You are on page 1of 16

SELLING SKILLS PROGRAM

Dwi Retno Andriani

Arti Marketing  Suatu aktivitas menjual suatu produk  Suatu aktivitas mempertemukan antara Penawaran & Permintaan  Suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pembeli  Suatu aktivitas untuk meyakinkan calon pembeli .

Syarat yang harus dimiliki  Menguasai Product Knowledge  Mengerti tentang kebutuhan Calon pembeli  Mampu memberikan alternatif. tidak memaksakan kehendak  Mampu berfikir positif .

Kunci Sukses  Focus pada target  Focus pada kekurangan diri  Meningkatkan kemampuan diri  Semangat dan Selalu ramah .

SELLING SKILLS PROGRAM MEMBUKA dan MENUTUP suatu Pembicaraan Penjual .

3 Hal Dalam Proses Penjualan Membuka Melanjutkan Menyimpulkan .

Apa yang ditanyakan awal bertemu orang ? .

(Nama. Membuka Pembicaraan Family ---. Suami/Istri) Organisation ---.Olahraga ) Message ---. pesan-penting) .Anak.(Tempat kerja.(Kartu nama. pekerjaan) Recreation ---.(Hobby.

3 Faktor yang Mempengaruhi Tujuan Pembicaraan Penjual Penjelasan keuntungan Melakukan Pengecekan .

Melanjutkan. dan Menyimpulkan Melanjutkan Membuka Menyimpulkan Siapa pelanggan itu Tawarkan product Tentukan bersama Meneliti kebutuhan yg sesuai /Focus kapan dapat pelanggan pada kebutuhan merealisasikannya pelanggan Jelaskan secara ringkas proses /administrasi yang harus dipenuhi . Setiap proses penjualan selalu mengandung tiga component yaitu Membuka.

penjual harus mempersiapkan diri untuk memulai/membuka pembicaraan.Tunjukan nilai anda untuk menggunakan waktu pelanggan sebaik mungkin. Contoh pembicaraan yang dianggap baik : Tentukan harapan bersama.Mulailah dengan membuka komunikasi dengan pelanggan. karena dengan pembukaan yang baik ini sangat membantu perkembangan pembicaraan sehingga penjual dapat memperoleh informasi secara maksimal. . Membuka Pembicaraan Penjual Pembicaraan antara penjual dan pembeli/pelanggan selalu bertolak pada pertanyaan “ Mengapa si penjual ada disini” “ Apa keuntungan pembicaraan penjualan ini bagi pelanggan” “ Apakah pelanggan setuju dengan apa yang ingin dibicarakan si penjual “ Sehingga dalam melakukan penjualan . Disetujuinya pembicaraan sejak awal. Tunjukan bahwa anda terorganisir dengan baik.Tercapainya suatu pengertian bersama.

Keuntungan. Contoh : “ Bila Bapak tidak keberatan saya ingin membicarakan.Dalam membuka pembicaraan ada 3 element yang mempengaruhinya adalah Tujuan. Mengecek Tujuan Pembicaraan Penjual Pada dasarnya dalam meletakkan batasan pembicaraan/ pembahasan dan mengarahkan pada sasaran yang hendak dituju . bagaimana kami dapat membantu menyediakan jasa pembayaran gaji karyawan pada perusahaan Bapak “ “ Maksud kedatangan saya adalah untuk membicarakan bagaimana bapak mengatasi mutasi keuangan yang lebih menguntungkan dan mempermudah monitoringnya “ .

MENUTUP PEMBICARAAN PENJUAL Menutup pembicaraan penjual adalah suatu proses yang hanya mengambil bagian 10 % dari total pembicaraan penjual. dan pada saat penutupan penjual akan memperoleh janji si pelanggan yang langkah berikutnya.Usulkan pertemuan dengan orang lain atau atasan pelanggan .Tawarkan informasi yang lebih lengkap atau peragaan tertentu . Simpulkan butir-butir pembicaraan dan cek pengertian pelanggan 2. Langkah-Langkah Menutup Suatu Pembicaraan adalah sbb: 1. meskipun porsinya kecil menutup pembicaraan penjual adalah sangat penting karena hal ini menentukan berhasil atau tidaknya penjualan.Usulkan Jadwal tanggal pertemuan berikutnya .Tawarkan untuk memperkenalkan pelanggan kepada atasan anda . Usulkan langkah-langkah atau tindakan selanjutnya yang hendak diambil : .

 Gagal melakukan tindak lanjut bukan menyampaikan  meremehkan kecerdasan  Tidak mempertahankan prospek hubungan  Tidak memperoleh informasi  Tidak merencanakan waktu lengkap dng effisien/effektive  melakakukan penjualan  Tidak menggunakan contoh tergesa-gesa manusia  Menerima penolakan secara  merendahkan diri sendiri pribadi  Tidak menerima tanggung  Focus pada hal-hal negative jawab  Tidak bersemangat . 25 Kesalahan Penjualan  Tidak terobsesi  Tidak berpenampilan terbaik  Tidak mendengarkan prospek  Tidak menyimpan alat  Tidak berempati dng prospek penjualan  Tidak mengambil sudut  Memandang prospek sbg pandang prospek lawan  Tidak bangga dengan  Mengalihkan perhatian pekerjaan  Tidak membuat Catatan  Mencoba meyakinkan.

Camper people 60 % 3. Quiter people 30 % 2. Beberapa Tipikal (ciri-ciri) manusia dalam mencapai tujuan 1. Extra Ordinary 10 % (1%) . Climber people 10 % 4.

Selesai Terima Kasih .