You are on page 1of 10

BIOSISTEMAT

IK
OLEH
MASTIKA M.U

4 hal penting dalam mempelajari biosistematik pengenalan pertelaan penggolongan kekerabatan .

BIOSISTEMATIK back .

Manfaat biosistematik back .

kekerabatan  Monofiletik  Non-monofiletik .

protista Protista mirip tumbuhan Protista mirip hewan Protista mirip jamur .

. menempel pada tumbuhan sebagai (epifitik). seperti fikosianin (warna biru). fikosantin (warna coklat). batang. xantofil (warna kuning) dan karotena (warna keemasan).Protista mirip tumbuhan  merupakan organisme Eukariotik  ada yang uniseluler (bentuk benang/pita) dan ada yang multiseluler (bentuk lembaran). dan menempel pada tubuh hewan (epizoik). tanah/lumpur/pasir (epipalik). fikoeritrin (warna merah). pembelahan. tempat lembab.  Reproduksi secara aseksual (dengan fragmentasi. alga juga memiliki pigmen lain.  Tubuh alga/ganggang tidak dapat dibedakan antara akar. Tubuhnya berupa thalus. pembentukan spora) maupun seksual (dengan oogami dan isogami).  Ada yang menempel pada batuan (epilitik). (thalophyta). sehingga bersifat autotrof. dan daun.  Habitat di perairan (tawar – laut).  Memiliki klorofil.

silia atau flagela . saprofit dan parasit  Alat gerak berupa pseudopia .Protista mirip hewan  Organisme uniseluler (bersel satu)  Eukariotik (memiliki membran nukleus  Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni  Umumnya tidak dapat membuat makananya sendiri (heterotof)  Hidup bebas.

Perubahan bentuk selama siklus hidup 3.Protista mirip jamur  1. Cenderung hidup dalam iklim lembab 4. lendir cetakan (Myxomycetes) . Plasmodial (aseluler).Mereka multisel 2.