You are on page 1of 11

PENGERTIAN PELAYANAN KESEHATAN

Menurut Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo(2001)
pelayanan kesehatan adalah sub sistem pelayanan
kesehatan yang tujuan utamanya adalah pelayanan
preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan
kesehatan) dengan sasaran masyarakat.
Menurut Depkes RI (2009) pelayanan kesehatan
adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri
atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi
untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan,
mencegah dan menyembuhkan penyakit serta
memulihkan kesehatan perorangan, keluarga,
kelompok dan ataupun masyarakat. 

Advokat Klien 3. PERAN PERAWAT Peran perawat menurut konsorsium ilmu kesehatan tahun 1989 terdiri dari : 1. Kolaborator 6. Penelitian . Konsultan 7. Pemberi Asuhan Keperawatan 2. Edukator 4. Koordinator 5.

Penyakit dipandang sebagai hal yang non sukarela & tidak diinginkan Masyarakat non barat peranan penyembuh adalah juga non sukarela dimana sesuatu yang dipaksakan kepada individu yang semula menolak oleh roh-roh yang memberi kekuatan .1. Peranan sebagian besar pasien bersifat temporer. Universal PERAN PASIEN Setiap orang wajar dapat jatuh sakit sehingga menjadi pasien. Non Sukarela Peranan pasien bersifat non sukarela. Berkewajiban utk mengikuti instruksi dari penyembuh 3. Bawahan . Temporer. . Peranan pasien adalah universal peranan penyembuh sangat terbatas 2.

. .Lanjutan. Peran pasien lainnya juga adalah : Pasien harus berperan aktif Pasien harus aktif bertanya Perhatikan istruksi tenga medis dan patuhi Ceritakanlah sebanyak mungkin informasi tentang kesehatan yang di rasakan missal seprti memberi tahu yang sedang di konsumsi. beritahu riwayat alergi ...

5. 9. Memberikan terapi untuk kesembuhan pasien. penasehat. Memberikan nasehat untuk perawatan dan pemeliharaan sebagai pencegahan sakit. Memberikan pelayanan kedokteran secara aktif kepada pasien pada saat sehat dan sakit. 7. 6. 11. Tugas dan hak eksklusif dokter untuk memberikan surat keterangan sakit dan surat keterangan berbadan sehat melakukan pemeriksaan pada pasien. pencegahan penyakit. Melakukan tindakan tetap awal kasus beart agar siap dikirim ke rumah sakit. Menangani penyakit akut dan kronik. Bertindak sebagai mitra. pengobatan dan rehabilitasi. Memberikan Keluarga pasien untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan taraf kesehatan. 3. 10. Melakukan pemeriksaan pada pasien untuk mendiagnosa penyakit pasien secara cepat dan memberikan terapi secara tepat dan tepat. dan konsultan bagi pasiennya. 2.PERAN DOKTER 1. Tetap bertanggung jawab atas pasien yang dirujukkan ke dokter spesialis. 8. Menyelenggarakan rekam medis yang memenuhi standar. . 4.

PERAN TENAGA KESEHATAN LAIN 1. Peran Rekam Medis Dalam Pelayanan Kesehatan 2. Apoteker .

dan berisi catatan dokter.PERAN REKAM MEDIS DALAM PELAYANAN Bagi pasien mempunyai nilai tinggi karena di rekam medis berisi data mengenai kesehatan masa lalu dan masa kini. perawat dan tenaga kesehatan mengenai keadaan pasien saat ini dalam bentuk penemuan pemeriksaan fisik. hasil prosedur dan diagnosa dan terapi serta respon pasien. .

Lanjutan. Bagi Institusi Pelayanan Kesehatan Untuk melaporkan diagnosa atau alasan pengobatan dan tindakan supaya tagihan dapat diajukan dengan benar Bagi Penyedia Layanan Kesehatan (Tenaga Kesehatan) Rekam menyediakan informasi untuk membantu seluruh tenaga kesehatan dalam merawat pasien selama dirawat dan pada kunjungan berikutnya ke tempat pelayanan kesehatan. ...

Selain efek yang diinginkan dari suatu obat.PERAN APOTEKER Apoteker sangat berperan penting dalam sampainya informasi mengenai obat yang digunakan seorang pasien dalam pengobatannya. . atau biasa kita sebut efek terapi.

. yaitu Pelanggan dan harapannya. perbaikan kinerja. budaya yang mendukung perbaikan terus menerus. proses perbaikan. Empat hal yang perlu diperhatikan dalam pendekatan untuk mencapai pelayanan prima melalui peningkatan mutu pelayanan.KESIMPULAN pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata penyelenggaraannya sesuai dengan standart dan kode etik profesi.

TRIMAKASIH .