You are on page 1of 21

PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP

PERUSAHAAN PENAMBANGAN LEGAL
TERHADAP ALIH TANGAN DARI
PENAMBANGAN RAKYAT YANG
BERDAMPAK PADA PENGARUH SOSIAL
EKONOMI ETIKA DAN BUDAYA
MASYRAKAT KALI GENDOL , DESA
KEPUHARJO, KECAMATAN
CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN,

MUHAMMAD ABDANI RIZKYANSAH NIM 16310037
EYEN JULIANDHINI NIM.16310042
I GEDE SURYA ARDINATA NIM 16310044
MUHAMMAD ALI NAZRIN NIM 16310049
MARTYSON YUDHA PRAWIRA NIM 16310062

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Mahasiswa ITY
Teknik Pertambangan
Studi Kasus
ISBD di Kali Gendol

Metode Interview

METODE INTERVIEW Mengenai Pandangan Masyarakat Bila ada perusahaan ikut serta dalam penambangan pasir di Kali Gendol .

KABUPATEN SLEMAN. KEC. DIY . CANGKRINGAN. LOKASI KESAMPAIAN DAERAH DESA KEPUHARJO.

Gunung Merapi Lahar Dingin Penambangan Rakyat .

Penambangan Rakyat .Surat Keputusan Bupati Sleman Nomor 167 tahun 2012 tentang Normalisasi Aliran Sungai Pasca Erupsi Gunungapi Merapi.

KEGIATAN PENAMBANGAN RAKYAT DI SEKITAR KALI GENDOL Masyarakat Kegiatan Penambangan Pasir KESEJAHTERAAN Dikelola oleh Individu tertentu MASYARAKAT Dikelola oleh koperasi Dikelola Lembaga Swadaya Masyarakat .

memiliki keinginan pihak perusahaan atau pemrakarsa ikut berkecimpung dalam kegiatan penambangan pasir. Saya Boleh Ikut Investor / Pemrakarsa Penambangan Pasir Perusahaan Legal . Kebutuhan Pasir Meningkat.

Harus ada persetujuan Investor / Pemrakarsa Pemerintah Perusahaan Legal Boleh atau tidak Menambang . Harus ada izin 2. PEMRAKARSA DAN PEMERINTAH 1.

Merasa Stress Masyarakat Investor & Pemerintah Deal 1. PEMRAKARSA DAN MASYARAKAT Perusahaan masuk ke Lokasi Penambangan yangs sebelumnya dipegang oleh masyarakat : 1. Dampak Ekonomi Investor menyikapinya ? 3. Dampak Etika & Budaya . Dampak Sosial Bagaimana Pihak 2. Merasa Gelisah 2. Merasa Takut 3.

DAMPAK SOSIAL Proses Recruitment / Lowongan Pekerjaan Lowongan Kerja Investor / Pemrakarsa Perusahaan Legal Pemrakarsa selalu memprioritaskan karyawan dari daerah lokasi dengan meninjau keperluan tenaga yang diperlukan oleh perusahaan .

untuk Kesejahtreraan masyarakat Sekitarnya ?? Bagaimana ?? Pemraakrsa . DAMPAK EKONOMI Ekonomi Finansial Masyarakat Dari Kegiatan Penambangan Pemrakarsa berpikir.

Pemrakarsa & Masyrakat Deal Pemrakarsa & Karyawan Lokal Distribusi Pasir. Andil dengan UMP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT . Bagi Gaji disesuaikan Hasil.

DAMPAK ETIKA DAN BUDAYA Perusahaan masuk ke Lokasi Penambangan yangs sebelumnya dipegang oleh masyarakat : 1. PERILAKU ADAT ISTIADAT ETIKA & KEBUDAYAAN . Merasa Takut 3. Merasa Stress Masyarakat SIKAP. Merasa Gelisah 2.

MENGADAKAN SOSIALISASI BERKAITAN KEGIATAN PENAMBANGAN DI KALI GENDOL .

SOSIALISASI YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK PEMRAKARSA 1. Mobilisasi Alat alat berat 3. Mengetahui adat istiadat setempat . Kegiatan Penambangan di wilayah Lokasi Gendol 2. Kritik dan Saran Masyarakat 5. Jalur – Jalur Pengangkutan / Jalur Hauling 4.

Jam Aktivitas Masyrakat Setempat 2. dengan ambang batas tertentu . Tidak mengendarai truck secara kencang . Tidak Menggangu Jam Kerja.MOBILISASI ALAT BERAT DAN JALUR HAULING 1.

ikut serta dalam kegiatan kebudayaan atau memberikan bantuan secara materi maupun non materi . Tidak merusak cagar budaya disekitarnya 3.SIKAP PEMRAKARASA TERHADAP KEBUDAYAAN DI LOKASI KERJA 1. Menghormati Kebudayaan di Lokasi kerja 2. Berperilaku andil.

KESIMPULAN MASYARAKAT SELALU MENERIMA AKAN KEHADIRAN PERUSAHAAN ATAU PEMRAKARSA ATAU INVESTOR YANG IKUT ANDIL DALAM KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR TETAPI DENGAN MEMBERIKAN DISTRIBUSI. BAGI HASIL DAN ANDIL SERTA TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN SEKITARNYA DALAM KEGIATAN PENAMBANGAN DALAM UPAYA PENGEMBALIAN NORMALISASI SUNGAI PASCA ERUPSI GUNUNG DENGAN MENGAGENDAKAN KEGIATAN SOSIALISASI SEBELUMNYA BILA TIDAK ADA PIHAK MASYARAKAT AKAN KERAS UNTUK MENOLAK. .