You are on page 1of 11

Multiple

sclerosis
Lumintang,meiva jeane
Lindo,yulli

definisi  multiple sclerosis atau MS adalah kronis. Namun. sementara penyebab MS tidak jelas itu diduga terkait dengan sistem immun terganggu menyusul infeksi virus yang memulai suatu respon autoimun . penyakit degeneratif di mana demielinasi otak dan sumsum tulang belakang menyebabkan kerusakan pada jalur saraf dan fungsi lossof ke daerah yang terkena. Dease adalah progresif. pasien mungkin mengalami periode remmision sebelum kekambuhan lagi.

2003) tanda- tanda dan gejala umum dirangkum dalam kotak .Patofisilogi Multiple Sclerosis  Multiple sclerosis mempengaruhi terutama materi putih otak dan sumsum tulang belakang dengan menyebabkan bidang demylination dan rincian dari shath myelin yang mengelilingi serabut saraf dan akson (lihat gambar 10.5) mencegah konduksi impuls saraf yang normal  tanda-tanda dan gejala MS sangat bervariasi dari pasien ke pasien dan dapat sangat dari waktu ke waktu di sama (Hickey.

Pharmacological management of Multiple Sclerosis  sementara MS adalah anincurable. terapi obat jatuh ke dalam dua pengobatan kategori besar untuk memperlambat atau menghentikan proces penyakit dan pengobatan untuk mengelola gejala multiple Sclerosis . penyakit sangat melemahkan itu jarang fatal (Monahan 2007) dan terapi obat dapat membantu dengan manajemen kondisi.

.

 perawatan untuk mengelola gejala MS meliputi:  baclofen untuk mengobati kelenturan otot  pelunak tinja dan pencahar untuk mengelola sembelit  oxybutynen (Ditropan) untuk mengelola fungsi bledder  fluoxetine (Prozac) imitriptyline (elavil) atau imipramine (Tofranil) untuk mengobati depresi . pengobatan untuk menangkap proses penyakit termasuk penggunaan interferon dan steroid misprednisolon yang dapat digunakan untuk mengobati kambuh akut dan pemulihan bantuan.

oleh karena itu. gangguan koordinasi dan defisit sensorik  pevention komplikasi yang berhubungan dengan imobilitas dan kelemahan fisik  memastikan bahwa kegiatan pasien hidup terpenuhi .Nursing management MS  karena sifat anpredictable dari perkembangannya. perawat memainkan peran kunci dalam proses ini dan pertimbangan keperawatan utama termasuk:  meminimalkan risiko cedera karena kelemahan. perawatan pasien dengan MS akan memerlukan pendekatan multidiscriplinary untuk memastikan bahwa semua aspek perawatan pasien terpenuhi. pasien dan keluarga mereka dengan banyak tantangan. MS menyajikan perawat.

TANDA DAN GEJALA MS  Kelemahan otot / perasaan berat ke kaki  mati rasa untuk facctor atau extremitas  hilangnya memori jangka pendek  defek lapang pandang  disfungsi kandung kemih dan usus  disfungsi seksual  kelelahan .

KESIMPULAN .

misalnya menjaga stres minimal reducting risiko infeksi . menyediakan pasien dengan pendidikan dan dukungan psikologis untuk memahami dan beradaptasi dengan sifat tak terduga dari penyakit mereka  mendidik pasien tentang bagaimana untuk menghindari kambuh mana mungkin.

THANK YOU .