Universitas Muhammadiyah Ponorogo

 Menjadi gaul yang islami insya Allah
bisa kita lakukan dengan minimal tiga
kunci :
◦ Moral; artinya selalu berkomitmen
kepada aturan-aturan dan nilai-nilai
Islam.
◦ Respek; artinya menghargai orang
lain, dan
◦ Komunikatif; pandai menjalin
komunikasi

 Dalam perkara-perkara umum (sosial) kita tetap menjalin hubungan yang baik dengan non muslim.  Ada tiga jenis non muslim : ◦ kafir harbi ◦ kafir dzimmi ◦ kafir mu’ahad .

dan semacamnya. tidak mengikuti ritual ibadah mereka. Seperti: kita tidak mengucapkan dan menjawab salam kepada mereka. kita tegas terhadap non muslim. Masing-masing mendapat perlakuan yang berbeda dalam masalah aqidah dan ‘ubudiyah. .

 Sesama muslim adalah bersaudara. seperti tubuh yang satu dan seperti satu bangunan yang kokoh dan saling mendukung antar bagiannya. .

 Pergaulan sesama muslim dibalut dengan ukhuwah islamiyah. . Derajat-derajat ukhuwah islamiyah adalah. ◦ salamatus shadr wal lisan wal yad ◦ yuhibbu liakhihi maa yuhibbu linafsih ◦ iitsaar.

 jika diberi salam hendaknya menjawab  jika ada yang bersin hendaknya kita doakan.  jika diundang hendaknya menghadirinya.  jika ada yang meninggal hendaknya kita sholatkan dan kita antar ke pemakamannya.  jika dimintai nasihat hendaknya kita memberikannya. .  jika ada yang sakit hendaknya kita jenguk.

amal saleh. baik dari laki-laki maupun perempuan. melainkan jaiz (boleh). atau lain-lain yang memerlukan banyak tenaga. Sebenarnya pertemuan antara laki-laki dengan perempuan tidak haram. hal itu kadang-kadang dituntut apabila bertujuan untuk kebaikan. perjuangan. kebajikan. Bahkan. seperti dalam urusan ilmu yang bermanfaat. .

Kita pun tidak perlu memindahkan budaya Barat kepada kita. kebolehan itu tidak berarti bahwa batas-batas diantara keduanya menjadi lebur dan ikatan-ikatan syar`iyah yang baku dilupakan. . Namun.

 Menahan pandangan dari kedua belah pihak  Pihak wanita harus mengenakan pakaian yang sopan yang dituntunkan syara`Yaitu pakaian yang menutup seluruh tubuh selain muka dan telapak tangan. Jangan yang tipis dan jangan dengan potongan yang menampakkan bentuk tubuh .

 Mematuhi adab-adab wanita muslimah dalam segala hal. terutama dalam pergaulannya dengan laki- laki .

Allah berfirman: `… Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya. harus menghindari perkataan yang merayu dan membangkitkan rangsangan. dan ucapkanlah perkataan yang baik. .` (al- Ahzab: 32). Dalam perkataan.

Firman Allah `… Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan…` (an- Nur: 31). Dalam berjalan. . jangan memancing pandangan orang.

 Hendaklahmencontoh wanita yang diidentifikasikan oleh Allah dengan firman-Nya: `Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan kemalu- maluan …` (al-Qashash: 25) .

jangan berjingkrak atau berlenggak-lenggok. . Dalam gerak.(HR Ahmad dan Muslim) Jangan sampai ber-tabarruj (menampakkan aurat) sebagaimana yang dilakukan wanita-wanita jahiliah tempo dulu atau pun jahiliah modern. seperti yang disebut dalam hadits: `(Yaitu) wanita- wanita yang menyimpang dari ketaatan dan menjadikan hati laki-laki cenderung kepada kerusakan (kemaksiatan).

. bukan di jalan dan di dalam pertemuan-pertemuan dengan kaum laki-laki. Menjauhkan diri dari bau- bauan yang harum dan warna- warna perhiasan yang seharusnya dipakai di rumah.

Banyak hadits sahih yang melarang hal ini seraya mengatakan :  Menutup Aurat  Kholwah  Tabarruj. . Jangan berduaan (laki-laki dengan perempuan) tanpa disertai mahram.

tapi … . tapi ada batas-batasnya. Boleh saling mengenal antara laki-laki dan perempuan.  Wanita muslimah boleh bersuara diantara kaum laki-laki.  Boleh berkomunikasi antara laki- laki dan perempuan.

 sopan dan tidak memunculkan fitnah.  tidak ketat dan memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh. begitu pula sebaliknya.  tidak berpakaian dengan sombong. .  tidak tabarruj.  tidak menunjukkan perhiasan secara berlebihan.  tidak transparan. Hendaknya masing-masing berbusana sesuai syariat:  menutup aurat.  pakaian laki-laki tidak menyerupai pakaian wanita.

 Tidak ikhtilath.  Jangan sentuh aku! Jangan pegang aku! Nanti aku lempar dengan sepatu! Bersalaman boleh nggak? . Tidak berkhalwat.  Menundukkan pandangan.

Juga tidak memakai minyak wangi ketika berada diluar rumah. . Seorang muslimah tidak melenggak-lenggokkan tubuhnya sedemikian rupa yang memunculkan hasrat.

 Tidak melakukan hal-hal yang bisa memunculkan fitnah diantara kedua jenis . juga jangan bersama dengan orang yang malah menjadi musuh dalam selimut. Seorang muslimah tidak BOLEH bepergian JAUH sendirian jika dirasa tidak aman.