Kelompok 4

Kirana Dyah Yogasafitri
Mega Cahya Alfira
M. Ikhlasul Abdi
M. Sa’id Fauzi
Nabila Faza Aulia Putri S.

Bagaimana pendapatmu tentang aturan tersebut? . Soal Tugas Kelompok halaman 53 -Pemerinta Kota Medan dan DKI Jakarta membuat aturan yang menetapkan bahwa seorang pengemis dan seorang pemberi sumbangan kepada pengemis di jalan raya akan dihukum.

agar masyarakat menjadi tertib dan tidak ada lagi yang menjadi pemalas.Jawaban Tugas Kelompok Halaman 53 Setuju dengan pendapat itu. tidak mau berusaha untuk mencari pekerjaan (selain meminta-minta atau mengemis) dan menjadikan mengemis sebagai pekerjaan utama (pekerjaan tetap) . Apabila pengemis selalu mendapat uang (penghasilan) dari hasil mengemisnya (dari pemberi). pengemis itu akan selalu malas.

. Sebutkkan pula perbuatan baik yang menurutmu bisa mendapat pahala serta berikan pula alasannya.Soal Tugas kelompok halaman 55 Tuliskan perilaku yang tidak baik yang pernah kamu lakukan. Mengapa perilaku itu menurutmu tidak baik? Apakah kamu merasa bersalah dan merasa berdosa ketika melakukan perbuatan yang tidak baik? Berikan alasanmu.

Orang yang melakukan perilaku tersebut akan dijauhi orang. menyontek. sombong. dan lain-lain . dikucilkan. Namun. kami merasa berdosa. mengejek orang lain. Dalam kehidupan masyarakat. mengerjai teman. Jawaban Penanaman Nilai II Perilaku buruk yang pernah kami lakukan antara lain : berbohong. dan egois Karena perilaku tersebut tidak sesuai dengan nilai kesusilaan. semua tindakan manusia dibatasi oleh aturan untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat. Iya. baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian dari makhluk sosial. memukuli teman. ditengah kehidupan masyarakat kadang masih dijumpai tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. memutus tali slaturahmi.

.-Lanjutannya. Karena perilaku tersebut adalah perilaku terpuji. . dapat menjaga perasaan orang lain. akan mendekatkan diri kepada Tuhan YME dan mempererat tali silaturahmi. bersedekah.. (jawaban Penanaman Nilai II) Perbuatan baik yang menurut kami bisa mendapat pahala adalah beribadah dan berdoa kepada Tuhan YME. saling menghormati dan menghargai. berbuat baik kepada sesama. Tuhan YME menyukai perbuatan yang terpuji. membantu orang yang sedang memerlukan bantuan. memiliki sifat simpati dan empati. Dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang terpuji.