Titi Julianti D Rahmola

0227 14 11 253

 Profesi akuntan publik di indonesia mengalami mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangannya berbagi jenis perusahaan .berdasarkan data yang diperoleh dari pusat pembinaan akuntan dan jasa penilaian (PPAJP) kementirian keuangan  Banyaknya persyratan yang harus ditempuh bagi para mahasiswa sebelu ataupun sesudah menjadi akuntan publik juga menjadi penyeybab kurangnya minat untuk menjadi akuntan publik.2014:3).jumlah akuntan publik yang ada di Indonesia masi tidak seimbang dengan jumlah penduduk yaitu 237 juta jiwa yang ada di Indonesia.namun. . Namun akhir-akhir ini pemerintah bersama dengan IAPI (institut akuntan publik Indonesia)berupayah untuk mengurangi persyartan-persyaratan yang sekiranya meringankan para lulusan strata-1 agar nantinya dapat memilih profesi sebagai akuntan publik (Arifanto.

 Apakah mahasiswa akuntansi universitas khairun dan mahasiswa akuntansi universitas Muhammadiyah maluku utara memiliki persepsi positif terhadap profesi akuntan publik ?  Apakah Mahasiwa Akuntansi Universitas Khairun dan mahasisiwa akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku utara memiliki minat positif terhadap profesi akuntan publik ?  Apakah Mahasiswa Akuntansi Universitas Khairun dan Mahasiswa Muhammadiyah Maluku utara memiliki motivasi diri positif terhadap profesi akuntan publik .

 untuk mengetahui dan menganalisis motivasi diri mahasiswa akuntansi Universitas Khairun dan Universitas Muhammadiyah Maluku utara terhadap profesi akunt publik .  untuk mengetahui dan menganalisis minat mahasiswa akuntansi Universitas Khairun dan Universitas Muhammadiyah Maluku utara terhadap profesi akuntan public. Untuk mengetahui dan menganalisis persepsi mahasiswa akuntansi Universitas Khairun dan Universitas Muahammadiyah Maluku utara terhadap profesi akuntan public.

Manfaat Teroritis : 1. Diharapkan dari penelitian ini adalah mampu memberikan sumbangan konsep teoritis dalam pengembangan keilmuan terutama dalam program studi .

dimulai pada bulam maret sampai dengan bulan mei 2017. Lokasi dan waktu penelitian  Penelitian ini dilakukan pada program studi akuntansi Universitas Khairun dan Universitas Muhammadiyah Maluku utara. .waktu yang dibutuhkan dalam pengambilan data awal adalah selama tiga bulan .

populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi akuntansi Universitas Khairun dan mahasiswa program studi akuntansi Universitas Muhammadiya Maluku utara dua aangakatan regular .2009 dalam lestari 2013:5).kemudian ditarik kesimpulannya ( Sugiono. Populasi dan Sampel  Populasi aadalah suatu wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau sibjek yang mempunyai kuantititas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari .

intrnet.2011:48).sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini tanggapan responden yang dipeoleh dari hasil kuesioner tentang persepsi .  Data primer merupakan data yang didapat dari sumber pertama baik dari individu atau perseorangan seperti hasil pengisian kuesioner yang dilakukan oleh penelitih (umar.data kuantitatif.2004 dalam karjono 2010).2009 dalam Nurlan .motivasi diri dan profesi akuntanpublik disebarkan kepada sampel yang telah ditentukan yaitu mahasiswa akuntansi Universitas Khairun ternate dan Universitas Muhammadiya Maluku utara angakatan 2011 dan 2012  Data sekunder adalah merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langasung melalui perantara (Mas’ud. Jenis dan Sumber Data  Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif.data primer adalah data yang diperoleh melalui wawancara atau kuesioner.buku penunjang materi.literature dari perpustakaan serta jumlah data mahasiswa akuntansi yang sudah menempuh mata kuliah pengauditan I amgkatan 2011 dan 2012 pada fakultas ekonomi program studi akuntansi yang diperoleh melalui koordinasi dengan staf bagian akademik .data sekunder dalam penelitian ini terkait jurnal.munat.yaitu data yang telah diolah dari jawaban kuesioner yang telah dibagikan kepada responden yang penulis anggap berkompeten (Nurlan.2011).

maka peneliti menggunakan teknik-teknik pengumpulan data sebagai berikut: 1. Penelitian keputakaan : Teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dan imformasi teori-teoridan konsep-konsep guna menjelaskan fenomena yang berhubungan dengan variabel penelitian 2. Teknik Pengumpulan Data Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik kuesioner. Penelitian lapangan penelitian ini digunakan untuk melakukan data empiric dengan menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: a.koesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden .