You are on page 1of 14

PENYAJIAN DATA

Oleh :
MHD. FAISYAL LUBIS,
SKM,MPH

B. Grafik 4. Tabel 3. Tulisan (Textular) 2. Diagram . Pengertian Peyajian Data adalah merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penyajian data terdiri beberapa macam : 1.A.

dan berperan sabagai hasil penelitian kualitatif. 1. Misal : untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang Imunisasi di Kec. psikologi. ekonomi. kesehatan. Tulisan (textular) Penyajian dalam bentuk tulisan banyak digunakan dalam penelitian dibidang sosial. Luhak Nan Duo .

2. Penyajian dalam bentuk tabel banyak digunakan dalam penulisan hasil laporan kuantitatif dengan jenis penelitian analitik dengan maksud agar orang mudah memperoleh gambaran rinci tentang hasil penelitian yang dilakukan. . Tabel Penyajian dalam bentuk angka (data numeric) yang disusun dalam kolom dan baris yang bertujuan untuk menunjukkan frekuensi kejadian dalam kategori yang berbeda.

.. . Judul Kolom Judul Baris Sel Sel Sel Sel Sel Sel Sel Sel Sel Sumber : ……………. ………………….Format Tabel : Tabel.

2013/2014 N Jenis Tingka Tingka Tingka o Kelamin tI t II t III Laki-laki 13 13 19 Perempuan 57 56 71 Total 70 69 90 Sumber : Stikes “A” Padang .A.Contoh Tabel : Tabel 2. Banyaknya mahasiswa Stikes “A” Padang menurut tingkat dan jenis kelamin T.

Tabel Distribusi Frekuensi Distribusi Frekuensi adalah penyusunan suatu data mulai dari terkecil sampai terbesar yang membagi banyaknya data kedalam beberapa kelas. Tabel Distribusi Frekuensi adalah tabel yang hanya menggambarkan 1 variabel. .a.

Contoh : Tabel 1. Distribusi Mahasiswa Akbid “X” Padang berdasarkan Nilai Ujian Biostatistik Tahun 2014 Nilai Ujian Jumlah Mahasiswa Biostatistik (n) 60-64 2 65-69 6 70-74 15 75-79 20 80-84 17 Jumlah 60 .

Tabel Silang (Cross Tabulation) Tabel Silang adalah tabel distribusi frekuensi yang dapat disajikan untuk dua variabel atau lebih.b. . Tabel silang dapat disajikan menggunakan persentase pada total baris atau persentase pada total kolom.

Contoh : Tabel 2. Distribusi Responden berdasarkan kebiasaan Merokok dan Kejadian Kanker Paru-Paru Merokok Tdk Jumlah Merokok Kanker 10 0 10 T. Kanker 4 5 9 Jumlah 14 5 19 .

. Grafik Grafik adalah suatu metoda yang menunjukkan data kuantitatif menggunakan sistem koordinat (biasanya sumbu x dan y). Ditiap sumbu dituliskan skala pengukuran dari masing-masing variabel. sedang sumbu y untuk variabel terikat (dependent variabel) seringkali frekuensi. Pada umumnya sumbu x digunakan untuk variabel bebas (independent variabel) atau metode klasifikasi. 3.

a. . Histogram Histogram adalah grafik yang menggambarkan suatu distribusi frekuensi dengan bentuk beberapa segi empat.

Jumlah Frekuensi (F) 16 14 12 10 Jumlah 8 Frekuensi (F) 6 4 2 0 1 2 3 4 5 . Poligon Frekuensi Poligon frekuensi adalah grafik garis yang menghubungkan nilai tengah tiap sisi atas yang berdekatan dengan nilai tengah jarak frekuensi mutlak masing-masing.b.

Ogive Ogive adalah distribusi frekuensi kumulatif yang menggambarkan diagramnya dalam sumbu tegak dan mendatar.c. Frekuansi K um ulatif 25 20 15 Kurang dari 10 Lebih dari 5 0 1 2 3 4 5 6 Interval kelas .