GERAKAN MASYARAKAT

HIDUP SEHAT
(GERMAS)

BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT
DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT 1

SISTEMATIKA
1 FILOSOFI DAN KONSEP DASAR

2 PRINSIP PENYELENGGARAAN

3 TANGGUNG JAWAB SEKTOR DALAM GERMAS

4 PERAN DAERAH

DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 2

FILOSOFI DAN KONSEP DASAR DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 3 .

Pembangunan spritual maupun sosial yang kesehatan bertujuan memungkinkan setiap orang untuk untuk meningkatkan hidup produktif secara sosial dan kesadaran. dan kemampuan hidup pembangunan sumber sehat bagi setiap orang agar daya manusia yang terwujud derajat kesehatan produktif secara sosial masyarakat yang setinggi- dan ekonomis. mental. PEMBANGUNAN KESEHATAN Kesehatan adalah keadaan sehat. tingginya. baik secara fisik. sebagai investasi bagi kemauan. kemauan. ekonomis. sebagai investasi bagi 4 DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 . (Pasal 1 UU 36/2009) dan kemampuan hidup Pembangunan Kesehatan sehat bagi setiap orang adalah upaya yang dilaksanakan agar terwujud derajat oleh semua komponen bangsa kesehatan dalam rangka mencapai tujuan masyarakat yang kesehatan yaitu untuk setinggi-tingginya. meningkatkan kesadaran.

KESEHATAN DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 .SEHAT .

PELAYANAN UNTUK ORANG SEHAT ATAU SAKIT MENGELUH SAKIT (30%) SELFCARE (42%) YANKES (58%) FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN MENJAGA TETAP SEHAT dan PUSKESMAS FKTPLAIN DITINGKATKAN DERAJAT KESEHATANNYA RUMAH SAKIT MUTU PARADIGMA SEHAT PELAYANAN DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 6 .

PRINSIP PENYELENGGARAAN DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 7 .

kesadaran. Meningkatkan pengetahuan. maju dan sejahtera KELUARGA 2. PROGRAM INDONESIA SEHAT 1. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan hidup yang sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat sehingga terwujud PENDEKATAN bangsa yang mandiri. Terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan PENGUATAN yang setinggi-tingginya INSTITUSI JAMINAN PELAYANAN PENERAPAN KESEHATAN KESEHATAN PARADIGMA NASIONAL SEHAT (JKN) GERAKAN MASYARAKAT PENGUATAN HIDUP SEHAT PELAYANAN (GERMAS) KESEHATAN DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 8 .

Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran. kemauan. dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 9 .

menggambarkan kerjasama serta komitmen kementerian/lembaga. dunia usaha. organisasi Masyarakat dan akademisi dalam menciptakan masyarakat sehat. DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 10 . Logo menggunakan konsep pita yang bersambung dengan 4 warna yang berbeda.Bentuk logo menggambarkan masyarakat indonesia yang memiliki hidup sehat melalui aktivitas fisik serta deteksi dini penyakit.

MEWUJUDKAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT Peningkatan Peningkatan Peningkatan Penyediaan Peningkatan Peningkatan Edukasi Kualitas Pencegahan Pangan Sehat Perilaku Aktivitas Fisik Hidup Sehat Lingkungan dan Deteksi dan Percepatan Hidup Sehat Dini Penyakit Perbaikan Gizi DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 11 .

MASYARAKAT TUJUAN GERMAS BERPERILAKU SEHAT yang berdampak pada Kesehatan Produktif Terjaga Lingkungan Biaya Bersih Berobat Berkurang DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 12 .

D R AF T AK H I R INPRES S E T E L A H PEMBAHASAN ANTAR KEMENTERIAN DAN LEMBAGA DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 13 .

DRAFT AK HI R INPRES SETELAH PEMBAHASAN ANTAR KEMENTERIAN DAN LEMBAGA DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 14 .

TANGGUNG JAWAB SEKTOR DALAM GERMAS DITJEN KESMAS untuk 15 RAKERKESNAS 2017 .

Sarana Makan Ikan Olah Raga Promosi makan sayur Keamanan PJAS. Ruang terbuka Poskestren hijau Meningkatkan pelayanan Keamanan dan mutu Promprev pangan segar Cukai dan pajak rokok. TANGGUNG JAWAB SEKTOR DALAM GERMAS Partisipasi perempuan Koord dan untuk deteksi Fasilitasi dini PTM. Sekolah Ramah Pejalan kaki Anak. dan buah dalam Keamanan mutu negeri pangan olahan Jalur Sepeda dan UKS. TTU. minuman beralkohol DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 16 . Aktivitas Fisik Sarana aktivitas fisik di pemukiman dan Konseling pra nikah. KIE Pemda Gerakan Kampanye Gemar Memasyarakatkan Olah Raga.

FOKUS KEGIATAN 2017 Melakukan Konsumsi Memeriks Aktivitas Sayur a Fisik dan buah Kesehata n Secara Berkala .

KESEHATAN TUGAS SEKTOR DALAM GERMAS ADVOKASI PENGGALANG KAMPANYE DETEKSI DINI MENYEDIAKA dan AN GERMAS DAN PENYAKIT N FASILTAS PEMBINAAN KEMITRAAN EDUKASI MENULAR PELAYANAN PERWUJUDAN DAN PERAN MASYARAKAT DAN YANG KAWASAN SERTA TIDAK BERMUTU SEHAT MASYARAKAT MENULAR DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 18 .

serta dini di instansi aktivitas fisik pemerintah dan swasta DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 19 . Kegiatan Utama GERMAS KEMENKES Melaksanakan kampanye Meningkatkan Meningkatkan Gerakan Masyarakat Hidup pendidikan pelaksanaan deteksi Sehat serta meningkatkan mengenai gizi dini di Puskesmas advokasi dan pembinaan seimbang dan dan menyusun daerah pemberian Air panduan Susu Ibu (ASI) pelaksanaan deteksi eksklusif.

PERAN DAERAH DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 20 .

PERAN DAERAH • Melakukan Advokasi • Melakukan pertemuan kepada dengan SKPD. rapat. melakukan Manusia data 2015 lain: antara seperti: peregangan setiap pukul 10. ToMa/ToGa Gubernur/Bupati/Walik dan Dunia Usaha serta ota untuk menerbitkan Akademisi untuk kebijakan terkait menerapkan Germas melalui bidang kesehatan Perilaku Hidup Bersih Sehat • SKPD  menjadikan buah lokal dengan menggunakan • Indeks Pembangunan disebagai Tatanansnackmasing-masing.00 dan • Indeks Pembangunan 14.00 Kesehatan Masyarakat 2013 • Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) 2015 dan 2016 • Monitoring STBM 2015 DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 21 .

melakukan • Melakukan demo buah dst bersih-bersih bersama mengolah makanan masyarakat di sekitar bahan pangan lokal bagi sekolah DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 balita dan ibu hamil 22 . menyediakan Pendidikan untuk bersama fasilitas dan mendorong membiasakan makan anak untuk bermain / sayur dan buah bersama setiap hari aktifitas fisik waktu Jumat. • Mendorong Dinas olahraga senam pagi. PERAN DAERAH • Memberikan • Mendorong Dinas contoh Pendidikan untuk • Menyebarluaskan penerapan pembudayaan aktifitas informasi tentang kebijakan fisik bagi anak sekolah mafaat konsumsi sayur seperti melakukan dan buah aktifitas fisik peregangan pada dalam bentuk pergantian jam pelajaran. bazar di Sekolah istirahat (permainan sayur dan tradisional).

untuk tanaman kegiatan Car Free pemeriksaan sayur dan buah. penglihatan dan fasyankes. PERAN DAERAH • Menjalin kerjasama • Menyediakan dengan Dinas sarana • Melakukan kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker Pertanian untuk kesehatan secara payudara dan leher memanfaatkan berkala bagi rahim pada pekarangan rumah masyarakat di perempuan. pemeriksaan masyarakat sekolah. Day (hari-hari tekanan darah. pengukuran berat sayur buah pada badan. 23 • DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 . tempat kerja. dll pendengaran. di gula darah. kadar membagikan bibit tertentu).

DUKUNGAN KEMENKES KAWASAN TANPA ASAP ROKOK KEGIATAN PEREGANGAN PENINGKATAN KAPASITAS SDM DINKES DETEKSI DINI DAN TES SOSIALISASI – PROVINSI. KEBUGARAN PELATIHAN DINKES SOSIALISASI .ADVOKASI KABUPATEN KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN DUKUNGAN /KOTA PASAR BUAH DAN SARANA DAN SAYUR PENYELENGGARAAN PRASARANA YANKES AKTIVITAS FISIK DI DUKUNGAN TEMPAT UKBM DIKERJA KEGIATAN DESA/KELURAHAN OPERASIONAL PENYELENGARAAN CFD melalui DEKON – 24 DAK DITJEN KESMAS untuk RAKERKESNAS 2017 .

S A L A M S E H AT TERIMA KASIH .