You are on page 1of 16

Analisis Sanitasi Peralatan Makan Dan

Angka Kuman Pada Alat Makan Santri Di
Pondok Pesantren Al-Mubarak Kota
Bengkulu

PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH

OLEH :
Ratih Silvia Sari
NIM : P0 5160013059

Latar Belakang Sanitasi Angka Kejadian Peralatan Makan Diare di Bengkulu Pondok Pesantren Al. BAB I A.Mubarak .

Bagi Akademik 3. Rumusan Masalah 1. B. Tujuan Penelitian 2. Bagi Institusi Pesantren D. Tujuan Umum C. Bagi Peneliti Selanjutnya . Tujuan Khusus 1. Manfaat Penelitian 2.

Dari hasil penelitian tersebut diperoleh gambaran keluhan gangguan kesehatan pada operator percetakan salah satu faktor penyebabnya yakni paparan karbon yang berasal dari komponen tinta percetakan.Keaslian penelitian Ari Ashari tahun 2013 dengan judul “Gambaran Keluhan Gangguan Kesehatan Pada Operator Percetakan Kota Makassar Tahun 2013” oleh Ari Ashari tahun 2013. .

Sanitasi peralatan B.Konsep Peralatan Makan D. Pengertian Pesantren 2.Konsep Angka Kuman . Fasilitas sanitasi peralatan makan C. Konsep Pondok 1. Konsep makan Sanitasi 3. BAB II Tinjauan Pustaka A.

Konsep Peralatan Makan D. Konsep Sanitasi C. Tinjauan Pustaka A. Konsep Pondok Pesantren B.Konsep Angka Kuman .

Pengertian Sanitasi 2. Konsep 1.Konsep Peralatan Makan 3.Konsep Angka 4. Jenis peralatan makan C. Konsep Pondok Pesantren B. Sumber pencemaran peralatan makan D. Penyakit akibat Kuman peralatan makan . Tinjauan Pustaka A.

Tinjauan Pustaka A. Konsep Sanitasi C.Konsep Angka Kuman . Konsep Pondok Pesantren B.Konsep Peralatan Makan D.

Konsep Sanitasi 1. Jenis-Jenis Kuman . Konsep Pondok Pesantren B.Konsep Angka Kuman 3. Pengertian C.Konsep Peralatan Makan 2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Kuman D. Tinjauan Pustaka A.

Jenis dan Rancangan Penelitian Jenis penelitian ini menggunakan penelitian analitik deskriftif yaitu suatu metode penelitian yang di lakukan dengan tujuan untuk melihat gambaran analisis sanitasi peralatan makan dan angka kuman pada alat makan santri di pondok pesantren Al- Mubarak Kota Bengkulu yang menggunakan kuisioner dan uji laboratorium di Poltekes Kemenkes Kota Bengkulu . Bab III Metode Penelitian A.

Definisi Operasional .B.

Populasi dan Sampel Populasi Seluruh alat makan santri Pondok Pesantren Al- Mubarak yang berjumlah piring 55. 1 sampel terdiri dari 5 piring. gelas 55 dan 55 sendok Sampel Sebanyak 7 sampel. 5 gelas dan 5 sendok jadi jumlah yang diperiksa sebanyak 35 piring 35 gelas dan 35 sendok .

Sampel .

Prosedur Penelitian 1.Tahap Persiapan Persiapan alat dan bahan Penelitian Sterilisasi alat Pembuatan media PCA (Plate Count Agar) 2.Tahap Pelaksanaan Penelitian Pembuatan kontrol Pengambilan sampel Cara kerja pemeriksaan di laboratorium .

Jika jumlah angka kuman pada alat makan ≤ 100 koloni/cm2 (Memenuhi syarat) sedangkan jika > 100 koloni/cm2 (Tidak memenuhi syarat). 1098/Menkes/SK/VII/2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Rumah makan dan Restoran. . Penyajian Data Hasil dari data penelitian yang telah di analisis akan di sajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan narasi Hasil dari data dibandingkan dengan standar angka kuman yang ditentukan oleh Kepmenkes RI No.