You are on page 1of 15

keyakinan. . Budaya  Budaya ( culture) adalah nilai. norma dan jalan hidup yang di bentuk. keputusan dan tindakan dalam berbagai cara yang terpola. Budaya dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap konsep sehat sakit serta bagaimana/ kapan/ mengapa individu mencari pengobatan terhadap masalah kesehatan yang dialaminya. dan dipelajari pada kelompok tertentu yang memberikan arah dalam pola pikir.

. budaya. dan nilai tujuan memberikan asuhan keperawatan yang efektif dan bermakna kepada orang berdasarkan konteks sehat –sakit dan budaya. Keperawatan transkultural Cabang atau bagian dari ilmu keperawatan yang memfokuskan pada studi perbandingan dan analisis budaya dengan menghormati tindakan keperawatan dan tindakan “caring” pada rentang sehat –sakit.

 Nilai budaya ( culture value) adalah dihasilkan dari budaya dan mengidentifikasi berbagai jalan yang di harapkan terhadap tindakan yang dianut selama beberapa periode dan mengarahkan dalam pengambilan keputusan. norma dan jalan hidup yang di bentuk. keyakinan. keputusan dan tindakan dalam berbagai cara yang terpola. . Budaya ( culture) adalah nilai. dan dipelajari pada kelompok tertentu yang memberikan arah dalam pola pikir.

 Cultural care preservation merupakan usaha mempertahankan yang meliputi tindakan dan keputusan yang membantu dan mendukung pada klien dengan budaya tertentu untuk mempertahankan kesehatan. . menyembuhkan penyakitnya dan menghadapi kematian.

menghadapi kematian. . Cultural care accomodation adalah merupakan usaha negosiasi yang meliputi tindakan dan keputusan yang membantu dan mendukung pada klien dengan budaya tertentu untuk beradaptasi dan negosiasi terhadap status kesehatan yangmenguntungkan dan memuaska serta.

. Cultural care repatterning adalah merupakan usaha membentuk kembali mpertahankan yang meliputi tindakan dan keputusan yang membantu dan mendukung pada klien dengan budaya tertentu untuk merubah jalan hidup yang baru atau pola yang berbeda yang bermakna dan memuaskan secara budaya atau yang mendukung pola hidup yang sehat dan menguntungkan.

Mengapa budaya merupakan faktor yang penting dipertimbangkan ketika mengatasi masalah kesehatan? . Ethnocentrism adalah keyakinan bahwa praktek budaya yang dimiliki seseorang dan nilai – nilainya adalah benar dan superior terhadap praktek budaya orang lain.

kelompok yang didasarkan pada apa yang dilihat dan dengar. Hal ini hanya didasarkan pada anggota dari kelompok tertentu tersebut. . Prejudice Anggapan yang negatif tentang orang lain. persepsi dan emosinya.  Stereotyping Meyakini bahwa satu anggota dari kelompok budaya akan menunjukan perilaku tertentu atau sikap tertentu yang dipegang (biasanya negatif).

diisolasi dalam masyarakat. dipingirkan. klas. serta faktor lain. jenis kelamin.  Stigmation Segenap sebutan terhadap karakteristik yang negatif atau identitas individu atau kelompok yang menyebabkan orang tersebut merasa di tolak. Discrimination : Pengobatan dan perawatan yang berbeda didasarkan pada ras. .

interpersonal untuk mengerti dan menghargai perbedaan dan persamaan budaya di dalam.  Cultural congruence ( Kesesuaian budaya) Klien menerima pesan baik yang disampaikan secara verbal maupun non verbal sesuai denga budaya yang dimiliki seseorang sehingga terjadi validasi budaya dan personal. diantara kelompok. . Cultural competence ( Kompetensi budaya) Mempunyai ketrampilan akademik.

dankemandirian yang berasal dari budaya tersebut . sakit. individu memiliki opini dan pandangan tentang sehat. jalanhidup. Manusia  Menurut pendapat leininger tentang variasi struktur sosial. ketergantungan. sembuh. dan nilai serta norma norma dari berbagai budaya dan subkultur. asuhan.

. Lingkungan Sistem layanan budaya juga merupakan faktor lingkungan spesifik yang terdiri dari dua subsystem: Layanan kesehatan formal(Profesional) dan Layanan kesehatan informal  Sehat dan sakit Pengetahuan tentang budaya diperlukan agar mampu memahami makna yang diberikan oleh kelompok budaya tertentut erhadap sehat dan sakit.

.

Thank you.Nuhun. Mauliate NICE TO SEE YOU………. Arigato.JUMPA LAGI!!!! .