TUGAS : SOAL 5-40

TARIF BIAYA OVERHEAD BERDASARKAN VOLUME
BERLAWANAN DENGAN TARIF BIAYA OVERHEAD
BERDASARKAN AKTIVITAS

Kelompok. 5
Elsa Swas Efrida Ester Valentina
Mindy Firstia Andi Kusuma

ICU). membebankan biaya overhead dengan menggunakan jumlah hari rawat inap pasien. Unit Perawatan Intensif (Intensive Care Unit . yang mempunyai 30 tempat tidur.Soal 5-40 : Medical Art Hospital (MAH) menggunakan tarif biaya overhead yang berlaku diseluruh rumah sakit berdasarkan jam perawat. Biaya yang dianggarkan dan data operasi untuk tahun yang bersangkutan adalah sebagai berikut : .

Kalkulasikan biaya overhead ICU pada bulan Juni dengan menggunakan : a) Tarif yang berlaku diseluruh rumah sakit b) Tarif yang berlaku diseluruh departemen ICU c) Tarif penggerak biaya untuk departemen ICU 2. Jelaskan Perbedaan dan tentukan metode pembebanan biaya overhead manakah yang lebih tepat.Lanjutan Soal 5-40 : Pada bulan Juni. . unit perawatan intensif MAH memiliki data operasi sebagai berikut : Diminta : 1.

jasa atau pelanggan berdasarkan aktivitas yang dilakukan untuk objek biaya. penggerak biaya.  Perhitungan biaya ABC mengakui hubungan sebab akibat atau hubungan langsung antara biaya sumber daya. .Apa Yang Dimaksud Dengan Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas ?  Perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (activity based costing – ABC) merupakan pendekatan perhitungan biaya yang membebankan biaya sumber daya ke objek biaya seperti produk.  Anggapan dasar dari pendekatan perhitungan biaya ABC adalah bahwa produk atau jasa perusahaan merupakan hasil aktivitas dan aktivitas tersebut menggunakan sumber daya yang menyebabkan timbulnya biaya. aktivitas dan objek biaya dalam membebankan biaya pada aktivitas dan kemudian pada objek biaya.

sistem perhitungan biaya ABC memberikan ukuran yang lebih akurat dari biaya produk . Prosedur Pembebanan Biaya Dua Tahap  Prosedur pembebanan biaya dua tahap (two step cost asssignment) membebankan biaya sumber daya seperti biaya overhead pabrik ke tempat penampungan biaya aktivitas dan kemudian ke objek biaya untuk menentukan jumlah biaya sumber daya bagi setiap objek biaya.  Tahap kedua membebankan biaya aktivitas ke objek biaya dengan menggunakan penggerak biaya untuk konsumsi aktivitas yang tepat yang mengukur permintaan objek biaya yang ditempatkan pada aktivitas.  Dengan menggunakan penggerak biaya dalam kedua tahap pembebanan biaya.  Pada perhitungan biaya ABC :  Tahap pertama membebankan biaya overhead pabrik ke aktivitas dengan menggunakan penggerak biaya untuk konsumsi sumber daya yang tepat.

yaitu : 1. Membebankan biaya sumber daya ke aktivitas. . Mengidentifikasi biaya sumber daya dan aktivitas. 2. 3.Tahapan Dalam Mengembangkan Sistem Perhitungan Biaya ABC Mengembangkan sistem perhitungan biaya berdasarkan aktivitas membutuhkan tiga tahap. Membebankan biaya aktivitas ke objek biaya.

pengelolaan pabrik. 3. 1. . aktivitas ini merupakan aktivitas berdasarkan volume. 2. Aktivitas tingkat unit : dilakukan pada setiap unit produk atau jasa perusahaan. penjadwalan produksi.Tahap 1 : Mengidentifikasi Biaya Sumber Daya dan Aktivitas Untuk mengidentifikasi biaya sumber daya pada berbagai aktivitas. pembayaran pajak bangunan dan asuransi. pengaturan pesanan pembelian. Aktivitas tingkat produk : mendukung proses produksi produk atau jasa spesifik. contohnya mencakup pemakaian bahan baku langsung dan jam tenaga kerja langsung. Aktivitas tingkat kelompok : dilakukan pada setiap kelompok unit produk atau jasa. contohnya mencakup desain produk. contohnya seperti persiapan mesin. contohnya mencakup penyediaan keamanan. perusahaan perlu mengklasifikasikan seluruh aktivitas menurut cara bagaimana aktivitas tersebut mengkonsumsi sumber daya. Aktivitas tingkat fasilitas : mendukung operasi secara umum. 4. pembelian suku cadang yang dibutuhkan oleh produk.

 Penggerak biaya untuk konsumsi sumber daya biasanya mencakup jumlah : 1) Jam tenaga kerja untuk aktivitas tenaga kerja yang intensif 2) Karyawan untuk aktivitas yang terkait dengan penggajian 3) Persiapan untuk aktivitas yang terkait dengan dengan batch 4) Perpindahan untuk aktivitas penanganan bahan baku 5) Jam mesin untuk aktivitas perbaikan dan pemeliharaan 6) Luas lantai per meter persegi untuk aktivitas perawatan secara umum dan kebersihan . suatu perusahaan harus memilih penggerak biaya untuk konsumsi sumber daya berdasarkan hubungan sebab akibat.Tahap 2 : Membebankan Biaya Sumber Daya pada Aktivitas  Karena aktivitas memicu timbulnya biaya sumber daya yang digunakan dalam operasi.

.Tahap 3 : Membebankan Biaya Aktivitas ke Objek Biaya  Tahap terakhir adalah membebankan biaya aktivitas atau tempat penampungan biaya ke objek biaya berdasarkan penggerak biaya untuk konsumsi aktivtas yang tepat.  Outputnya adalah objek biaya untuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi.

Pengukuran profitabilitas yang lebih baik. 5. dimana tujuannya mengelola tingkat kapasitas untuk menurunkan biaya kapasitas yang belum maksimal serta menentukan harga produk dan jasa secara tepat. 2. Pengambilan keputusan yang lebih baik. 3. . Perbaikan proses. 4. Biaya dari kapasitas yang tidak digunakan. Estimasi biaya yang lebih baik.Manfaat dari Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas 1.

000 / 1.000 jam ( 7. Jam Rawat Inap bulan Juni) = $ 50 x 174.250 hari x 24 jam) rawat inap sebagai pembebanan biaya overheadnya. atau sebanyak 174.000 Total Jam Perawat Rumah Sakit 1.600.700. maka besarnya alokasi biaya overhead : (Tarif By.000 = $ 50 / jam Karena departemen ICU menggunakan sebanyak 7. a) Menggunakan tarif yang berlaku di seluruh rumah sakit : Total By.Overhead x Jlh.OH / Total Jam Perawat = $ 57.Overhead Rumah Sakit $ 57.152.250 hari.Overhead = Total By.600.152.000 jam = $ 8.000 Tarif By.000 .Pembahasan Soal 1.

000 = $ 123. Jam Rawat Inap bulan Juni) = $ 711.000 = $ 711.000 jam ( 7.140 .600. Pembahasan Soal 1.000 / 81. b) Menggunakan tarif yang berlaku di seluruh departemen ICU : Total By.250 x 24 jam ) rawat inap sebagai pembebanan by.733. atau sebanyak 174.Overhead Rumah Sakit $ 57. maka besarnya alokasi by.Overhead = Total By.Overhead x Jlh.000 Tarif By.250 hari.overheadnya.11 / jam Karena departemen ICU menggunakan sebanyak 7.overhead : (Tarif By.11 x 174.OH / Total Jam Perawat ICU = $ 57.600.000 Jam Perawat ICU bulan Juni 81.

c) Tarif penggerak biaya untuk departemen ICU : Perhitungan tarif penggerak biaya departemen ICU : Biaya Overhead yang dibebankan ke Departemen ICU : . Pembahasan Soal 1.

Pembahasan Soal 2. Perbedaan metode pembebanan biaya overhead :  Berdasarkan tarif biaya yang berlaku diseluruh rumah sakit : Dasar perhitungan yang digunakan adalah total biaya overhead rumah sakit yang dianggarkan dibagi dengan total jam perawat rumah sakit yang dianggarkan selama tahun berjalan.140 (perhitungan biaya berdasarkan volume).000 (perhitungan biaya berdasarkan aktivitas).  Berdasarkan tarif biaya yang berlaku diseluruh departemen ICU : Dasar perhitungan yang digunakan adalah total biaya overhead rumah sakit yang dianggarkan dibagi dengan aktual jam perawat ICU bulan Juni.700.000 (perhitungan biaya berdasarkan volume).733. Metode dengan tarif penggerak biaya (perhitungan biaya berdasarkan aktivitas) lebih tepat digunakan untuk .398. sehinggan biaya overhead yang dialokasikan sebesar $ 123.  Berdasarkan tarif penggerak biaya untuk departemen ICU : Dasar perhitungan yang digunakan adalah penggerak biaya aktivitas pada departemen ICU yang dianggarkan dibagi dengan jumlah konsumsi aktivitas yang dianggarkan. sehingga biaya overhead yang dialokasikan sebesar $ 8. sehingga alokasi biaya overhead yang dialokasikan sebesar $ 5.

 Perhitungan ABC membebankan biaya berdasarkan aktivitas ke produk atau jasa dengan menggunakan penggerak biaya untuk konsumsi aktivitas.  Perhitungan biaya berdasarkan aktivitas meningkatkan tingkat keakuratan pada perhitungan biaya karena mengidentifikasi aktivitas tingkat terperinci yang menyebabkan konsumsi sumber daya. bukan dengan penggerak biaya .Kesimpulan  Sistem perhitungan biaya berdasarkan volume menggunakan tarif biaya overhead berdasarkan volume yang sering kali menghasilkan biaya produk yang tidak akurat dan terdistorsi secara signifikan.

SEKIAN & TERIMA KASIH .