You are on page 1of 27

HERNIA

B Y P E N Y, F I K A , TA S YA

DEFINISI

JENIS Kongenital • Berdasarkan terjadinya : Akuisita .

Inguinalis) . Sempurna (Umbilikalis. Epigastrika) Kongenital Tak sempurna (Umbilikalis.

. HERNIA UMBILIKALIS Hernia umbilikalis merupakan penonjolan yang mengandung isi rongga perut yang masuk melalui cincin umbilikus Hernia umbilikalis umumnya tidak menimbulkan nyeri dan sangat jarang terjadi inkarserasi.

Hernia Umbilikalis • Intra-uterina = Fetalis (ompalocele) Akibat kegagalan viscera untuk kembali ke rongga abdomen menyebabkan dinding ventral perut fetus tak terbentuk • Infantilis Merupakan jenis kongenital tak sempurna Akuisita akibat perawatan tali pusat tidak baik. menangis) . kesalahan pemotongan tali pusat. peningkatan tekanan intraabdomen (batuk.

Tata laksana .

• Faktor predisposisi antara lain kehamilan. Hernia Umbilikalis • Pada dewasa merupakan lanjutan hernia umbilikalis pada saat bayi/anak. dan asites yang menyebabkan peningkatan tekanan intraabdomen • Terapi hernia umbilikalis dewasa adalah operatif . obesitas.

HERNIA INGUINALIS Akibat adanya prosesus vaginalis yang terbuka disertai faktor lain misalnya anulus inguinalis yang cukup besar .

Diafragmatica Epigastrica Umbilicalis • Berdasarkan lokasinya : Paraumbilicalis Inguinalis Femoralis .

HERNIA PARAUMBILIKALIS Merupakan hernia yang melalui suatu celah di garis tengah pada tepi kranial umbilikus .

Hernia paraumbilikalis biasanya berhubungan dengan terjadinya diatasis m.rectus abdominis atau kelemahan pada linea alba dan sering terjadi pada wanita multiparitas .

Xifoideus • Penderita sering mengeluh perut kurang enak dan mual • Kebanyakan membutuhkan operasi dini saat hernia masih kecil karena terasa nyeri . HERNIA EPIGASTRIKA Disebut juga hernia linea alba merupakan hernia yang keluar melalui defek di linea alba antara umbilikus dan proc.

Jenis Hernia Epigastrika SPURIA VERA .

Reponibilis Ireponibilis • Berdasarkan sifatnya : Inkarserata Strangulata .

Eksterna • Berdasarkan arah penonjolannya : Interna .

Insisional • Jenis hernia lainnya : Richter .

hal ini terjadi karena bekas operasi justru melemahkan jaringan otot di perut .HERNIA INSISIONAL Merupakan jenis hernia yang menerobos bekas sayatan pada operasi hernia sebelumnya.

HERNIA RICHTER Hernia jenis ini sangat jarang tetapi termasuk bahaya karena sulit terdiagnosis. . Ileum terminal merupakan bagian yang sering mengalami herniasi. Sulitnya diagnosis hernia ini karena sangat kecilnya bagian dinding usus yang terinkarserasi karena defek yg sangat kecil di dinding perut sehingga tidak terlalu mempengaruhi aktivitas pencernaan.

Hernia ini juga disebut hernia akreta (accretus = perlekatan karena fibrosis). Tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus (Erfandi. b. 2009) . Hernia ireponibel Yaitu bila isi kantong hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga. 2009). Usus keluar jika berdiri atau mengedan dan masuk lagi jika berbaring atau didorong masuk. Hernia reponibel/reducible Yaitu bila isi hernia dapat keluar masuk. tidak ada keluhan nyeri atau gejala obstruksi usus (Erfandi. Ini biasanya disebabkan oleh perlekatan isi kantong pada peritonium kantong hernia. HERNIA BERDASARKAN SIFAT a.

Hernia inkarserata •. Yaitu bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia. hernia inkarserata merupakan penyebab obstruksi usus nomor satu di Indonesia . Selain itu. HERNIA BERDASARKAN SIFAT c. Operasi darurat untuk hernia inkarserata merupakan operasi terbanyak nomor dua operasi darurat untuk apendisitis. Secara klinis “hernia inkarserata”  lebih dimaksudkan untuk hernia ireponibel dengan gangguan pasase. tidak dapat kembali ke dalam rongga perut disertai akibatnya yang berupa gangguan pasase atau vaskularisasi. Hernia inkarserata berarti isi kantong terperangkap.

Bila strangulasi hanya menjepit sebagian dinding usus. Hernia Strangulata Yaitu bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia dan mengakibatkan gangguan vaskularisasi .Hernia strangulata mengakibatkan nekrosis dari isi abdomen di dalamnya karena tidak mendapat darah akibat pembuluh pemasoknya terjepit.d. 2009). hernianya disebut hernia Richter. . Hernia jenis ini merupakan keadaan gawat darurat karenanya perlu mendapat pertolongan segera. (Erfandi.

HERNIA BERDASARKAN SIFAT .

+ + + - Strangulata . . . - Ireponibel . - Inkarserata . GAMBARAN KLINIK Jenis Reponib Nyeri Obstruks Sakit Toksik el i Reponibel + . . . . ++ + ++ ++ .

tetapi ketegangan semakin nyata. inflamasi. Mungkin ada distensi abdomen.Tanda yang berkaitan dengan adanya komplikasi • Ireponibel : benjolan yang iredusibel. obstruksi. Kulit diatasnya dapat hangat. Reduksi dari hernia strangulasi adalah kontraindikasi jika ada sepsis atau isi dari sakus yang diperkirakan mengalami gangrenosa . dan berindurasi • Strangulasi menimbulkan nyeri hebat dalam hernia yang diikuti dengan cepat oleh nyeri tekan. dan tanda atau gejala sepsis. tanpa rasa nyeri • Obstruksi  : hernia tegang. lunak. dan gejala lain dari obstruksi usus • Strangulasi : tanda-tanda dari hernia obstruksi. dan iredusibel.

Hernia lumbalis . Hernia winslowi 2)    Hernia eksterna (terlihat) Jika kantung hernia menonjol secara lengkap melalui dinding abdomen Contoh :   a. Hernia inguinalis                   b. HERNIA BERDASARKAN ARAH PENONJOLAN 1)    Hernia interna (tidak terlihat) Jika kantung hernia terletak di dalam kavitas visera Contoh :   a. Hernia umbilikalis                   e. Hernia femoralis                   c. Hernia obturatoria                   c. Hernia epigastrium                   d. Hernia diafragmatika                   b.

. Medica Aesculaplus FK UI. EGC. 2005. • Sjamsuhidayat R. Jakarta. Anatomi abdomen. EGC. Buku Ajar Ilmu Bedah.Edisi III. DAFTAR PUSTAKA • Widjaja. 2000. H. 2007. Hal: 523-537 • Kapita Selekta Kedokteran. Hal : 21-25. Edisi 2. Jakarta. Wim de Jong.