You are on page 1of 19

NA PENYALAHGUNAAN RK PS OTIK JEN IKOT A D IS T ROP AN ER IKA TEN TU OBAT BERMANFAAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN .

baik secara oral (melalui mulut). . dan perilaku seseorang. suasana hati atau perasaan. sehingga dapat mengubah pikiran.Alkohol adalah zat-zat kimiawi yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia. dihirup. maupun intravena(melalui pembuluh darah. biasanya melalui jarum suntik).

Golongan II  Morfin  Petidin 3. Golongan I (sering disalahgunakan.hilangnya rasa. Zat/obat yang berasal dari tanaman/bukan baik sintesis maupun semisintesis yg dpt menyebabkan penurunan/perubahan kesadaran. tidak unt terapi )  Heroin  Kokain  Ganja 2. Golongan III  Kodein .mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan 1.

Golongan IV (potensi ringan ketergantungan)  Diazepam . tidak unt terapi)  Ekstasi. Golongan I (disalahgunakan. Golongan II (potensi kuat ketergantungan)  Amfetamin 3. (Zat/obat. Golongan III (potensi sedang ketergantungan)  Fenobarbital ( Luminal ) 4. baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika. yg berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku) 1. LSD 2.

of which 120 report HIV infection among this population . • At least 15.3 million persons have drug use disorders. ALKOHOL • The harmful use of alcohol results in 3. • Injecting drug use reported in 148 countries.3 million deaths each year.

paru Penyakit hati Sistem reproduksi . Alkohol menekan susunan syaraf pusat. memperlambat fungsi tertentu dari beberapa bagian otak Dalam jumlah sedang dapat menurunkan kemampuan pengendalian diri kecelakaan Pelecehan Gangguan/kerusakan seksual organ tubuh akibat alkohol gelisah mudah tersinggung Perubahan mental depresi Ketagihan karena alkoholik Kebutaan Kanker pharynx Radang lambung Penyakit paru .

Orang yg. Berada di sekitar perokok aktif yang turut menghisap asap rokok bukan hasil pembakaran rokoknya sendiri ZAT BERBAHAYA DALAM ROKOK nikotin tar CO Zat kimia lainnya Saluran pernafasan Sistem kardiovaskuler Sistem syaraf pusat Sistem pencernaan Organ repropduksi Kanker . menghisap rokok & menghisap asap hasil pembakaranrokok tersebut Orang yg.

NARKOTIKA PSIKOTROPIKA heroin/putauw ekstasi cocain LSD ganja Amfetamin/shabu morfin Diazepam codein cocain ekstasi heroin/putauw daun ganja kering & serbuk koka bong ZAT ADIKTIF LAINNYA rokok rokok ganja ganja kering .

morfin. amfetamin. agar terlepas dari rasa tidak nyaman Jika sudah menggunakan : Apabila ingin berhenti = hidup tidak normal Jika kecanduan = hidup bagai di neraka dan segala cara akan dilakukan untuk mendapatkan barang haram tersebut . EFEK NAPZA Depresan (menekan syaraf pusat) Contoh : Opium/candu. shabu-shabu.codein. kokain. : SIFAT NARKOBA LAINNYA : Sekali mencoba akan mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan Dosis semakin bertambah.diazepam Stimulan (merangsang syaraf pusat) Contoh : ekstasi. kopi Halusinogen (menimbulkan kesan palsu) Contoh : Ganja.

masuk Thd. Pengaruhi kesehatan fisik. emosi dan sosial si pidana pemakai.Thd. keselamatan umum. mengganggu ketertiban Timbulkan sifat masa bodoh & umum motivasi untuk bahaya bagi ketentraman & bekerja/sekolah hilang. Lingkungan masyarakat : dalam prostitusi). Diri Pemakai : Ubah sikap & kepribadian. Tidak segan melakukan tindak mental. timbul sikap agresif/brutal tindak kriminal Mendorong perbuatan kriminal untuk penuhi kebutuhan napzanya (mencuri. tidak nyesal melakukan kesalahan .

syaraf. otot dan tulang. ketergantungan/selalu membutuhkan obat • Dampak sosial dan ekonomi : Selalu merugikan masyarakat baik ekonomi. darah. kesehatan &hukum . terinfeksi hepatitis B dan C serta HIV/AIDS • Dampak psikologis : Berpikir tidak normal. sosial. cemas.• Dampak fisik : Jantung. kulit. pencernaan. toleransi (membutuhkan jumlah zat yang lebih untuk mendapatkan efek yang diinginkan). paru-paru.

 Sulit diajak bicara  Sulit diajak terlibat dalam kegiatan keluarga  Sering pulang terlambat tanpa alasan yg jelas  Mudah tersinggung  Sering bolos sekolah .

• Ditemukan obat-obatan. melaksanakan um foil. jarum suntik. napsu makan  Sulit berkonsentrasi • Sering didatangi/menerima telp. korek api di hobinya.• Jalan sempoyongan. bicara pelo/tidak jelas  Malas belajar • Kamar selalu dikunci  Mudah tersinggung • Mudah lelah hilang. alumoni- kuliah. berteman dll kamar atau di tasnya. kerja. • Menghabiskan banyak uang tetapi tidak ada barang yang dibeli . • Sering kehilangan uang atau barang berharga di rumah.  Secara periodik hilang dari teman-teman yg tidak dikenal keinginan untuk sekolah.

melamun atau linglung  Melakukan tindakan agresif yang tidak biasanya  Sikap tertutup. berbohong atau memanipulasi keadaan  Kurang disiplin dan suka membolos  Mengabaikan kegiatan ibadah  Menarik diri dari aktivitas keluarga dan sering mengurung diri di kamar/tempat-tempat tertutup. Menghindari kontak mata langsung. .

PENCEGAHAN • Pendidikan agama dan akhlak .

SALURKAN ENERGI • Bimbingan positif. mengisi waktu longgar dengan kegiatan yang positif . meningkatkan disiplin.

 Siapkan mental/diri untuk menolak ditawari narkoba. karena teman yang baik tidak akan menjerumuskan pada hal-hal yang tidak baik. dan kalau terus memaksa.  Lakukan kegiatan-kegiatan yg positif untuk mengisi waktu luang dengan menyalurkan hobi dan yg dapat membuat lebih mandiri.  Tingkatkan iman dan taqwa .  Belajar berkata “TIDAK” apabila ditawari dengan alasan yang tepat. tinggalkan tempat itu.  Tingkatkan prestasi untuk mewujudkan cita-cita dan kembangkan bakat yang ada demi masa depan.  Hati-hati dalam memilih teman bergaul.