ASUHAN KEPERAWATAN

GAGAL GINJAL KRONIK
oleh:
KELOMPOK 3

menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah) . DEFINISI Gagal ginjal kronik atau penyakit renal tahap akhir merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan irreversible. Di mana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit.

•Keganasan pada ginjal. •Kehilangan banyak cairan yang •sumbatan : batu ginjal. mendadak (kecelakan) dan toksik penyempitan/striktur . •Infeksi di badan : TBC Paru. dan Keogh (2014) Kondisi klinis yang memungkinkan dapat mengakibatkan GGK bisa disebabkan dari ginjal sendiri dan luar ginjal. kolesterol •Infeksi kuman : pyelonefritis. •Trauma langsung pada ginjal . hepatitis. •Preklamsi. tinggi. •Kista diginjal : polcytis kidney. sifilis. Jackson. ETIOLOGI Menurut Muttaqin dan Sari (2011) dan Digiulio. melitus. malaria. •Batu ginjal : nefrolitiasis. hipertensi. Penyebab dari ginjal : Penyebab umum di luar ginjal : •Penyakit pada saringan •Penyakit sistemik: diabetes (glomerulus) : glomerulonefritis. •Obat-obatan. Dyslipidermia. ureteritis.

Dari penyebab tersebut. tapi dalam perkembangan selanjutnya proses yang terjadi kurang lebih sama. . infeksi dan obstruksi saluran kemih yang menyebab-kan retensi urine. Mula- mula karena adanya zat toksik. PATOFISIOLOGI Penyakit gagal ginjal kronik pada awalnya tergantung pada penyakit yang men-dasarinya. retensi Na dan sekresi eritropoitin turun. Glomerular Filtration Rate (GFR) di seluruh massa nefron turun dibawah normal. Hal yang dapat terjadi dari menurunnya GFR meliputi: sekresi protein terganggu.

Hipertensi yang Mendasari 2. 4. MANIFESTASI KLINIK Gejala Komplikasinya Sindrom Uremia Sesuai Dengan Penyakit 1. Hipertensi kalium. Asteodistrofi renal 1. Payah jantung 2. Hiperurikemia 6. Asidosis metabolik Urinarius 6. Lupus Eritomatosus Sistemik . Diabetes Melitus 4. khlorida) 5. Batu Traktus Urinarius elektrolit (sodium. Anemia 3. Infeksi Saluran Traktus 5. Gangguan keseimbangan 3.

Laboratorium : Laju Endap Darah. Ureum dan kreatinin 2. IIntra Vena Pielografi (IVP) 4. EKG . USG 5. PEMERIKSAAN PENUNJANG 1. Radiology 3.

Hipertensi 4. Perikarditis 3. Anemia 5. KOMPLIKASI 1. Hiperkalemia 2. Penyakit tulang .

Diit rendah protein dan tinggi karbohidrat 4. . Dialisis (cuci darah) 2. Transplantasi ginjal. agen pengikat fosfat. suplemen kalsium. Obat-obatan: antihipertensi. furosemid (membantu berkemih) 3. PENATALAKSANAAN MEDIK 1. Transfusi darah 5. suplemen besi.

KONSEP ASUHAN KEPERAWATAN GAGAL GINJAL KRONIK .

umur. tanggal masuk RS. status perkawinan. no registrasi. pendidikan. pekerjaan. umur. alamat. ruang/kamar. meliputi : 1. PENGKAJIAN Pengkajian dengan pasien gagal ginjal kronik. Identitas penanggung jawab yang harus diketahui diantaranya: nama. jenis kelamin. BIODATA Identitas pada pasien yang harus diketahui diantaranya: nama. komunikasi yang dipakai. jam pengkajian dan diagnose medis. pekerjaan. agama. jam masuk. agama. . alamat dan hubungan dengan klien. komunikasi yang dipakai. tanggal pengkajian. jenis kelamin.

penglihatan kabur.2. nyeri panggul. RIWAYAT KESEHATAN Keluhan Utama Keluhan utama merupakan hal-hal yang dirasakan oleh klien sebelum masuk ke rumah sakit. kelemahan fisik. tidak selera makan (anoreksia). adanya nafas berbau amoniak. gelisah sampai penurunan kesadaran. perubahan pola nafas. rasa lelah. muntah. rasa sakit kepala. napas bau (ureum). mual. adanya perubahan kulit. mulut terasa kering. mulai dari urine keluar sedikit sampai tidak dapat BAK. 2011) Riwayat Penyakit Sekarang Biasanya pasien mengalami penurunan frekuensi urine. 2011) . Pada pasien dengan gagal ginjal kronik biasanya didapatkan keluhan utama yang bervariasi. penurunan kesadaran. perasaan tak berdaya dan perubahan pemenuhan nutrisi (Muttaqin. dan gatal pada kulit (Muttaqin.

penggunaan obat-obat nefrotoksik. 2011). penyakit batu saluran kemih. . infeksi saluran kemih. dan hipertensi pada masa sebelumnya yang menjadi predisposisi penyebab. infeksi system perkemihan yang berulang. maupun penyakit diabetes mellitus dan hipertensi yang bisa menjadi factor pencetus terjadinya gagal ginjal kronik. payah jantung. Riwayat Penyakit Dahulu Biasanya pasien berkemungkinan mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal akut. penyakit diabetes mellitus. Penting untuk dikaji mengenai riwayat pemakaian obat- obatan masa lalu dan adanya riwayat alergi terhadap jenis obat kemudian dokumentasikan (Muttaqin. Riwayat Penyakit Keluarga Biasanya pasien mempunyai keluarga yang pernah menderita penyakit yang sama dengan pasien yaitu gagal ginjal kronik.

keadekuatan alat sensori Pola persepsi-konsep diri Pola peran dan tanggung jawab Pola reproduksi dan seksual Pola koping dan toleransi stress Pola nilai dan keyakinan . POLA KESEHATAN FUNGSIONAL GORDON Pola penatalaksanaan kesehatan / persepsi sehat Pola nutrisi dan metabolic Pola eliminasi Pola aktivitas dan latihan Pola tidur dan istirahat Pola kognitif. perseptual.3.

Ekstremitas – Kulit . tekanan darah didapati adanya hipertensi.Abdomen – Hidung . Pemeriksaan Head to toe – Kepala dan Leher .4.Dada (jantug. PEMERIKSAAN FISIK Keadaan Umum Keadaan umum pasien lemah. letih. paru-paru) – Mata .Genetalia – Mulut dan tenggorokan . dan terlihat sakit berat Tingkat kesadaran pasien menurun sesuai dengan tingkat uremia dimana dapat mempengaruhi system saraf pusat. Tanda – Tanda Vital RR meningkat.Sistem neurologi .

Kelebihan volume cairan berhubungan dengan penurunan keluaran urine. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan anoreksia. Intoleransi aktivitas berhubungan dengan keletihan. pembatasan diet dan perubahan membrane mukosa mulut. akumulasi ureum dalam kulit. penurunan aktivitas. 6. DIAGNOSA KEPERAWATAN 1. Gangguan integritas kulit berhubungan dengan gangguan status metabolic. Gangguan perfusi jaringan berhubungan dengan suplai oksigen ke jaringan menurun 3. 4. sensasi. diet berlebih dan retensi cairan dan natrium. Gangguan pertukaran gas berhbungan dengan peningkatn bendungan atrium kiri 2. anemia. penurunan turgor kulit. muntah. retensi produk sampah dan prosedur . 5. sirkulasi. mual.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.