You are on page 1of 21

PENGANTAR FARMASI DAN KESEHATAN

BISOPROLOL
Beta-adrenergic Blocking Agents

Nama Generik
 BISOPROLOL

Nama Merk (Brand Name)
 Zebeta
 B-Beta
 Beta-One
 Bipro
 Biscor

Bentuk Sediaan) .DESKRIPSI (Kegunaan.

Beta-bloker digunakan untuk :  pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi)  mengobati angina  mencegah serangan jantung  memperbaiki detak jantung yang tidak teratur  mencegah sakit kepala migraine.  dan mengobati tremor .

 Bentuk sediaan bisoprolol : tablet .

SEBELUM PENGGUNAAN OBAT .

Hal yang harus diperhatikan sebelum pengonsumsian obat :  Alergi. .  Kondisi medis lainnya.  Pasien lanjut usia.  Ibu hamil.  Ibu menyusui.  Anak-anak.  Dengan obat lain.

CARA PENGGUNAAN OBAT YANG TEPAT .

.DOSIS Dalam bentuk sediaan tablet :  Untuk tekanan darah tinggi : Dewasa : 5 sampai 10 mg 1x sehari Anak-anak : dosis harus ditentukan oleh dokter .Dalam bentuk sediaan tablet :  Telan tablet secara utuh  Jangan menghancurkan atau mengunyah tablet sebelum ditelan .

boleh mengonsumsi obat sesegera mungkin setelah ingat. . Cara Penggunaan Obat yang Tepat: Missed Dose  Apabila pasien melewatkan pengonsumsian obat di jadwal biasa. lewatkan saja dosis hari itu dan lanjutkan di jadwal biasanya. Tetapi bila jadwal konsumsi obat selanjutnya kurang dari 4 jam lagi. Jangan menggandakan dosis.

Penyimpanan  Jauhi dari jangkauan anak-anak  Jauhi dari cahaya dan panas langsung  Jangan disimpan di kamar mandi. Panas atau kelembaban dapat menyebabkan obat menjadi rusak.  Jangan menyimpan obat yang kadaluarsa atau yang sudah tidak digunakan lagi. di dekat tempat mencuci piring atau di tempat yang lembab. .

PERINGATAN .

Konsultasikan dengan dokter jumlah aktivitas yang aman bagi masalah kesehatan Anda 5. menggunakan mesin. Pastikan Anda tahu seberapa lama obat ini bereaksi (setelah Anda mengkonsumsinya) sebelum menyetir. Peringatan 1. Sebelum melakukan operasi lain (misalnya operasi gigi) atau keadaan darurat lainnya. atau melakukan hal-hal yang memerlukan konsentrasi tinggi 4. katakan kepada dokter yang bersangkutan bahwa Anda sedang mengkonsumsi obat ini 6.katakan kepada tenaga medis yang bersangkutan bahwa Anda sedang mengkonsumsi obat ini 3. Jangan berhenti mengonsumsi obat ini tanpa anjuran dokter 2. Apabila Anda akan melakukan suntikan alergi. katakan kepada dokter yang bersangkutan bahwa Anda sedang mengonsumsi obat beta-blocker . Sebelum Anda melakukan tes medis.

EFEK SAMPING .

 Tidak umum .

 Jarang .

 Sering terjadi .

Less Common or Rare .

Tanda dan Gejala Overdosis .

Efek samping itu dapat hilang selama perawatan apabila tubuh cocok dengan obat itu . Efek samping lain tidak memerlukan perawatan khusus. Namun. periksa ke dokter jika efek samping terus berlanjut . .

Meskipun penggunannya tidak termasuk dalam product labelling. Informasi Tambahan  Setelah obat disetujui untuk dipasarkan dengan tujuan tertentu. beta-blockers juga digunakan untuk kondisi medis sebagai berikut 1. Glukoma 2. Neuroleptik . pengalaman menunjukkan bahwa obat tersebut mempunyai kegunaan lain dalam lingkup medis lainnya.