PENDIDIKAN & PELATIHAN

BANTUAN HIDUP DASAR

RSI Gondanglegi Malang
15 Mei 2017

DEFINISI PERTOLONGAN PERTAMA yang dilakukan pada korban yang mengalami HENTI JANTUNG atau HENTI NAFAS .

Minta Pertolongan 3.LANGKAH 1. Cek Respon 2. Panggil Tim dan Nafas “Code Blue” (BERSAMAAN) 5. Tindakan 6. Evaluasi RJP Hasil RJP . Cek Nadi 4.LANGKAH .

HATI-HATI !!) . 1. CEK RESPON Panggilan ( Suara ) Respon (-) Tepukan Respon (-) Guncangkan (Perlahan.

2. MINTA PERTOLONGAN 1. apa yang terjadi . sebutkan : a. Teriak minta tolong / bantuan ke orang sekitar. dan atau 2. Identitas penelpon b. Hubungi 118. lokasi kejadian c.

Lihat-dengar -rasakan 3. . Evaluasi < 10 detik.3. CEK NADI DAN NAFAS SECARA BERSAMAAN 1. Angkat dagu + tengadahkan kepala 2.

NADI TIDAK TERABA DAN GERAKAN NAFAS TIDAK ADA  Lakukan RJP . Nadi teraba dan gerakan nafas normal  ALHAMDULILLAH WA SYUKURILLAH 2. Nadi teraba “TETAPI” GERAKAN NAFAS TIDAK TERATUR  Berikan BANTUAN NAFAS 3.EVALUASI 1.

.4. PANGGIL TEAM CODE BLUE Code Blue : Kondisi gawat darurat yang terjadi di rumah sakit atau suatu instansi. dimana terdapat pasien yang mengalami cardiopulmonary arrest dan merupakan kata sandi yang digunakan untuk menyatakan bahwa pasien dalam kondisi gawat darurat.

Tempatkan korban diposisi yg DATAR dan KERAS 3. Tentukan LETAK / POSISI untuk melakukan RJP 4. Pastikan keamanan penolong dan korban 2. EVALUASI hasil RJP . LAKUKAN RJP 1.5. Lakukan RJP selama 5 SIKLUS 5. 1 SIKLUS terdiri dari 30x PIJATAN JANTUNG + 2X HEMBUSAN NAFAS (NAFAS BUATAN) 6.

POSISI .

anak 4cm Kecepatan :100- 120x/mnt Nafas Buatan Berikan 1x tiap 6 detik (10x nafas / menit ) .RESUSITASI JANTUNG PARU 1 Siklus = 30x kompresi + 2x nafas Kedlaman : dewasa5cm.

EVALUASI 1. Bagaimana GERAKAN NAFAS spontan nya ? Teratur / tidak ? . Bagaimana NADI nya ? Teraba / tidak ? 2.

putuskan pembagian tugas !!! SETIAP SELESAI 5 SIKLUS  BERGANTIAN !!! . Penolong 1 melakukan RJP sampai ada penolong berikutnya datang / tim bantuan datang b. Penolong 2 Mengmabil alih tindakan pijat jantung c. Bila saat di TKP terdapat 2 penolong.2 PENOLONG Urutan : a. Penolong 1 : Mengambil alih tindakan bantuan nafas.

ILUSTRASI KASUS .

jatuh tergeletak di pinggir tangga. Korban tidak ada respon sama sekali.Kasus 1 Anda seorang laki2. karyawan RSI Gondanglegi. menemukan korban seorang wanita. usia 42 th. anda sudah teriak minta bantuan. kemudian cek nadi dan nafas secara bersamaan HASIL : NADI  TIDAK TERABA GERAKAN NAFAS  TIDAK TERATUR APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN ???? .

Kasus 2 Anda seorang perempuan. usia 35 th. karyawan RSI Gondangelgi. kemudian cek nadi dan nafas secara bersamaan HASIL : NADI  TIDAK TERABA GERAKAN NAFAS  TIDAK ADA APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN ???? . tiba2 jatuh mendadak di depan poli umum. menemukan korban laki-laki tua. anda sudah teriak minta bantuan. Korban tidak ada respon sama sekali.

APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN ??? 2. sedang berjalan menuju ruang ICU. Korban tidak ada respon sama sekali. APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN ??? . anda sudah teriak minta bantuan. kemudian cek nadi dan nafas secara bersamaan HASIL : NADI  TIDAK TERABA GERAKAN NAFAS  TIDAK ADA Penolong lain nya sedang bergegas menuju TKP. 1. SAAT PENOLONG LAINNYA DATANG.Kasus 3 Anda seorang laki2 39 th. tiba2 melihat perempuan usia tua jatuh mendadak di depan pintu ICU.

APA YANG AKAN KALIAN BERDUA LAKUKAN ???? . Tiba2 melihat laki2 tua jatuh mendadak di depan ruang informasi. sedang berjalan menuju apotik untuk mengantarkan resep obat. laki2.Kasus 4 Kalian berdua. masing2 berusia 27 dan 32 th. karyawan RSI.

TERIMA KASIH… SEMOGA BERMANFAAT… .