You are on page 1of 9

BAB 1

KEKUATAN DAN KEUTAMAAN
FG 1 KARAKTER
- Adia Roos
- Amanda Rifqa Marisa
- Huriya
- Difa Astrio W
- Muhammad Irsyad T
- Retno Wulandari

dan perilaku yang dapat ditampilkan secara mantap.KARAKTER – Karakter merupakan kumpulan tata nilai yang terwujud dalam suatu sistem daya dorong yang melandasi pemikiran. . sikap.

tetapi kecondongan ke arah sesuatu hal – Hanya dapat dicapai dengan latihan yang penuh pengabdian dan tetap . kemudahan dan kecondongan untuk melaksanakan tindakan tertentu yang pantas bagi manusia – Tidak bersifat bawaan.KEUTAMAAN KARAKTER – Kesanggupan.

KEKUATAN KARAKTER – Kekuatan karakter adalah kemampuan diri untuk bekerja secara optimal untuk mencapai hasil yang maksimal .

Kekuatan interpersonal: cinta kasih. hati-hati dan menyenangkan: Pengelolaan-diri penuh pertimbangan. Kekuatan kewarganegaraan Citizenship . perspektif. serta Kemanusiaan memiliki kecerdasan sosial. penuh rasa terima kasih. serta (civic): Berkeadilan kepemimpinan. harapan. integritas (otentisitas. serta bersemangat dan antusias.KEKUATAN KEUTAMAAN Kekuatan kognisi: Kebijaksanaan kreativitas. rasa ingin tahu. mengatasi hal-hal yang tak kerendahatian. Kekuatan menghadapi dan pemaaf dan pengampun. teguh dan keras hati. Kekuatan spiritaual: Transendensi apresiasi keindahan. spritualitas. mencintai kegiatan belajar. serta (temperance) regulasi-diri. serta menikmati hidup dan humor . kebaikan hati. Kekuatan emosional: Kesatriaan keberanian untuk menyatakan kebenaran dan mengakui kesalahan. jujur). fairness. dan pengetahuan keterbukaan pikiran.

CONTOH KEUTAMAAN – Kreativitas. dan rasa ingin tahu – Cinta kasih. dan kebaikan hati – Keberanian untuk menyatakan pendapat – Tanggung jawab – Jujur .

CONTOH KEKUATAN – Kekuatan Kognisi – Kekuatan Interpersonal – Kekuatan emosional – Kekuatan kewarganegaraan – Kekuatan pengelolaan diri – Kekuatan spiritual .

KEKUATAN DAN KEUTAMAAN KARAKTER YANG DIBUTUHKAN MAHASISWA – Kejujuran – Keadilan – Keterpercayaan – Kemartabatan atau penghormatan – Tanggung jawab dan akuntabilitas – Kebersamaan – Keterbukaan – Kebebasan akademik dan otonomi keilmuan – Kepatuhan pada aturan .

TOKOH-TOKOH – Martin Luther King – Soekarno – Mahatma Gandhi – Malala Yousafal .