Sosial Manifest: fungsi yang disadari Laten : fungsi tidak disadari

Jenis Lembaga Sosial

Keluarga Pendidikan Politik Ekonomi

BAGAN

LEMBAGA SOSIAL
Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat

Fungsi: - Laten - Manifest

LEMBAGA SOSIAL (2)

Jenis Lembaga Sosial 1.Pranata Keluarga 2.Pranata Pendidikan 3.Pranata Politik 4.Pranata Ekonomi

DEFINISI LEMBAGA SOSIAL MENURUT PARA SOSIOLOG
Paul Horton dan Chester L. Hunt: sistem norma-norma sosial dan hubunganhubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Peter L. Berger: suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan
oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat. Mayor Polak: suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting. W. Hamilton: tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi pelbagai derajat sanksi. Robert MacIver dan C.H. Page: prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat. Leopold Von Wiese dan Becker: jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu dan kelompoknya. Koentjaraningrat: suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia. Soerjono Soekanto: himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Secara garis besar, timbulnya lembaga sosial dapat diklasifikasikan ke dalam dua cara berikut. 1. Secara Tidak Terencana Artinya, lembaga sosial itu lahir secara bertahap (berangsurangsur) dalam praktek kehidupan masyarakat. 2. Secara Terencana Artinya, lembaga sosial muncul melalui suatu perencanaan yang matang oleh seorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang.

Karakteristik Lembaga Sosial
1. Memiliki simbol sendiri. 2. Memiliki tata tertib dan tradisi. 3. Usianya lebih lama. 4. Memiliki alat kelengkapan. 5. Memiliki ideologi. 6. Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan.

Bandingkan dua gambar berikut; yang mana merupakan lembaga sosial? Mengapa?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful