Metabolisme

apoprotein C dan HDL
HDL disintesis dan
E hanya disintesis
di dalam hati a disekresikan oleh
hati dan sel usus
HDL2
mengalami
hidrolisis,
terhadap ester
kolesterilnya &
HDL3
fosfolipidnya
menerima
Ester kolesteril kolesterol Lecithin:cholester
akan bergerak ke dari jaringan ol
tengah melalui acyltransferase
membentuk inti reseptor SR- =enzim periferal
non-polar  B1 yg bersirkulasi dg
HDL3 yang terusmolekul HDL HDL, berperan
menerimamembulat menjadi mengkatalisis
kolesterol dari HDL3 pemindahan
jaringan akan asam lemak
membesar dan rantai panjang
membentuk HDL2 dari fosfolipid ke
kolesterol untuk
membentuk
ester kolesterol

 Reseptor SR-B1 memiliki peran ganda: 1.β HDL . pada jaringan lainnya reseptor ini membantu penerimaan kolesterol dari jaringan ke HDL  Jika HDL2 hanya mengalami hidrolisis pada ester kolesterilnya. pada hati dan organ steroidogenik reseptor ini membantu penerimaan kolesterol dari HDL. maka yang tersisa dari molekul HDL hanyalah apo-A. Apo-A ini dapat diekskresikan melalui ginjal (jika berlebih) atau digunakan kembali untuk membentuk HDL melalui pembentukan pre. maka HDL3 akan kembali terbentuk. 2. sedangkan jika fosfolipid pada HDL2 ikut mengalami hidrolisis.

.

.

misalnya reseptor LDL atau reseptor scavenger. hidrolisis dari ester kolesteril oleh enzim kolesteril ester hidrolase. 2. pengambilan kolesterol bebas dari lipoprotein yang kaya akan kolesterol ke membran sel. pengambilan lipoprotein yang mengandung kolesterol oleh reseptor. Kolesterol dalam jaringan  Kolesterol jaringan meningkat : 1. . sintesis kolesterol. dan 4. 3.

. pengeluaran kolesterol dari membran ke HDL melalui ABCA-1 dan SR-B1. 2. kolesterol jaringan menurun : 1. esterifikasi kolesterol oleh ACAT (asil- koA:kolesterol asil transferase). 3. dan penggunaan kolesterol untuk sintesis senyawa steroid seperti hormon atau asam empedu di hati.

 sedangkan proses pengeluaran kolesterol dari jaringan memerlukan reseptor. Penerimaan kolesterol ke dalam jaringan lebih mudah  ada berbagai reseptor yang memfasilitasi proses ini. seperti SR-B1 dan ABCA1. bahkan kolesterol dapat masuk ke dalam jaringan tanpa melalui reseptor. . yang akan menyerahkan kolesterol jaringan kepada HDL.