You are on page 1of 18

Pengaruh Sistem

Kardiovaskular dan Aliran
Balik Vena pada Kehidupan
Oleh

Claudia Marissa
102013281

Komponen Darah Tekanan Darah. Struktur Mikro Pembuluh darah Struktur Makro Struktur Makro Ekstremitas dan Mikro Jantung Inferior Mekanisme Kerja Jantung dan Enzim-Enzim Rumusan Masalah Aktivitas Listrik Jantung Jantung Pembuluh Darah. Aliran Balik Vena Mind Map .

Struktur Makroskopis Vaskularisasi Ekstremitas Inferior .

.

Struktur Makroskopik dan Mikroskopik Jantung Makroskopik Jantung Potongan Dinding Jantung .

Lapisan Endotel yang Serat Purkinye Membentuk Katup .

Struktur Mikroskopik Pembuluh Darah .

  lengkap. menentukan jantung.Fungsi dan Jenis Pembuluh Darah Gambaran Jenis Pembuluh Arteri Arteriol Kapiler Vena Jumlah Beberapa ratus* Setengah juta Sepuluh milyar Beberapa ratus* Gambaran Dinding tebal. radius melintang total radius besar*   kecil besar Fungsi Saluran dari Pembuluh Tempat Saluran dari   jantung ke resistensi pertukaran. utama. Khusus sangat elastik. organ ke   organ. berfungsi menentukan distribusi cairan berfungsi sebagai distribusi curah ekstrasel antara sebagai reservoar jantung plasma dan reservoar darah tekanan cairan interstisium *Jumlah dan gambar khusus ini mengacu pada arteri dan vena besar. Dinding tipis. Dinding sangat Dinding tipis. tidak pada cabang arteri atau vena yang lebih kecil . berotot. luas sangat mudah   radius besar* persarafan penampang teregang.

Tekanan Darah Tekanan yang dilakukan darah terhadap pembuluh darah Sistol Diastol Tekanan maksimum pada arteri Tekanan minimum saat darah ketika darah di pompa ke arteri pada berjalan di arteri pada saat diastol saat sistol ventrikel ventrikel .

oleh perbedaan antara Tekanan tekanan arterisistolik rerata =dan tekanan diastolikdiastolik +1/3 tekanan nadi . Tekanan Tekanan ArteriNadi Rata-Rata Denyut Tekananyang rerata dapat yangdirasakan mendorongdi sebuah darah arteri maju menuju yang terletak jaringan dekat dengan permukaan sepanjang kulitsiklus disebabkan jantung.

Vena Faktor-faktor yang mempengaruhi Kapasitas Vena dan Aliran Balik Vena 1. Penyedotan oleh jantung 7. Gravitasi Berfungsi sebagai reservoir darah dan 4. Pernafasan 6. Simpatis 2. Gradien Tekanan yang diciptakan oleh kontraksi jantung . Katupjalan Vena resistensi rendah untuk darah kembali ke jantung 5. Otot Rangka 3.

sel kontraktil 99% -.memompa darah 2. sel otorimik 1% -. Aktivitas Kelistrikan Jantung Kontraksi sel otot jantung berguna untuk menyalurkan darah yang dipicu oleh potensial aksi Terdapat dua jenis khusus sel otot jantung yaitu : 1. sel-sel jantung yang melakukan otoritmitas  Nodus SA  Nodus AV  Berkas His  Serat Purkinye .membentuk potensial aksi 1.

Mekanisme Kerja Jantung Bekerja secara sistem saraf khusus (otonom/diluar kesadaran) .

Setiap kontraksi atrium disertai kontraksi ventrikel 4. SA node merangsang (pemicu/pacemaker) 2. Melalui AV node rangsangan diteruskan ke ventrikel 5.1. Rangsangan menjalar ke serambi lalu ke bilik kanan dan kiri 3. Maka jantung pun dapat berkontraksi . AV node meneruskan ke berkas HIS yang bercabang kanan dan kiri menyusuri septum 6. Impuls diteruskan ke serat purkinye menyebar keseluruh miokardium ventrikel 7.

Enzim-Enzim pada Jantung Laktat Dehidrogenase (LDH) dan Isoenzimnya Kreatinin Kinase Troponin T (cTnT) C-Reactive Protein (CRP) Elektrolit Serum .

Komposisi Darah .

Sirkulasi darah agar berjalan dengan baik diperlukan komponen pendukungnya yang terintegrasi satu sama lain. Kesimpulan Berdasarkan pembahasan dan skenario yang didapat tentara yang melakukan terjun payung pingsan mengalami sirkulasi darah yang tidak lancar sehingga terjadi penumpukan darah. .

Terimakasih  .