Disusun Oleh Kelompok 6

:
Rohikim Mahtum : 1503408033
Catur Risma M : 1503408031
Wildani : 1503408028

adalah: a. Korteks c. Silinder Pusat/Stele .Struktur Umum Akar  Secara anatomi ( dipotong melintang ) Struktur dan jaringan penyusun akar tumbuhan Pada akar muda bila dilakukan potongan melintang akan terlihat bagian-bagian dari luar ke dalam. Endodermis d. Epidermis b.

Rambut rambut akar berfungsi memperluas bidang penyerapan. .  Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktivitas sel dari belakang titik tumbuh. dinding selnya mudah dilewati air. bertugas menyerap air dan garam-garam mineral terlarut. Bulu akar merupakan modifikasi dari sel epidermis akar.Epidermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat.  Susunan sel-selnya rapat dan setebal satu lapis sel. bulu akar memperluas permukaan akar.

. dan sklerenkim. sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. Jaringanjaringan yang terdapat pada korteks antara lain: parenkim.Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapislapis  dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. kolenkim.  Letaknya langsung di bawah epidermis. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim.

.Endodermis terletak di sebelah dalam korteks  Endodermis berupa satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Air dan zat-zat terlarut yang melewati endodermis harus melalui protoplasma yang melekat pada pita kaspari dan melalui dinding sel yang letaknya sejajar dengan silinder pusat. Pita kaspari ini tidak tembus air dan zat-zat terlarut lainnya.

Berkas Pembuluh Angkut/Vasis Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. . .Stele (silinder pusat) terletak di sebelah dalam endodermis  Silinder pusat/stele merupakan bagian terdalam dari akar. Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar. . Terdiri dari berbagai macam jaringan : .Persikel/Perikambium Merupakan lapisan terluar dari stele.Empulur Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim.

Bagian penting embrionya adalah akar embrionik yaitu calon akar. bagian ujung-ujung akar. Berlangsung pada embrio.  Terdiri dari berbagai macam jaringan : Mikoriza Bintil Akar Diferensiasi Jaringan pada Akar .Akar Primer  Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer.

Oleh sebab itulah kenapa pada tumbuhan dikotil selain menjadi tinggi. gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumubuhan.  Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil. .Akar Sekunder  Pertumbuhan akar sekunder disebabkan oleh aktivitas meristem lateral yang dalam hal ini adalah sel-sel kambium. batangnya juga menjadi besar karena aktivitas meristem lateral (kambium) tersebut.

TERIMA KASIH .