You are on page 1of 10

Proses Pengolahan Mineral

:
Zeolit, Bentonit, Kapur

Apasih Zeolit ? Apasih Apasih Kapur ?
Bentonit ?

. Zeolite diambil dari bahasa Greek atau yunani kata zeinlithos.. Zeolit adalah kelompok mineral yang dalm pengertian/penamaan bahan galian merupakan salah satu jenis bahan galian non logam atau bahan galian mineral industri. Batuan ini akan mendidih atau membuih jika dipanaskan pada temperatur antara 10 sampai 350celcius.... Warna dari zeolit adalah putih keabu-abuan.. Zeolit merupakan mineral hasil tambang yang bersifat lunak dan mudah kering. Zeolit itu. dan katalis... ... penukar kation. Kata zein memiliki arti membuih atau mendidih sedangkan kata lithos memiliki arti batuan...... Zeolit alam merupakan senyawa alumina-silikat terhidrasi yang secara fisik dan kimia memiliki daya sebagai bahan penyerap (adsorpsi).. atau putih kekuning-kuningan.putih kehijau-hijauan...

33(Al. yakni Sodium (Na) Natrium bentonite dan Calsium (Ca) Calsium bentonite Bentonite : dikenal di Indonesia dengan nama cadas(batuan lempung)..Mg)2Si4O10(OH)2·(H2O). masukan bentonite pada lubang yang di bor kemudian tunggu berapa saat dan lakukan kembali supaya bentonitenya bisa mempekeras permukaan dinding tanah yang di bor.. .. cat dan lain sebagainya.Ca)0. Australia.. keramik. Selain di Indonesia banyak terdapat di Amerika Utara.Bentonit itu. Banyak digunakan sebagai bahan kosmetik.. semen. Bentonite dipergunakan juga untuk penahan longsor tanah pada saat melakukan pengeboran pada pekerjaan borepile. Afrika dan banyak negara lainya.  Bentonite terbentuk dari abu vulkanik... Unsur (Na.. Sifat materialnya tidak menyerap air.5 M s/d 2. adhesives.... yang terdapat di permukaan bumi dan  di bawah tanah (di bawah tanah antara 0.5 M) dan biasanya di daerah perbukitan dan pegunungan. Bentonite terbagi menjadi dua..

. Batu kapur membentuk 10% dari seluruh volume batuan sedimen Penggunaan batu kapur sudah beragam diantaranya untuk bahan kaptan. Organisme ini mengeluarkan shell yang keluar ke air dan terdeposit di lantai samudra sebagai pelagic ooze (lihat lysocline untuk informasi tentang dissolusi calcite). . kertas. Kapur Itu... Ini menciptakan speleothem seperti stalagmit dan stalaktit.. Bentuk yang lebih jauh terbentuk dari Oolite (batu kapur Oolitic) dan dapat dikenali dengan penampilannya yang granular.. Sumber utama dari calcite ini adalah organisme laut.. bahan campuran bangunan. industri karet dan ban.. Batu kapur (bahasa Inggris: limestone) (CaCO3) adalah sebuah batuan sedimen terdiri dari mineral calcite (kalsium carbonate).. dan lain-lain. Calcite sekunder juga dapat terdeposi oleh air meteorik tersupersaturasi (air tanah yang presipitasi material di gua).

PROSES PENGOLAHAN ZEOLI T BENTON IT KAPU R .

Pada prinsipnya pengolahan dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap preparasi dan tahap aktifasi. Proses Pengolahan Zeolit Beserta Diagram Alir pemrosesan merupakan kegiatan memisahkan mineral berharga dari partikel partikel lain yang menyatu dengan mineral tersebut dengan tujuan meningkatkan mutu dan kualitas zeolit. kemb ali .

DIAGRAM ALIR Zeolit (minimal 30% klinopit atau 60%zeolit berukuran 15cm) Mesin pemecah batu/palu Mesin Giling Pengayakan tenaga Siklun-siklun manusia Fraksi-fraksi ukuran zeolit Pengaktifan Pemanasan Pereaksi NaOH Kimia (oven) Pengantongan siap dipasarkan .

pupuk urea sebagai sumber nitrogen (protein) dan bahan pengisi berupa dedak padi. Untuk pengecilan ukuran. tujuan pengeringan adalah mengurangi kadar air rata-rata 30% menjadi kadar air rata-rata sebesaar 8%. sedangkan penggerusan dan pengemasan. pemanasan. umumnya bentonit digerus sampai 200 mesh dengan micro grider dan untuk mendapatkan . penggilingan dan pengayakan. Pembuatan Urea Molasses Block (Makanan Tambahan Untuk Ternak)bahan utama yang diperlukan antara lain mollasses (tetes tebu) sebagai sumber energi. dedak gandum. Proses Pengolahan Bentonit Beserta Diagram Alir Hasil bentonit dari tambang yang berupa bongkahan diangkut dengan truk menuju pabrik pengolahan dengan melalui beberapa proses yaitu penghancuran. digunakan temperatur 480 F.200 mesh digunakan classifier.Teknik pengolahan bentonit untuk keperluan sebagai berikut :A. sebagai bahan pengeras dipakai bentonit kemb ali . bungkil kelapa. bungkil biji kapuk.

DIAGRAM ALIR Bongkahan bentonit (Na & Ca-Mg) dari tambang Penimbunan Preparasi Pengayakan 10mm +1.200 mesh (Classifier) mesh .10 mm m Pengeringan 1.5 Pengayakan jam dengan 5mm burner Pengeringan 1 Pengeringan 1 Penggilingan jam dengan jam dengan burner burner Pengayakan 200 mesh + 200 .200 mesh mesh Produk bentonit (Na & Ca-Mg) Penggilingan yang siap diolah ke tahap lenjutan + 200 Pemisahan .0m .

Proses Pengolahan Kapur Beserta Diagram Alir kemb ali .