BASIC PETROLEUM SYSTEM

OUTLINE  Basic Petroleum System  Source Rock  Reservoir Rock  Migration  Trap  Seal .

Faktor-faktor yang menjadi perhatian studi ini adalah batuan sumber (source rocks). proses untuk menemukan kandungan hidrokarbon dibawah permukaan. perangkap (trap). menjelaskan distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber (source rock) ke batuan reservoar. reservoir. dan batuan penyekat (sealing rock) . migrasi. Konsep petroleum system. BASIC PETROLEUM SYSTEM Basic petroleum system adalah suatu sistem eksplorasi.

yaitu Tipe I. Tipe III dan Tipe IV . Kerogen terbagi menjadi 4 tipe. Tipe II.  Bahan-bahan organik tersebut terbagi lagi menjadi 90% berupa kerogen dan 10% merupakan bitumen. SOURCE ROCK  Endapan sedimen yang mengandung bahan-bahan organik yang dapat menghasilan minyak dan gas bumi ketika endapan tersebut tertimbun dan terpanaskan.

.

diantaranya. RESERVOIR  Reservoir adalah batuan yang mampu menyimpan dan mengalirkan hidrokarbon.  Ada beberapa jenis Reservoir. Batupasir dan Batugamping. Dua batuan ini diketahui memiliki porositas dan permeabelitas yang baik. . memiliki porositas dan permeabilitas.

MIGRATION  Migrasi adalah proses trasportasi minyak dan gas dari batuan sumber menuju reservoir. yakni migrasi dalam batuan reservoir nya itu sendiri (dari reservoir bagian dalam ke reservoir bagian dangkal). Lalu diikuti oleh migrasi sekunder (secondar y migration). . yakni transportasi dari source rock ke reservoir secara langsung. Proses migrasi berawal dari migrasi primer (primar y migration).

dan suatu set Seal sebagai penutup agar tidak terjadi migrasi lagi.  Suatu trap harus terdiri dari batuan Reservoir sebagai tempat penyimpan hidrokarbon. dan Jebakan Kombinasi . yaitu Jebakan Struktur. TRAP  Bentuk dari suatu geometri atau facies yang mampu menahan minyak dan gas bumi untuk berkumpul dan tidak berpindah lagi. Jebakan Stratigrafi.  Ada beberapa jenis trap.

Fault Trap Jebakan Stratigrafi . Salt Dome Trap C. A B C Jebakan Struktur: A. Anticlinal Trap B.

anhydrite dan garam. . SEAL  Seal adalah system batuan penyekat yang bersifat tidak permeable seperti batulempung/mudstone.

com/document/88803256/Petroleum - System (Diakses Jum’at.30 WIB) .scribd.Referensi : https://www. 09 Juni 2017 : 13.

Terima Kasih  .