CASE REPORT

KURANG PERCAYA DIRI PADA PASIEN
HEMODIALISIS
Ayuvy Monzalitza
1102013051

tetapi juga mengalami gangguan psikososial dan spiritual. . Maka kebutuhan pasien pada stadium lanjut suatu penyakit tidak hanya pemenuhan dan pengobatan gejala fisik. namun juga pentingnya dukungan terhadap kebutuhan psikologis. sosial dan spiritual yang dilakukan dengan pendekatan interdisiplin yang dikenal sebagai perawatan paliatif. LATAR BELAKANG Pasien dengan penyakit kronis tidak hanya mengalami berbagai masalah fisik.

LATAR BELAKANG Dalam menghadapi penyakitnya. Kepercayaan diri akan berkurang seiring memburuknya penyakit sehingga pasien menarik diri dari lingkungannya bahkan dari keluarganya. Beberapa orang dapat menerima keadaan. tetapi masih banyak pula yang mengalami kesulitan. pasien pasti dihadapkan pada perubahan-perubahan yang tidak jarang mengganggu psikologis pasien. .

PRESENTASI KASUS Identitas Pasien Nama : Ny. M Jenis Kelamin : Perempuan Umur : 60 tahun Alamat : Bekasi Agama : Islam Pekerjaan :- .

PRESENTASI KASUS Diabetes Pengangkatan Melitus Batu Ginjal Hemodialisis Batu Ginjal Penyakit Ginjal Kronis .

PRESENTASI KASUS Psikososial .Sebelumnya. Sejak memulai hemodialisis. . Ny. M tergabung dalam sebuah komunitas pengajian. Ny. M menarik diri dari lingkungannya.

sosial dan spritual merupakan hal yang terpenting. Kontrol dari rasa sakit. DISKUSI Perawatan paliatif adalah perawatan yang aktif dan menyeluruh terhadap pasien-pasien yang penyakitnya tidak lagi memberikan tanggapan kepada pengobatan yang menyembuhkan. gejala-gejala lain. Tujuan dari perawatan paliatif adalah mencapai kualitas hidup yang terbaik bagi pasien-pasien dan keluarganya . masalah-masalah psikologis.

Rasa cemas yang meningkatkan rasa nyeri .Sosio-Kulturo-Spiritual . DISKUSI Aspek-aspek Psikologis . kemampuan konsentrasi dan harga diri .Depresi berupa penurunan gairah hidup. interest.

Masalah-masalah Komunikasi . DISKUSI Penyakit dan Masalah Psikososial 1. Perubahan Dalam Konsep Diri Pasien 2. Masalah-masalah mengenai Interaksi Sosial Menurunnya fungsi mental dan fisik pasien yang menyebabkan perilaku menarik diri karena berbagai alasan 3.

Tahap Kaget 2. Tahap Amarah 4. DISKUSI Lima tahap yang mungkin dilewati oleh pasien penyakit terminal 1. Tahap Penolakan 3. Tahap Pasrah . Tahap Depresi 5.

Pengobatan meliputi pembelajaran untuk menghadapi gejala-gejala & ketidakmampuan 2. DISKUSI Penyesuaian/coping 1. meliputi upaya untuk mengendalikan perasaan negatif dan memelihara pandangan positif dengan cara konseling dan pemberian dukungan serta nasehat . Fungsi psikososial umum.

seseorang hendaknya tidak menyerah dan berputus asa. • "Hai anak-anakku. Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah. DISKUSI Dalam menghadapi cobaan. melainkan kaum yang kafir" [QS Yusuf:87] . Pergilah kamu.

SIMPULAN Seseorang yang mengalami suatu penyakit berat akan menimbulkan perubahan-perubahan yang akan menurunkan rasa percaya diri sehingga ia akan mulai menarik diri dari lingkungannya. . Sikap menarik diri ini adalah proses yang wajar mengingat rasa sakit dan pengobatan yang ia jalani. rasa malu kepada lingkungan akan perubahannya dan rasa panik karena merasa sudah dekat dengan kematian. Keluarga memegang peranan sangat penting untuk membantu pasien meningkatkan gairah hidupnya.

Jika pasien dan keluarga pasien memiliki kondisi psikologis dan sosial yang baik. maka hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Pasien beserta keluarga harus terus berusaha dan berdoa karena sesungguhnya seorang muslim harus selalu bersabar dan tidak berputus asa. . SIMPULAN Pasien dan keluarga dapat dibantu dengan mengikuti konseling ataupun pemberian nasehat dan dukungan tak lupa untuk senantiasa berpikir positif.

IJoC [Internet]. Achmad.php/gaster/article/view/58/55 KEPMENKES RI NOMOR: 812/MENKES/SK/VII/2007 Tentang Kebijakan Perawatan Palliative Menteri Kesehatan Republik Indonesia Zainudin. Dakwah Sunnah.stikes-aisyiyah. Atika Dwi et al.id/e-journal/index. 2008.ac. Health Seeking Behavior Para Pasien Poli Perawatan Paliatif Studi Eksploratif terhadap Lima Pasien Poli Perawatan Paliatif RSUD dr. DAFTAR PUSTAKA Al-Qur'an dan Terjemahannya. 2010. dalam http:// jurnal.unair.or. 2013. Diakses pada 16 November 2016. Paliative Care Pada Penderita Penyakit Terminal [Internet].com/artikel/aqidah/396-karena-memang-seorang-muslim-pantang-be rputus-asa . Diakses pada 16 November 2016. Departemen Agama RI. Penanganan Masalah Sosial dan Psikologis Pasien Kanker Stadium Lanjut dalam Perawatan Paliatif.id/index.id/filerPDF/01%20Achmad.ac.%20Health%20Seeking% 20Behavior. Diakses pada 19 November 2016.pdf Damayanti. Soetomo Surabaya [Internet]. Ahmad. Chusairi. dalam http:// www. Jakarta: Bumi Restu. 2003.journal.dakwahsunnah. Karena Memang Seorang Muslim Pantang Berputus Asa. Cemy Nur. dalam http ://www.indonesianjournalofcancer.php/ijoc/article/view/36 Fitria. 1976. Diakses pada 19 November 2016 dalam http:// www.

Related Interests