PENGARUH PENUAAN

TERHADAP FISIOLOGIS
PENGLIHATAN

o
l
e
h

D r. H . D J A R I Z A L , S p M , M P H

Bag/SMF Ilmu Penyakit Mata
F K I K- U N J A / R S U D R a d e n M a t t a h e r

DISAMPAIKAN 6 APRIL 2016

Pendahuluan

Sejarah
Gerontologi : geront (Yunani) = orang
usia lanjut
- Elie Metchnikoff (1903)
Geriatri
- Ignatz Nascher (1909)
- Dr. Marjorie Warren (Inggris,
1935)

diagnosis. sosiologi yang terkait dg proses penuaan Geriatri : cabang ilmu kedokteran yang menitikberatkan pada pencegahan.pengobata n dan pelayanan kesehatan pada usia lanjut .Pendahuluan ( cont’d ) Gerontologi : ilmu yang mempelajari proses menua & semua aspek biologi.

.” Menua “ Definisi “Menua( = menjadi tua = aging) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri/mengganti diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap jejas (termasuk infeksi) dan memperbaiki kerusakan yang diderita “ (Constantinides.Proses Penuaan.1994) .

• Dengan begitu manusia secara progresif akan kehilangan daya tahan terhadap infeksi dan akan menumpuk makin banyak distorsi metabolik dan struktural yang disebut sebagai “Penyakit Degeneratif” • Ada yang menganalogikan menuanya manusia sepertinya ausnya suku cadang suatu mesin yang bekerja sangat kompleks yang bagian-bagianya sangat mempengaruhi secara fisik dan somatik .

Banyak teori proses menua Teori “ Genetik Clock “ Teori “ Mutasi Somatik” ( Error Catastrophe ).  Teori Autoimmun  Teori Menua akibat metabolisme Kerusakan Radikal bebas Tidak ada 1 teori tunggal yang dapat menjelaskan seluruh proses menua .

Teori “Genetik Clock” Menurut teori ini menua telah terprogram secara genetik untuk spesies-spesies tertentu. jadi menurut konsep ini bila jam kita tidak berputar berarti kita meninggal dunia. jam ini akan menghitung mitosis dan menghentikan replikasi sel bila tidak diputar. meskipun tanpa disertai kecelakaan dan penyakit . TEORI –TEORI PROSES MENUA 1. tiap spesies mempunyai didalam nukleus(inti sel)nya suatu jam genetik yang telah diputar menurut suatu replikasi tertentu.

• Faktor-faktor yang menyebabkan proses menua adalah faktor lingkungan yang menyebabkan terjadinya mutasi somatik • Radiasi dan zat kimia dapat memperpendek umur. 2. sebaliknya menghindari terkena radiasi atau tercemar zat kimia yang bersifat karsinogenikatau tolsik dapat memperpanjang umur • Menurut teori ini terjadi mutasi yang progresif pada DNA sel somatik . Mutasi Somatik (teori Error Catastrophe). akan menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan fungsional sel tersebut . .

maka hal ini dapat menyebabkan sistem imum tubuh menganggap sel yang mengalami perubahan tersebut sebagai sel asing dan menghancurkannya. perubahan ini yang menjasi dasar terjadinya peristiwa autoimum . Rusaknya sistem Imum Tubuh  Mutasi yang berulang atau perubahan protein pasca translasi. . dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan sistem imum tubuh mengenali dirinya sendiri (self recognation)  Jika mutasi somastik menyebabkan terjadinya kelainan pada antigen permukaan sel. 3.

. karena sangat reaktif. sehingga dapat bereaksi denga DNA. seperti dalam membran sel . Kerusakan Akibat radikal bebas Radikal bebas (RB) dapat terbentuk dialam bebas dan didalam tubuh jika fagosit pecah dan sebagai produk sampingan didalam rantai pernafasan didalam mitokondria Radikal bebas bersifat merusak. 4. asam lemak tidak jenuh. protein.

insulin. ternyata bahwa panjang umur berasosiasi dengan tertundanya proses degenerasi • Perpanjangan umur karena penurunan jumlah kalori antara lain disebabkan karena menurunnya salah satu beberapa proses metabolisme sehingga terjadi penurunan pengeluaran hormon yang merangsang proliferasi sel mis. hormon pertumbuhan . Teori Menua Akibat Metabolisme • Pengurangan intake kalori pada rodentia muda akan menghambat petumbuhan dan memperpanjang umur • Hewan yang paling terhambat pertumbuhannya dapat mencapai umur 2 x lebih panjang umur kontrolnya.5.

Bagaimana Proses Menjadi Tua? Gaya hidup Sel menjadi GENETIK Mengkerut Jaringan menjadi Rusak LINGKUNGAN Organ tubuh Menjadi tua .

.

.

Pada proses menua  komponen lensa terbanyak : air dan protein  kekurangan air lensa menjadi lebih padat ditengahnya . .  Terjadi perubahan protein dengan berat molekul tinggi  Menyebabkan perubahan indeks refraksi lensa sehingga memantulkan sinar masuk dan mengurangi transparansi lensa Perubahan kimia ini juga didikut dengan pembentukan pigmen pada nukleus lensa. Implikasi Klinik Proses Menua I .Katarak Senilis.  terbentuk lapisan kortikal yang baru pada lensa  nukleus lensa terdesak dan mengeras.

Katarak senilis ( cont. pada korteks jelas kerusakan serat sl. brown sclerotic nucleus.d ) Perubahan lensa yang terjadi :  Kapsul : menebal dan kurang elastik ( ¼ dibanding anak ).triptofan. metionin.  Serat lensa : lebih irreguler. bengkak dan vakuolisasi mitokondria yang nyata. sistein. bentuk lamel kapsul berkurang atau kabur dan terlihat granuler. Kadar asam askorbat tingg dan menghalangi fotooksidasi .I.tirosin ) .  Epitel makin tipis : sel epitel ( germinatif ) pada equator bertambah besar dan berat.sinar uv merubah protein nukleus( histidin.

dehidrasi.brunesen a nigra Korteks : timbulnya celah diantara serabut lensa yang berisi air dan penimbunan kalsium lensa menjadi tebal. Katarak senilis ( cont. cembung dan membengkak…Myopia. Terjadi juga penimbunan pigmen.d ) Nukleus : Serabut – serabut yang terbentuk lbh dulu terdorong ke arah tengah menjadi lebih padat ( nukleus ). .penimbunan kalsium dan sclerosis. Akhirnya mukleus yang berwarna putih menjadi kekuningan dan coklat dan kemudian hitam..I.

Katarak senilis ( cont.d ) Morfologi :  Katarak nuklear  Katarak kortikal  Katarak subkapsularis Posterior • Stadium Klinis  Insipiens  Imatur  Matur  Hipermatur .I.

kekakuan untuk akomodasi Kontraksi otot silier yang berkuran sehingga mengakibatkan fungsi zoonula zinii tak sempurna. dimana punctum proksimum yaitu titik terdekat yang dapat dilihat dengan akomodasi yang maksimal telah begitu jauh sehingga pekerjaan dekat jadi suli Proses fisiologis Kekerasan Lensa. Presbiopia Presbiopia merupakan keadaan refraksi mata..II. .

. Menopause .III. Dry Eye Syndroma Gangguan sirkulasi air mata Penyakit yang menyebabkan Tear Film terganggu  lipid… kelenjar meibom  mucin… gangguan epitel sel goblet  airmata… kelenjar lakrimal  Gangguan hormon.

TERIMA KASIH .