RANCANGAN DATA AKIUSISI ONLINE

MONITORING ANALISA UNSUR
DENGAN XRF UNTUK INDUSTRI
KERTAS

Di presentasikan oleh :

Abdulmanan Maliki
NIM. 13113034

Latar belakang

 Kebutuhan kertas semakin meningkat.
 Perkembangan industri kertas menimbulkan persaingan.
 Usaha meningkatkan kualitas & efesiensi produksi kertas
tanpa meningkatkan biaya produksi.

Identifikasi masalah  Penambahan aditif pada saat produksi sangat berpengaruh terhadap kualitas kertas yang dihasilkan. produsen harus pintar mengatur penggunaan aditif agar biaya produksi dapat lebih ditekan. akan tetapi dengan harga komponen furnish yang cukup beragam. .

Rumusan masalah  Bagaimana cara agar proses produksi di industri kertas dapat dilakukan secara otomatis?  Bagaimana cara mengatasi melambungnya biaya produksi kertas karena pemakaian aditif yang tidak efisien? .

Tujuan  Dengan menggunakan metode X-Ray Flourescence (XRF) yang dilengkapi komputer diharapkan dapat membantu para produsen kertas agar dapat mempertahankan kualitas produksi tanpa melambungkan biaya produksinya. .

.  XRF juga dapat digunakan untuk menghitung kadar suatu zat / unsur tertentu pada suatu benda.Landasan teori X-Ray Fluorescence (XRF)  X-Ray Fluorescence (XRF) merupakan suatu teknik analisis non-destructive yang digunakan untuk menetapkan komposisi unsur suatu material.

Landasan teori Inter-Integrated Circuit (I2C)  Inter-Integrated Circuit (I2C) merupakan salah satu standar komunikasi serial yang menyediakan cara sederhana berbagi informasi digital antara sensor dengan mikrokontroler maupun mikrokontroler dengan mikrokontroler.  Pengiriman data secara sekuensial. .  I2C hanya membutuhkan 2 jalur komunikasi yaitu dengan menggunakan Serial Data (SDA) dan Serial Clock (SCL).

Landasan teori Inter-Integrated Circuit (I2C) .

baik software maupun hardware-nya. Arduino dapat memproses suatu input dari berbagai sumber seperti sensor. button dan lainnya. lalu mengeluarkannya dalam bentuk output tertentu .Landasan teori Arduino  Arduino merupakan suatu perangkat elektronik yang bersifat open-source yang pengoperasiannya mudah.

 Potensiometer memiliki tiga kaki terminal dengan sebuah tuas yang dapat diputar ataupun digeser untuk mengatur nilai Resistansinya.Landasan teori Potensiometer (POT)  Potensiometer (POT) adalah salah satu jenis Resistor yang nilai Resistansinya dapat diatur sesuai kebutuhan pemakai.  Potensiometer Slider  Potensiometer Rotary  Potensiometer Trimmer .

Pokok bahasan Alat dan bahan :  Power Supply  Project Board  Kabel Jumper  Potensiometer  Arduino Mega x3  Kabel Serial (untuk Arduino)  PC / Laptop  Software Arduino IDE .

Pokok bahasan Block diagram Block diagram perangkat analisa unsur dengan teknik XRF untuk industri kertas. .

.32 Bit Komputer Proses Basis Weight Moisture TiO2 Sub Modul Sub Modul CaCO3 Antar muka data input Catu Daya Clay Konverter arus ke tegangan (4 – 20 mA ke 0 – 3 V) dll.Pokok bahasan Block diagram Dedicated Computer Proces Sub Modul Sub Penampil Komunikasi I2C LCD 4 x 20 Sub Modul USB Port Mikrokontroller ADC 16 . maks 12 kanal AC 220V/50 Hz Block diagram Dedicated Computer.

Pokok bahasan Skematik Rangkaian .

Pokok bahasan Skematik Rangkaian Tampilan pada Projectboard .

Pokok bahasan Skematik Rangkaian Tampilan pada saat percobaan .

.Pokok bahasan Flowchart mulai Terima data Kirim data ke komputer proses Tampilkan data Simpan data Selesai Flowchart laju data dari sensor ke personal computer.

.Pokok bahasan Program Program Arduino dan hasil pecobaan pembacaan 12 analog input.

Pokok bahasan Analisis  komunikasi I2C ini pengiriman datanya sekuensial yaitu hasil keluaran berubah berurutan berdasarkan posisi dari Arduino Master-nya. ????? ????? = × 5 ??? 255 .  keluaran dari slave itu 10 bit sedangkan setelah dikirim dan dibaca oleh master maka data menjadi 8 bit.

 Komunikasi serial memiliki kelebihan yaitu pengkabelannya lebih sederhana karena hanya membutuhkan dua jalur komunikasi  Kekurangan dari komunikasi serial adalah pentransferan data yang sekuensial sehingga perubahan data lambat. .Penutup Kesimpulan  XRF yang dilengkapi dengan computer dapat digunakan untuk memantau tingkat kepekatan ataupun jumlah suatu senyawa ataupun benda.

Penutup Saran  Penambahan kontrol PI  Monitoring kerja alat .

. Wb. SEKIAN Hatur nuhun!! Wasalamualaikum Wr.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.