You are on page 1of 17

Pendidikan Matematika dan Ilmu Alam

Jurusan Kimia 2009
Universitas Sriwijaya
Indralaya

Sel elektrokima berupa : o Sel galvani atau sel volta o Sel elektrolisis .

 Contoh reaksi spontan : reaksi antara logam seng dengan larutan tembaga (II) sulfat. Sel galvani mensyaratkan terjadinya reaksi redoks spontan yang kemudian dirangkaikan sedemikian rupa agar menghasilkan arus listrik yang dapat menghasilkan kerja. .

Dan larutan dipisahkan dengan membran berpori seta dihubungkan dengan sirkuit luar .Rangkaian setengah sel yang satu terdiri dari logam seng yang dicelupkan ke dalam larutan seng (II) sulfat dan setengah sel yang lainnya terdiri dari logam tembaga Cu yang dicelupkan ke dalam larutan tembaga (II) sulfat.

.

o Elektroda Zn sebagai anoda & elektroda Cu bertindak sebagai katoda o Terjadi arus elektron dari elektroda seng ke elektroda tembaga o Logam seng bertindak sebagai kutub negatif dan logam tembaga bertindak sebagai kutub positif. .

 Zn2+(aq) + Zn(s) + Cu2+ Cu(s) (aq)  Zn (s Zn 2+ + 2e (reaksi (aq) ) oksidasi) Cu2+ (aq) + 2e Cu (s) (reaksi reduksi) .

o Terdapat jembatan garam yang berbentuk U yang diisi agar-agar yang dijenuhkan dengan KCl. o Jembatan garam berfungsi untuk menjaga kenetralan muatan listrik pada larutan. .

o Reaksi: o Zn (aq) + Cu(s)  Zn(s)+Cu(aq) Reaksi tersebut dapat terjadi jika pada sel Daniell diterapkan beda potensial listrik dari luar yang besarnya melebihi potensial sel Daniell.o Sel elektrokimia yang menimbulkan terjadinya reaksi redoks tak spontan dengan adanya energi listrik dari luar. .

Dari gambar sel elektrolisis tersebut dapat dilihat bahwa sel elektrolisis tidak selalu terjadi dalam satu wadah dengan satu elektrolit dan dua elektroda yang sama. .contohnya lelehan NaCl dengan elektroda platina.

.

anoda.Fungsi : Mengimformasikan jenis elektrolit yang kontak dengan elektroda termasuk konsentrasi ion-ionnya. dan katodanya serta pereaksi dan hasil reaksi setiap setengah-sel .

setengah sel anoda ditulus terlebih dahulu.• Pada notasi sel. diikuti dengan setengah sel anoda • Satu garis vertikal menggambarkan batas fasa • Garis vertikal putus-putus digunakan utnuk menyatakan batas diantara dua cairan yang saling melarutkan. .

•Dua spesi yang ada dalam fasa yang sama dipisahkan dengan tanda koma •Garis vertikal rangkap dua digunakan untuk menyatakan adanya jembatan garam •Untuk konsentrasi dinyatakan dalam tanda kurung setelah penullisan rumus kimia. .

1.00m) Cu (s) .00m) Cu2+ (1.00m) Cu2+ (1.00m) Cu (s) Zn(s) Zn2+ (1.Elektroda sebelah kanan (katoda) Zn(s) Zn2+ (1.00m) Cu (s) Pt Fe2+.Elektroda sebelah kiri (anoda) Zn(s) Zn2+ (1.00m) Cu2+ (1. Fe3+ H+ H2 Pt 2.

Zn(s)  Zn2+(aq) + 2e (reaksi oksidasi) Cu2+ (aq) + 2e  Cu(s) (reaksi reduksi) Zn(s) + Cu2+ (aq) Zn2+(aq) + Cu(s) .

Merci Sukron Grazie Trimokaseh Danke Matur nuwun Bedankt Nuhun pisan Gracias Siesie Hvala Kiitos Thank you Tack СПАСІБO Obrigado Ευχαριστω Teşekkür ederim Köszönöm .