You are on page 1of 19

Perhatikan dengan baik bagaimana resistor basis dikembalikan ke kolektor dan bukan ke pencatu daya. Inilah yang membedakan bias umpan balik kolektor dengan bias basis .• Rangkain Bias Umpan Balik Kolektor ditunjukan pada Gambar di bawah ini. Bias ini memberikan kesederhanaan (hanya 2 resistor) dan respon frekuensi rendah yang baik.

VCC 15V RC 1.0k Q1 RB 200k 2N1711 .

KONSEP UMPAN BALIK Untuk menggerakkan (to drive) resistor basis. Ini memasukkan umpanbalik yang membantu mengurangi efek dari βdc terhadap titik Q . kita tidak menggunakan tegangan catu yang tetap yang dipasang pada resistor basis. tetapi menggunakan tegangan kolektor.

Misalkan kenaikan temperatur menyebabkan βdc bertambah. . tegangan kolektor emitter berkurang (jatuh tegangan yang lebih besar terjadi pada Rc). Hal ini dapat menyebabkan arus pada kolektor bertambah. Tetapi segera setelah arus pada kolektor bertambah.Kerja dari umpan balik.

Tanpa umpan balik. menggerakkan (drives) resistor basis. Bagian yang selanjutnya memastikan efek dari perubahan dalam βdc . arus kolektor tidak bertambah dengan cepat seperti βdc. arus kolektor berbanding lurus dengan βdc . Karena itu.Ini berarti tegangan yang lebih kecil. mengurangi pertambahan arus kolektor yang semula. arus basis yang lebih renah. tetapi dengan umpan balik. yang menyebabkan arus basis berkurang.

Rc Bila Rb sama dengan βdc.Rc. • Vce = Vcc-Ic. tegangan kolektor emitter hampir sama dengan setengah tegangan catu. tegangan kolektor-emitter adalah tegangan catu dikurangi jatuh tegangan pada resistor kolektor.RUMUS-RUMUS ANALISIS DAN DESAIN • Ic = Vcc – Vbe Rc + Rb/βdc Ini adalah arus dalam daerah aktif. . Bias titik tengah (Vce=Vcc/2) berarti titik Q berada di tengah garis beban dc. Seperti biasa.Rc • Rb = βdc. Karena arus basis jauh lebih kecil daripada arus kolektor.

Rata Rata Geometris dari βdc Seperti telah ditunjukkan. Pada puncak dari ini. . variasi tambahan 3 : I yang disebabkan oleh perubahan temperatur. βdc dari transistor 2N3904 bervariasi dalam jangkauan (range) 3 : 1 jika digunakan ribuan transistor tersebut.

  . (Transistor 2N3904 digunakan secara luas. Ini adalah transistor silikon dengan daya rendah yang dapat menampung arus kolektor sampai 200 mA).Dengan perkataan lain variasi sampai 9 : I adalah mungkin untuk βdc dari transistor 2N3904.

maksimum atau rata-rata? Jika terjadi variasi yang besar dalam βdc.•   berapakah harga βdc yang harus kita gunakan dalam Persamaan (7- 21)? Harga minimum. perancang menggunakan rata-rata geometris yang diberikan oleh : βdc = .

Rata .rata menurut perhitungan yang sederhana .rata geometris ini memberikan hasil yang lebih baik dalam menentukan titik tengah Q daripada penentuan rata .

Contoh soal 7-11 Berapakah harga dari Ic dan Vce dalam gambar dibawah + 25 V 1 KΩ 100 KΩ βdc = 200 .

Penyelesaian •   Dengan persamaan = = 16.2 mA Tegangan kolektor – emitter adalah I’ce = I’cc – Ic Rc = 25 – 0.8 V .0162(1000) = 8.

Contoh 7-12 •Harga   dalam gambar dibawah bervariasi dalam jangkauan (range) 9 : 1 seperti ditunjukan . Pilih sebuah harga dari Rb untuk menset bias titik tengah. + 20 V 1 KΩ Rb   < 450 .

Penyelesaian •Rata   rata geometris adalah = = 150 Dengan persamaan Rb = Rc = 150 × 1 KΩ = 150 KΩ .

Bias Umpan Balik . + Vcc Rc Rb + Vc e - GAMBAR 7-12.

•Dalam   gambar 7-12 .persamaan tegangan kolektor – emitter adalah Vce = Vcc – ( Ic + Ib ) = Vcc – Ie Rc Vce = Vcc - Atau kita dapat juga menjumlahkan tegangan tegangan keliling rangkaian basis untuk mendapatkan Vce = Ib Rb + Vbe Vce = + Vbe .

persamaan tersebut sangat di dekati oleh Ic = .•Atau   dengan menggunakan ruas kanan dari persamaan diatas kita dapatkan + Vbe = Vcc - pemecahan untuk Ic menghasilkan Ic = Karena lebih besar daripada 0.98 untuk kebanyakan transistor .

Dengan perkataan lain persamaan Rb = βdc.Rc adalah aproksimasi yang baik untuk menset bias titik tengah . Setengah dari ini adalah Vcc/2Rc yaitu arus pada bias titik tengah .•Garis   beban dc dalam gambar 7-12 mempunyai arus penjenuhan Vcc/Rc. asalkan anda dapat mengabaikan Vbe .Rc ke dalam persamaan Ic = kita dapatkan Ic = = Jika Vbe dapat diabaikan . Jika kita substitusikan persamaan Rb = βdc.