“SISTEM POLITIK DI INDONESIA”

Cintya Rusadi 1610713134
Nurul Indah Cahyaningrum 1610713135
Novaditya Putri Ayuhandayani 1610713136
Nabilla Safira 1610713137
Salshabiyla Naura Almamira C. 1610713138

(sustēma) adalah suatu kesatuan yang yaitu “polis”. atau energi untuk mencapai suatu tujuan. materi perkembangan kotanya. . yang memiliki arti terdiri komponen atau elemen yang berstatus negara/negara kota yang dihubungkan bersama untuk kegiatanya untuk kelestarian dan memudahkan aliran informasi. Pengertian Sistem berasal dari Bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani Politik berasal dari Bahasa Yunani.

Sukarno. control. Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan – hubungan antara manusia yang melibatkan sampai dengan tingkat tertentu. Beberapa definisi mengenai sistem politik Menurut Almond. . sistem politik adalah sekumpulan pendapat. Dahl. Sistem Politik menurut Rusadi Kartaprawira adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik yang berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng. kekuasaan. Sistem Politik adalah interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. prinsip yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara. ataupun wewenang. Menurut Drs. pengaruh. Menurut Robert A.

. Adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukan suatu proses yang langsung memandang dimensi waktu (melampaui masa kini dan masa yang akan datang).

• Semua sistem politik adalah sistem campuran dalam pengertian kebudayaan. . Ciri – Ciri Sistem Politik (The Politics of Developing Areas) • Mempunyai kebudayaan politik dalam pengertian bahwa masyarakat yang paling sederhana pun mempunyai tipe struktur • Fungsi-fungsi nya sama walaupun tingkatnya berbeda-beda yang ditimbulkan karena perbedaan struktur • Semua struktur politik walaupun dispesifikasikan dengan berbagai unsur baik itu pada masyarakat primitif maupun pada masyarakat modern melaksanakan banyak fungsi.

Fungsi Sistem Politik Kapabilitas Regulatif Kapabilitas Ekstraktif 1. . Kapabilitas Kapabilitas Distributif Kemampuan Kapabilitas Responsif sistem politik dalam menjalankan Kapabilitas Simbolik fungsinya (eksistensi) di Kapabilitas Dalam Negeri dan lingkungan yang Internasional lebih luas.

Konversi menggambarkan kegiatan pengolahan input 3. Adaptif yaitu menyangkut sosialisasi & rekruitmen yg bertujuan memantapkan bangunan struktur politik dari sistem politik .2.

Sukarna (1979:28-29) mengemukakan ada dua fungsi utama yang merupakan ciri esensial (yang perlu ada) dalam sistem politik. Perumusan kepentingan rakyat (identification of interest in the population) 2. . Pemilihan pemimpin atau pejabat pembuat keputusan (selection of leaders orofficial decision maker). ialah: 1.

. dan yudikatif ). Politik adalah semua lembaga-lembaga negara yang tersebut di dalam konstitusi negara(termasuk fungsi legislatif. Sistem Politik di Indonesia Sistem politik Indonesia dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan mencapai tujuan nasional maka harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. eksekutif. Dalam Penyusunan keputusan-keputusan kebijaksanaan diperlukan adanya kekuatan yang seimbang dan terjalinnya kerjasama yang baik antara suprastruktur dan infrastruktur politik sehingga memudahkan terwujudnya cita-cita dan tujuan- tujuan masyarakat/Negara.

Mahkamah Agung. DPR. DPD. Mahkamah Konstitusi. Presiden dan Wakil Presiden. . Lembaga-lembaga tersebut di Indonesia diatur dalam UUD 1945 yakni MPR. Dalam hal ini yang dimaksud suprastruktur politik adalah Lembaga- Lembaga Negara. Lembaga-lembaga ini yang akan membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Komisi Yudisial.

dan pranata politik lainnya adalah merupakan infrastruktur politik. . Tokoh Politik (Political Figure). melalui badan-badan inilah masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya. Badan yang ada di masyarakat seperti Parpol. Alat/Media Komunikasi Politik. Tuntutan dan dukungan sebagai input dalam proses pembuatan keputusan. Kelompok kepentingan (Interest Group). media massa. Kelompok Penekan (Pressure Group). Ormas. Dengan adanya partisipasi masyarakat diharapkan keputusan yang dibuat pemerintah sesuai dengan aspirasi dan kehendak rakyat.

Adapun prinsip-prinsip sistem politik demokrasi di Indonesia antara lain: • Pembagian kekuasaan eksekutif. legislatif dan yudikatif berada pada badan yang berbeda • Pemerintah berdasarkan konstitusi • Negara berdasarkan atas hukum • Jaminan terhadap kebebasan individu dalam batas-batas tertentu • Pemerintahan mayoritas • Pemilu yang bebas • Parpol lebih dari satu dan mampu melaksanakan fungsinya .

kewenangan. UUD 1945 juga mengatur hak dan kewajiban warga negara. tugas. dan hubungan antara lembaga-lembaga negara. Perkembangan Sistem Politik di Indonesia • Sistem Politik Indonesia Sebelum Amandemen UUD 1945 UUD 1945 adalah konstitusi negara Indonesia yang mengatur kedudukan dan tanggung jawab penyelenggaraan negara. .

Selain itu dpr menetapkan anggaran belanja negara dan mengawasi jalannya pemerintahan. KY dan MA. • Kekuasaan eksekutif berada ditangan presiden. dan bertanggung jawab. Presiden tidak bertanggung jawab pada parlemen. • Tidak ada lembaga tertinggi dan lembaga tinggi negara. .dpr tidak dapat dibubarkan oleh presiden beserta kabinetnya. • Kekuasaan membentuk uu ada ditangan dpr. terdapat pemerintah pusat dan pemerintah daerah. tetapi dapat mengajukan usulan pemberhentian presiden kepada MPR. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden beserta wakilnya dipilih dalam satu paket secara langsung oleh rakyat. DPD. Masa jabatan presiden beserta wakilnya adalah 5 tahun dan setelahnya dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan. nyata. Dengan demikian. NKRI terbagi dalam 33 daerah provinsi dengan menggunakan prinsip desentralisasi yang luas. sedangkan bentuk pemerintahan adalah republik. • DPA ditiadakan yang kemudian dibentuk sebuah dewan pertimbangan yang berada langsung dibawah presiden. BPK. Yang ada lembaga-lembaga negara seperti MPR. MK. DPR. dan tidak dapat membubarkan parlemen. presiden. • Sistem Politik Indonesia Setelah Amandemen UUD 1945 Pokok-pokok sistem politik di Indonesia setelah amandemen UUD 1945 adalah sebagai berikut : • Bentuk negara adalah kesatuan.

” ujar Wapres Kalla.KASUS BANK CENTURY Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut ada perkara kriminal di Bank Century sehingga tidak layak diselamatkan. “Masalah (Bank) Century itu bukan masalah karena krisis. kriminal. Melainkan karena pemiliknya yaitu Robert Tantular merampok dana bank sendiri. Menurut Wapres. . Karena pengendali bank ini merampok dana bank sendiri dengan segala cara termasuk obligasi bodong. masalah perampokan. masalah yang dihadapi Bank Century bukan lantaran krisis global.

.

legislatif. atau ketiganya? • Annisa : bagaimana sistem politik di indonesia bidang kesehatan? • Tri H : kemajuan ekonomi apakah tergantung oleh sistem politik suatu bangsa? . yudikatif.• Arigoh : ada atau tidak sistem politik di indonesia yg harus dibenahi? • Eka : badan yang mengurusi politik luar negri diantara eksekutif.

Related Interests