You are on page 1of 29

Kasus Sudden Death

Jumat, 27 Januari 2017
DPJP: dr. Sigid Kirana LB, Sp.KF
Residen Jaga: 1) dr. Tuntas Dhanardhono, MSiMed
2) dr. Stephanie Renni Anindita
3) dr. Chotimah

KOAS JAGA

1. Ella Anggraini
7. Fara Julizta
2. Riyanda Akbar
8. Hastuti Hs
3. Beby Tria
9. Jessyca Augustia
4. Raisya Farah Monica
10. Kevin Rebo
5. Angelina Massaya
11. Nadia Liem
6. Elisabeth Lidia
12. Yuwen Hulkyawar

SPV .

.

Identitas Umum Jenazah  Jenis kelamin : Laki-laki  Umur : kurang lebih 50 tahun  Berat badan : 45 kg  Tinggi badan : 163 cm  Warna kulit : sawo matang  Warna pelangi mata: warna hitam  Ciri rambut : warna hitam.9 kg/m2) . beruban. ikal. panjang  Keadaan gizi : kesan gizi kurang (IMT: 16.

Batas tidak tegas. bentuk oval. dengan titik pusat dua puluh empat sentimeter di bawah tulang usus kanan. dengan ukuran panjang dua sentimeter dan lebar nol koma lima sentimeter.Identitas Khusus Jenazah a) Tato : tidak ada b) Jaringan parut : terdapat sebuah jaringan parut pada paha kanan sisi depan. warna lebih pucat dari warna kulit sekitar .

Tanda lahir : terdapat sebuah tanda lahir pada paha kiri bagian depan dengan titik pusat dua puluh sentimeter dibawah tulang taju usus kiri. batas tidak tegas. warna kecoklatan d). Cacat lahir : tidak ada f). Pembungkus jenazah: tidak ada . warna hitam. Bentuk oval. pada perabaan lebih menonjol dari kulit sekitar e). dengan ukuran panjang enam sentimeter dan lebar enam sentimeter. dengan titik pusat dua belas sentimeter di sisi kanan garis tengah tubuh dan tiga sentimeter di atas garis mendatar yang melewati kedua putting susu. dengan ukuran diameter nol koma lima sentimeter. batas tegas. bentuk bulat.Tahi lalat : terdapat sebuah tahi lalat pada dada atas kanan.c).

g). merek ‘Tribun Jateng’ tertanggal dua puluh tujuh Januari dua ribu tujuh belas dan tujuh belas Januari dua ribu tujuh belas h) Pakaian : tidak ada .Penutup Jenazah : Dua lembar Koran .

warna krem.Benda disamping jenazah : Sebuah baju kaos. merek “Oakley”. tanpa ukuran.i). bahan katun. dengan tulisan “NYC Surfer” warna hitam dan putih pada bagian depan j) Perhiasan :tidak ada k) Lain-lain : tidak ada .

rahang bawah. pinggang. TEMUAN YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU TERJADINYA KEMATIAN Lebam mayat : terdapat pada tengkuk. warna merah keunguan. Pembusukan : tidak ada . hilang dengan penekanan Kaku mayat : terdapat pada kelopak mata. Anggota gerak atas. punggung. dapat dilawan. sulit dilawan.

c. b. Dubur kelainan. 1)Lingkaran dubur : tidak ada Wajah: tidak ada kelainan kelainan. Kepala : h. Dada : tidak ada kelainan e. Bokong : tidak ada kelainan Daerah berambut :Tidak ada i. Perut: tidak ada kelainan f. TEMUAN DARI PEMERIKSAAN TUBUH BAGIAN LUAR 1. Punggung : tidak ada kelainan . Bahu : tidak ada kelainan d. Pinggang: tidak ada kelainan a. Permukaan Kulit Tubuh g. 2)Liang dubur : tidak ada kelainan. Leher : tidak ada kelainan.

1)Anggota gerak atas: ujung jari dan jaringan dibawah kuku tampak kebiruan 2) Anggota gerak bawah: ujung jari dan jaringan dibawah kuku tampak kebiruan. . Anggota gerak .j.

2. tidak ada kelainan. • Kelopak mata : Tidak ada kelainan. tidak ada kelainan . diameter 5 mm. • Selaput bening mata : tampak keruh. tidak ada kelainan. kanan dan kiri sama. Bagian Tubuh tertentu: Mata • Alis mata : Warna hitam. terdapat lingkar penuaan • Selaput biji mata : terdapat pelebaran pembuluh darah • Manik mata : bentuk bundar. • Selaput kelopak mata : tampak pucat. tidak ada kelainan • Bulu mata : Warna hitam.

. -) Lubang Hidung : tidak ada kelainan. Hidung : -)Bentuk hidung : tidak ada kelainan -)Permukaan kulit hidung : tidak ada kelainan. -)Permukaan daun telinga : tidak ada kelainan -)Lubang telinga : tidak ada kelainan. b).a). Telinga : -Bentuk telinga : tidak ada kelainan.

2)Selaput lendir mulut : tampak kebiruan 3)Lidah : tidak ada kelainan. 4)Rongga mulut: tampak cairan warna bening ketika kepala dimiringkan. . Mulut : 1)Bibir atas : tampak pucat.

Gigi-geligi Gigi rahang atas : Kanan : lengkap. gigi geraham belakang ketiga sudah tumbuh Kiri : lengkap. gigi geraham belakang ketiga sudah tumbuh Kiri : lengkap. gigi geraham belakang ketiga sudah tumbuh . gigi geraham belakang ketiga sudah tumbuh. Gigi rahang bawah : Kanan : lengkap.

Pelir: Sudah disunat. tidak ada kelainan. Alat kelamin : laki-laki . terdapat cairan warna putih bening pada ujung pelir -Buah pelir: teraba dua buah biji pelir dalam kantung pelir.e. .

Tulang Tulang tengkorak : tidak ada kelainan. Tulang anggota gerak : tidak ada kelainan .Tulang . Tulang-tulang panggul : tidak ada kelainan. Tulang belakang : tidak ada kelainan Tulang-tulang dada : tidak ada kelainan. Tulang-tulang punggung : tidak ada kelainan.

Pada pemeriksaan luar tidak didapatkan tanda kekerasan. Kesimpulan  Berdasarkantemuan-temuan yang didapatkan dari pemeriksaan atas jenazah tersebut maka saya simpulkan bahwa jenazah adalah seorang laki-laki. kesan gizi kurang. umur kurang lebih lima puluh tahun. Sebab kematian tidak dapat ditentukan sesuai permintaan penyidik . Didapatkan tanda mati lemas.

TINJAUAN PUSTAKA .

. kematian –WHO- yang terjadi dalam 1 jam setelah timbulnya gejala. SUDDEN DEATH Kematian yang terjadi dalam waktu 24 jam sesudah timbul gejala-tanda penyakit yang tak terduga menyebabkan kematian dengan keadaan sebelumnya korban normal Definisi yang lebih tegas.

ETIOLOGI SUDDEN DEATH .

SISTEM KARDIOVASKULAR PENYAKIT JANTUNG ISKEMIK PENYAKIT KATUP JANTUNG  Penyempitan atau spasme pada arteri koronaria dapat  Penyakit degeneratif pada menyebabkan insufiensi aliran usia tua menyebabkan darah yang mengakibatkan terjadinya sianosis aorta iskemik miokard yang dapat atau ruptur katup jantung. menyebabkan infark miokard. PENYAKIT PEMBULUH DARAH KARDIOMIOPATI ALKOHOLIK  Aneurisma dapat menyebabkan  Langsung : karena efek toksik ruptur aorta  Tidak langsung : dikonsumsi  Koartktasio dapat bersamaan obat psikotropik menyebabkan ruptur dan diseksi aorta .

dan  Asma. &  Abses Chocking  PNEUMOTORAKS . PPOK.SISTEM PERNAPASAN PERDARAHAN ASFIKSIA  Pneumonia  TB PARU  Spasme saluran  CA PARU napas  Bronkiektasis.

SISTEM SARAF MENINGITIS  Infeksi yang terjadi pada selaput otak SYOK  Terjadi gangguan sirkulasi darah yang dapat menyebabkan terjadinya perfusi jaringan dan organ yang tidak adekuat .

SISTEM PENCERNAAN PENYAKIT ESOFAGUS DAN PENYAKIT USU HALUS . hernia femoralis dan valvulus PENYAKIT PADA HATI  Hepatitis virus yang luas yang dapat menyebabkan nekrosis luas . USUS LAMBUNG BESAR DAN PANKREAS  Pecah varises esofagus  komplikasi peritonitis dan (komplikasi sirosis hepatis) ganggren usus  Perdarahan akibat gasritis  strangulasi hernia kronis/ulkus peptikum inguinalis.

Eklampsia dan toksemia pada kehamilan .SISTEM UROGENITAL  Uremia .Ketidakseimbangan elektrolit .Fase terminal .

ANALISA KASUS .