You are on page 1of 13

BIOTEKNOLOGI

STEM CELL/SEL PUNCA

Disusun Oleh:
DEWI ARISANDY (153112620120106)
FITRI
NOFI

SEL PUNCA sel yang paling primitif di dalam tubuh kita. dan dapat berkembang menjadi organ- organ lain yang memiliki Pengertian fungsi spesifik .

kornea. lemak. • memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi tulang. dan telah digunakan untuk memperbaiki organ-organ . saraf. dan sel tulang rawan.Sel Punca dalam tali pusat bayi yang baru lahir • darah yang tersisa dalam pembuluh darah tali pusar bayi yang baru lahir dan plasenta setelah kelahiran • tali pusar mengandung sel induk berharga yang bisa digunakan dalam berbagai perawatan medis. seperti regenerasi sel darah dan imun yang sehat setelah kemoterapi.

memanfaatkan Sel Punca dari tali pusat .

Penyakit yang dapat disembuhkan oleh sel punca tali pusat .

Siapa saja yang dapat memanfaatkan sel punca tali pusat ? • Keluarga dengan riwayat kelainan darah dan kanker • Keluarga kecil. maka darah ini dapat disimpan selamanya. sehingga dapat digunakan untuk transplantasi. keluarga dengan anak tunggal. kehamilan yang sulit atau terlambat atau pasangan kurang subur • Perkawinan campur (dari etnis yang berbeda • Kelahiran anak pertama lama sel punca tali pusat dapat di simpan Darah tali pusat disimpan dalam temperatur yang sangat rendah dalam nitrogen cair. Literatur yang pernah diterbitkan telah menunjukkan bahwa sel punca yang disimpan selama 15 tahun tetap dapat mempertahankan viabilitasnya dan mampu berproliferasi. .

cara menyimpan sel punca tali pusat sampel darah tali pusat disimpan di 2 lokasi. . sehingga dapat memperbaiki jaringan yang rusak menjadi sehat. • Dapat didorong untuk membentuk jaringan atau organ dengan fungsi yang spesifik. • Dengan kemampuan regeneratif nya sehingga memungkinkan untuk dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti : diabetes dan penyakit jantung. bahkan ketika sel ini sudah inaktif dalam waktu lama. Menyimpan sel induk di beberapa unit. untuk menyediakan kapasitas dalam beberapa kali penggunaan jika diperlukan dan merupakan langkah ekstra dalam menyimpan unit darah tali pusat di dua lokasi terpisah sebagai tambahan keamanan. Sel Punca penting karena: • Sel puncak tidak terspesialisasi yang mampu memperbaharui sendiri melalui pembelahan sel.

Yang unik dari sel punca .

SEL PUNCA .

hati. kulit. Bagian tubuh YANG TERDAPAT Sel Punca Dewasa SUMSUM TULANG JARINGAN PULPA GIGI ADIPOSA otak. usus. epitel ovarium. darah perifer. pembuluh darah. sumsum tulang. jantung. dan testis . gigi. otot rangka.

dilakukan dengan menginduksi paksa ekspresi gen tertentu sehingga mirip dengan sel sel induk majemuk seperti sel embrio.Perbedaan sel punca embrio dan dewasa • Sel embrio dapat berubah menjadi semua jenis sel. sedangkan sel dewasa terbatas • Sel embrio dapat tumbuh relatif mudah. . Induksi sel pluripotent Adalah Sel dewasa yang di program kembali seperti sel embrio. sedangkan sel dewasa relatif sulit • Persamaan sel punca embrio dan dewasa Sel embrio dan sel punca sama sama akan mengalami penolakan setelah proses transplantasi.

Terapi kebehasilan sel punca tergantung pada beberapa factor diluar dari sel punca pasien sendiri. termasuk kondisi pasien. potensi dan hambatan penggunaan sel punca Potensi yang paling penting dari sel punca manusia adalah generasi dari sel dan jaringan yang dapat digunakan untuk terapi berbasis sel Hambatan penggunaan sel punca masih dipandang sebagai metode pengobatan yang masih bersifat eksperimen. hubungan kecocokan penerima dan donor. .

TERIMAKASIH .