You are on page 1of 5

HUBUNGAN LAYANAN

KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT
KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP
DI PUSKESMAS SUMBERSARI
KABUPATEN JEMBER

Silvi Herawati
Alif Ulviatul M
Septi Faiziyah
Rika Ariyanti
Adhitia Ambar R

Aspek Kuesioner Ordinal Layanan tidak Independen pasien rawat perhatian. baik= 1 : Layanan Inap b. baik= 2 n pelaksanaan c.N Variabel Definisi Parameter Alat Skala Skor o Operasional Ukur 1 Variabel Persepsi a. 3 d. Aspek Layanan kurang Keperawata mengenai penerimaan. Aspek Layanan baik= keperawatan komunikasi. Aspek Layanan sangat kerja sama. Aspek tanggung jawab. baik= 4 e. 2 Variabel Perasaan Selisih antara Kuesioner Ordinal Tingkat Dependen : pasien rawat harapan kepuasan Tingkat inap yang pasien pada sangat Kepuasan muncul pelaksanaan rendah= 1 Pasien akibat keperawatan Tingkat Rawat Inap pelaksanaan dan kepuasan keperawatan persepsi rendah= 2 yang pasien pada Tingkat diperolehnya pelaksanaan kepuasan keperawatan sedang= 3 Tingkat kepuasan tinggi= 4 Tingkat kepuasan .

2.Populasi dan Sampel 1. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh sampel . Peneliti menentukan populasi pada penelitian ini menggunakan rata- rata jumlah pasien rawat inap perbulan dalam periode tahun 2012 di ruang rawat inap Puskesmas Sumbersari yaitu sebanyak 221 pasien. Sampelnya menyatakan bahwa untuk populasi yang kecil dibutuhkan paling tidak 20% dari populasinya. Populasinya adalah pasien rawat inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember.

Purposive sampling termasuk dalam non probability sampling. peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil tidak secara acak.Teknik Sampling Teknik sampling yang digunakan dalam skripsi ini adalah purposive sampling. tapi ditentukan sendiri oleh peneliti. Teknik pengambilan sampel secara sengaja. .

TERIMA KASIH .