You are on page 1of 19

RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH

PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR
BENSIN 5,5 HP

Disusun oleh :
 Alfian Budi Prasetyo
3.21.13.3.03
 Dito Fajar Kurniawan
3.21.13.3.09
 Rudi Kurniawan 3.21.13.3.21

Kita hampir mustahil untuk mengatakan bahwa kita bisa menemukan suatu tempat di negeri ini dimana tidak tampak sampah-sampah yang berserakan. Mereka hanya sibuk dengan keseharian memenuhi kebutuhan hidup. lingkungan negeri ini selalu ingin mengubah dirinya untuk menjadi lebih baik. sebagian besar masyarakat merasa tidak peduli akan persoalan ini. kebersihan dan keindahan menjadi obsesi yang selalu ingin dicapai. . PENDAHULUAN Seiring berjalannya waktu. Akan tetapi.

Batasan Masalah Batasan masalah yang digunakan pada pembuatan tugas akhir ini berdasarkan apa yang penulis ketahui dan berdasarkan keterikatan pembahasan dengan materi cakupan dalam rangkaian alat yaitu sebagai berikut: 1. piring plastik. Hasil pemotongan yang dihasilkan tidak melebihi dari ukuran serpihan plastik yang sudah dirancang (10 x 10 mm) yang bisa digunakan untuk proses daur ulang. . gelas plastik dll . Mesin akan dibuat hanya untuk jenis plastik yang akan di daur ulang adalah Polypropylene jenis PP yang berbentuk botol minuman. 2.

Kemudian yang kedua itu dicacah yang merata sehingga dihasilkan hasil cacahan yang lebih halus. Penjelasan Umum Mesin Mesin pencacah plastik ini adalah mesin yang dirancang untuk mempermudah atau membantu kerja manusia dalam menghasilkan potongan plastik yang merata. dirobek dan ditarik). karena harga jual plastik setelah dilakukan pemotongan lebih mahal. Serta dapat meningkatkan kesenjangan hidup seorang pengepul. tipe pertama mekanisme pada mesin pencacah plastik ini menggunakan sistem crusher (dicacah. . Ada dua tipe mekanisme pencacahan pada mesin ini.

sedotan. isolasi. rumus molekulnya adalah (-CHCH3- CH2). PP juga digunakan sebagai ember.Polypropylene merupakan plastik polymer yang mudah dibentuk ketika panas. minyak dan senyawa kimia lain. dan tahan terhadap panas. kotak margarin dan yogurt. tali. PP biasanya digunakan sebagai pembungkus pada produk sereal sehingga tetap kering dan segar. Plastik dari PP dianggap aman juga dapat digunakan kembali dan dapat didaur ulang. Plastik PP bersifat kuat. . ringan. Yang lentur. Plastik PP mampu menjaga bahan yang ada di dalamnya dari kelembaban. dan kaleng plastik cat. keras dan resisten terhadap lemak.

Adapun proses perancangan yang dilakukan sebagai berikut : .5 HP ini merujuk pada proses perancangan model Shingley-Mitchel. Proses Perancangan : Tahap perancangan mesin pencacah plastik dengan menggunakan motor bensin 5.

1. Kriteria must. c. yaitu kriteria yang harus dipenuhi :  Aman. Tidak menimbulkan polusi bagi lingkungan. b. 2. yaitu kriteria yang diharapkan terpenuhi a. Biaya pembuatan mesin murah. Mudah dalam pengoperasian. b. b. meliputi: a.  Berfungsi. Aman bagi operator saat pengoperasian. Mudah dalam perawatan dan perbaikan. Kriteria want. Mampu menjalankan pencacahan plastik secara baik dan tuntas. c. . Hasil cacahan yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi. meliputi: a. Mesin mudah untuk dipindahkan/moveable.

apabila masih ada kekurangan maka mesin ini dapat diperbaiki dan disempurnakan kembali sehingga tujuan pembuatan mesin penghancur limbah plastik dapat tercapai. . Pengujian dan Analisis Data Dilakukan untuk mengetahui keberhasilan secara fungsional maupun operasional perancangan dan pembuatan mesin penghancur limbah plastik.

 Mendapatkan data-data yang diperlukan untuk mengetahui karakteristik dari mesin tersebut.5 HP” dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan yang direncanakan yaitu mampu menghancurkan limbah plastik dengan hasil cacahan maksimal ukuran diameter lubang screening. Tujuan  Mengetahui secara langsung apakah “Mesin Pencacah Plastik Menggunakan Motor bensin 5.  Melakukan perbaikan dan penyempurnaan mesin jika terjadi kegagalan atau kekurangan dalam pengujian.  Dapat menarik suatu kesimpulan dengan cara membandingkan hasil pengujian mesin dengan .

Pengoperasian Mesin  Pastikan bahan bakar motor bensin sudah terisi. . didalam ruang roller limbah plastik dicacah menjadi potongan-potongan.  Kemudian botol plastik jatuh ke ruang penghancur utama yang terdiri dari poros.  Masukkan limbah platik yang sudah dipotong kedalam hopper secara kontinyu. 1 pisau tetap dan screening.  Setelah selesai matikan mesin dengan menekan tombol off. 3 pisau putar.  Tarik tuas motor bensin untuk menghidupkan motor sebagai penggerak poros pisau atas dan bawah. kemudian limbah plastik masuk ke ruang pemotong roller.  Kemudian hasil cacahan limbah plastik dapat dilihat di bagian pengeluaran di bawah screening.

 Limbah plastik yang akan dihancurkan dimasukkan melalui hopper . Prinsip kerja mesin ini adalah sebagai berikut :  pulley pisau bergerak bersamaan dengan hidupnya motor bensin  Putaran dari pulley penggerak ditransmisikan oleh sabuk V menuju pulley yang digerakkan. Prinsip Kerja Mesin Prinsip kerja mesin penghancur limbah plastik adalah penggerak memutar yang dilengkapi dengan motor penggerak. dimaksud agar proses pengahancuran dilakukan dengan cepat. kemudian di transmisikan menuju proses penghancur.

Pengujian Kapasitas .

Break Event Point ( BEP ) .

Grafik BEP .

Bahan : besi plat profil L .Pisau dinamis : 3 buah .5 HP .Kapasitas : 50 kg/jam .Spesifikasi mesin . Dari keseluruhan proses rancang bangun “Mesin Pencacah Plastik dengan Menggunakan Motor Bensin 5.Hasil cacahan : 5-10 mm . Kesimpulan 1. pisau putar dan pisau tetap.Nama : Mesin Penghancur Limbah Plastik .Pisau statis: 1 buah .Pisau roller : 5 buah . rinciannya sebagai berikut : .Daya : 5.5 HP” dapat disimpulkan beberapa hal antara lain : a. Rancangan mesin pencacah plastik menggunakan pisau roller.

b. Pengujian hasil cacahan Hasil cacahan limbah plastik ukurannya sesuai dengan yang direncanakan yaitu ukuran maksimal sebesar diameter lubang screening dengan jarak ukuran 5 – 10 mm ini adalah ukuran yang sudah sesuai dengan kebutuhan industri pengolahan limbah platik. c. Yaitu sebagai kinerja maksimal yang dilakukan mesin tersebut. Hasil yang diperoleh sesuai dengan target yang diinginkan. . Pengujian kapasitas Dari hasil percobaan dapat diambil kesimpulan bahwa kapasitas terbesar yang dihasilkan sebesar 50 kg/jam.

 Proses pemilihan bahan untuk pembuatan mesin perlu dihitung dengan baik agar didapat bahan yang bagus dan kinerja mesin secara optimal.5 HP adalah sebagai berikut :  Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada manusia. alat dan bahan harus diutamakan agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan. maka perawatan mesin harus dilakukan secara berkala sesuai dengan prosedur yang ditelah ditentukan.  Agar mesin dapat bekerja secara maksimal. dan kesejajaran antar poros dengan lubang agar mesin yang dibuat dapat berfungsi secara maksimal dan mudah dalam perakitannya. toleransi. Saran Saran yang dapat disampaikan penulis terhadap pembuatan Mesin Pencacah Limbah Plastik dengan Menggunakan Motor Bensin 5.  Proses pembuatan mesin perlu diperhatikan ukuran. .

 Hal-hal yang dapat digunakan sebagai rujukan perbaikan mesin penghancur limbah plastik ke depan :  Design rangka perlu dibuat lebih baik lagi agar bagian mesin dapat terpasang lebih rapi  Kesejajaran poros harus lebih tepat agar putaran poros baik dan bearing tidak cepat rusak  Jarak antar poros pada pisau roller harus dipersempit lagi agar hasil cacahan yang didapat bisa lebih maksimal .

SEKIAN TERIMA KASIH  .