Definisi Teks Diskusi

Teks diskusi
Adalah salah satu jenis teks yang memberikan
dua pendapat mengenai suatu hal.
Pendapat tersebut tentu ada yang selaras dan
juga ada yang bertentangan.

Argumen. . Struktur isi teks diskusi isu/masalah :berisikan masalah yang akan didiskusikan/dibahas lebih lanjut. • Kesimpulan/saran: jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar kesimpulan yang kita ambil tidak lagi mendatangkan madsalah baru. • Argumen/pendapat yang mendukung: untuk menjabarkan lebih lanjut mengenai penjelasan tentang masalah yang dibahas.pendapat yang menentang/bertentangan: memberikan pendapat yang berbeda dengan pendapat yang mendukung.

Cara menyusun teks diskusi: • Menentukan topik masalah/isu • Menentukan tujuan(memberi penjelasan tentang pro dan kontra) • Mencari informasi/data tentang isu yang dipilih • Menyusun karangan teks/karangan • Mengembangkan karangan menjadi teks diskusi • Merevisi/menyunting teks diskusi .

baca kembali resume kita untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan atau tidak.  Menentukan dan mencatat gagasan utama Setelah memahami maksud dari si penulis. . Langkah-langkah membuat ringkasan (resume)teks diskusi :  Membaca teks atau naskah yang asli membaca naskah asli harus bsrulang kali sampai kita memahami keseluruhan isi dan memahami maksud si penulis.  Membaca kembali ringkasan(resume) yang telah dibuat Setelah selesai membuat resume.  Mulai menulis ringkasan (resume) Pergunakanlah gambaran umum tentang keseluruhan isi teks yang telah terbayang di otak kita dan hasil pencatatan gagasan utama tadi untuk dibuat resume.kita harus mampu menemukan pokok-pokok tulisan.

. 3. b) Memperluas unsur-unsur yang telah ada .dan pelengkap. 1.predikat. Unsur-unsur kalimat tunggal Inti suatu kalimat dibentuk subjek. b) Kalimat verbal: kalimat yang predikatnya berupa kata kerja. 2.Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu inti kalimat atau satu klausa. Jenis –jenis kalimat tunggal a) Kalimat nominal : kalimat yang predikatnya berupa kata benda.yakni keterangan. Perluasan kalimat tunggal a) Menambahkan unsur baru di samping unsur yang telah ada.objek.

 Kalimat majemuk setara sejalan ialah kalimat yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang bersamaan situasinya. 2. .Kalimat majemuk/ kompleks adalah kalimat yang terdiri atas dua kalimat tunggal atau lebih. 1.  Kalimat majemuk setara yang menyatakan sebab akibat ialah kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang isi bagian yang stu menyatakan sebab akibat dari bagian yang lain. Kalimat majemuk setara: kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa kalimat yang setara atau sederajat kedudukannya. Kalimat majemuk bertingkat: ialah kalimat yang terjadi dari bagian kalimat tunggal yang kedudukannya tidak setara/sederajat.  Kalimat majemuk setara berlawanan ialah kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang isinya menyatakan situasi berlawanan.

10. 6. 3. 4. 9. Anak kalimat pengganti objek/pelengkap pelaku. 8. 5. Anak kalimat pengganti subjek. Anak kalimat pengganti objek pasangan.Macam anak kalimat dalam kalimat majemuk bertingkat: 1. Anak kalimat pengganti objek alat. 2. 7.Anak kalimat pengganti keterangan waktu. Anak kalimat pengganti objek/pelengkap penderita. Anak kalimat pengganti predikat. Anak kalimat pengganti objek/pelengkap penyerta. Anak kalimat pengganti keterangan tempat. . Anak kalimat pengganti objek/pelengkap berkata depan.

. 3. Kalimat majemuk rapatan yaitu gabungan beberapa kalimat tunggalyang karena subjek.  Kalimat majemuk campuran yaitu gabungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.predikat atau objeknya sama. .

seperti akan.minum.mandi. Kata kerja adalah yang menyatakan pembuatan atau tindakan.pulang. • Ciri-ciri kata kerja  Dapat diberi aspek waktu.dan telah  Dapat diingkari dengan kata tidak  Dapat diikuti oleh gabungan kata dengan + KB/KS • MACAM.proses.pergi.dan keadaan yang bukan merupakan sifat.MACAM KATA KERJA (VERBA)  Verba dasar bebas.sedang.tidur  Verba turunan 1) Verba berafiks 2) Verba bereduplikasi  verba berproses gabung  Verba majemuk  Verba transitif  Verba intrasitif .makan.seperti:duduk.

kalau.sebaliknya.akibatnya.dan lagi.saat. • Konjungsi mengatakan waktu.misalnya:sebab.setelah itu. misalnya:asalkan.dan lain lain • Konjungsi pengandaian.seandainya.karena itu. lagi pula.misalnya:lalu.dan lain lain • Konjungsi persyaratan.misalnya:dan.misalnya:ketika. . • Konjungsi perlawanan.padahal. • Konjungsi urutan .andaikan.misalnya:atau. Kata hubung(konjung) adalah kata yang berfungsi menghungungkan dua kata atau kalimat. • Konjungsi pilihan. misalnya:andaikata.dan lain-lain • Konjungsi sebab akibat .misalnya:tetapi.kemudian.karena.  Macam macam konjungsi • Konjungsi penambahan .sejak.seumpamanya.sedangkan.jikalau.namun.tambahan lagi.lantas.

Menilai pendapat orang lain 6. Memperoleh keputusan bersama mengenai suatu masalah 4. Mengemukakan ide sendiri untuk diuji dan dinilai kebenarannya . 2. Mengadakan kesepakatan 3. Belajar dari orang lain dari banyak hal 5. Mendapatkan suatu pengertian tentang perbedaan dan kesamman pendapat.Pengertian diskusi kata diskusi berasal dari kata discussus(latin) yang berarti bertukar pendapat  Tujuan diskusi 1.

Teks ulasan Teks ulasan merupakan suatu kupasan.  Tafsiran isi • Tafsiran isi memuat pandangan pengulasannya sendirimengenal objek yang akan diulas.atau komentar terhadap sesuatu Struktur teks ulasan B.tafsiran.  Evaluasi Bagian evaluasi dilakukan penilaian terhadap objek.  Rangkuman Pada bagian ini.penampilan.penulis memberikan ulasan akhir berupa simpulan atas objek yang diulas tersebut .  Orientasi Merupakan gambaran umum atas suatu objek yang akan diulas. Pengertian Teks ulasan A.dan produksi.

• Resensi :merupakan kegiatan penilaian atau ulasan terhadap buku atau suatu karya.kelebihan dan kelemahan buku atau karya sastra • Identitas buku meliputi: a) Judul b) Nama pengarang c) Kota dan nama penerbit d) Tahun atau isi penerbitan e) Tebal buku . Objek teks ulasan • Tajuk rencana : merupakan artikel pokok dalam suatu kabar yang berisi pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan.atau memberikan suatu gambaran kepada khalayak mengenai isi.

Kata rujukan 3. Konjungsi . Kalimat kompleks 2.Unsur kebahasaan teks ulasan  Teks ulasan menggunakan 1.

NAMA: KURATUL AINI KELAS: 8B NO.ABSEN:17(tujuh belas) .

Fitur bahasa teks diskusi 1) Kalimat tunggal dan kompleks 2) Kata kerja 3) Kata modalitas 4) Kata kerja aksi 5) Konjungsi perlawanan 6) Kohesi lekslikal Kohesi lekslikal Adalah kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata/istilah. .