You are on page 1of 26

EFISIENSI

PASAR

Laili Maulidiyah (12030113120048)
M. Agus Purnomo (12030113120084)
Annisa Nur Rahida (12030113120089)
Irma Hartyanti (12030113140149)

KELOMPOK
7

Di pasar yang efisien.Pasar Efisien – Pasar efisien Pasar dimana harga semua sekuritas yang diperdagangkan dengan cepat dan sepenuhnya mencerminkan semua informasi yang tersedia.Di pasar yang efisien. . harga pasar saat ini dari sekuritas menggabungkan semua informasi yang relevan. . sehingga : – . harga surat berharga mencerminkan informasi yang tersedia sehingga dapat menawarkan keuntungan yang diharapkan konsisten dengan tingkat risiko.

.

Investor bereaksi dengan cepat dan sepenuhnya terhadap informasi baru . jumlah besar rasional. investor memaksimalkan keuntungan –. Informasi bebas biaya dan banyak tersedia untuk pelaku pasar sekitar pada waktu yang sama 3. Informasi yang dihasilkan secara acak sehingga pengumuman pada dasarnya independen satu sama lain 4. Aktif berpartisipasi dalam pasar –.Kondisi untuk Pasar Efisien 1. Individu tidak dapat mempengaruhi harga pasar 2.

Konsekuensi dari Pasar Efisien – Penyesuaian harga yang cepat dalam menanggapi kedatangan informasi acak – Harga mencerminkan semua informasi yang tersedia – perubahan harga yang terjadi independen satu sama lain dan bergerak secara acak .

Data tingkat pasar bentuk semi kuat (Semistrong).semua informasi (non publik) . – Tiga tingkat Efisiensi Pasar bentuk lemah (Weak) .informasi publik bentuk yang kuat (Strong).Bentuk Efisiensi Pasar – hipotesis pasar yang efisien / Efficient Market Hypothesis (EMH) Sampai sejauh mana pasar sekuritas dengan cepat dan sepenuhnya mencerminkan informasi yang tersedia.

.

.

Pengujian Pasar yang Efisien Konsistensi dari pengembalia n yang melebihi risiko Kunci dari Pengujia n Pasar Jangka waktu dari efiseinsi pengembali an yang diperoleh .

– Terdapat 2 cara utama Uji statistik Menguji aturan independensi perdagangan perubahan tertentu harga saham .Pengujian Weak-Form – Uji untuk indenpensi (keacakan) dari perubahan harga saham.

Pengujian Semistrong Form Evidence – Event   studiesadalahpenelitian yang ditujukanuntukmembuktikanadanyadampakpen gumumaninformasi (event) tertentuterhadaphargasuatusekuritas.E(Rit) – Pengembalian abnormal kumulatif (CAR) = . – Pengembalian abnormal (ARit) =Rit .

.Pengujian Strong Form Evidence – Pengujian ini untuk membuktikan apakah pihak insider perusahaan dan kelompok investor tertentu yang dianggap mempunyai akses informasi lebih baik. dapat memperoleh return abnormal dibandingkan dengan return pasar umumnya.

Perilaku Keuangan (BF) & Anomali Pasar – BF : mempelajari perilaku investasi yang didasarkan pada keyakinan bahwa investor tidak selalu bertindak rasional. – Anomali pasar : strategi yang muncul yang mana bertentangan dengan konsep pasar efisien. – Investasi berlawanan : teori yang membayar pasar kontras pada banyak investor. .

Bagian yang tidak diharapkan bagian yg tidak diantisipasi oleh investor pada saat pengumuman dan memerlukan penyesuaian pada harga saham . Bagian yang diharapkan bagian yg diantisipasi oleh investor pada saat pengumuman dan tidak memerlukan penyesuaian pada harga saham 2.Pengumuman Earning 1.

Standardized Unexpected Earnings (SUE) –  Merupakan sebuah variabel yang digunakan untuk memilih saham biasa. – SUE . yang diperhitungkan sebagai rasio earning yg tidak diharapkan pada faktor standarisasi.

. – Reinganum membuktikan secara empiris bila P/E effect terkait erat dengan size effect.Rasio P/E yang Rendah – anomali yang memperlihatkan bila saham dengan rasio P/E yang rendah memiliki return lebih tinggi dibanding saham dengan rasio P/E tinggi. – Lebih lanjut Fama & French menemukan bila P/E effect ini akan hilang apabila dilakukan kontrol terhadap ukuran dan market to book perusahaan. – Apabila pasar memang efisien maka seharusnya tidak ada hubungan antara rasio P/E dengan return.

.Efek Ukuran – anomali perusahaan yang diungkapkan oleh Banz melalui studinya yang menunjukkan bahwa adanya kecenderungan saham-saham perusahaan kecil mempunyai return yang lebih tinggi dibanding saham-saham perusahaan besar.

adalah anomali musiman yang memperlihatkan apabila return di bulan Januari cenderung lebih tinggi dibanding return di bulan lain. . Kecenderungan ini lebih besar pada perusahaan kecil dan terjadi pada lima hari pertama perdagangan di awal bulan.Efek Januari – January effect.

. berdasarkan perhitungan Value Line atau garis nilai. Jajaran ketepatan waktu. hal ini telah tersedia sejak tahun 1965. Kinerja lima kategori peringkat sudah sangat kuat. diperbarui setiap minggu. Value Line ranks masing-masing sekitar 1. mencakup dari 1 (terbaik) sampai 5 (terburuk) berdasarkan “timeliness" atau kemungkinan kinerja harga relatif dalam 12 bulan ke depan. THE VALUE LINE RANKING SYSTEM Sebuah jasa penasihat investasi yang sangat terkenal.700 saham.

.

Beberapa investor dengan skill atau kemampuan tertentu akan mampu mendeteksi divergen antara harga dengan nilai yang bersifat semistrong untuk mendapatkan profit. Sebenarnya. . namun teori yang dihasilkan tidak bersifat mutlak. kondisi pasar yang ada sudah sangat efisien akibat adanya beragam penelitian tersebut walaupun dalam kenyataannya masih belum secara total. BEBERAPA KESIMPULAN MENGENAI EFISIENSI PASAR Meskipun sudah dilakukan penelitian menggunakan beragam metode dan menghasilkan beragam temuan.

BEHAVIOR FINANCE AND EFFICIENT MARKET Akan muncul Behavior pertanyaan Rasionalitas Financial / mengenai merupakan Perilaku bagaimana prinsip utama keuangan seseorang dari perilaku diperlukan ? membuat keputusan .

.

Q&A NAMA Q NAMA Q NAMA Q .

Q&A NAMA Q NAMA Q NAMA Q .